Arti Kata "Cassiopeia" menurut Kamus Astronomi

Pranala (link): https://www.maknaa.com/astronomi/cassiopeia

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Cassiopeia menurut Kamus Astronomi.

No Kata Arti
1 Cassiopeia Sebuah rasi berbentuk 'W' yang menonjol dekat kutub utara langit. Ia dinamakan menurut ratu mitologi Yunani. Dalam rasi ini sebuah supernova menyala di tahun 1752, diamati oleh Tycho Brahe.

Lebih lanjut mengenai Cassiopeia

Cassiopeia terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 15 kata terkait yakni sebagai berikut:

Rasi
Aberasi sferis cacat pada cermin berbentuk kulit bola yang mengakibatkan perbedaan sudut pantul antara berkas cahaya yang jatuh di titik yang dekat dari sumbu cermin dengan berkas cahaya yang jatuh di titik yang jauh dari sumbu cermin (misalnya di tepi cermin).
Bola langit bola khayal yang digunakan untuk memetakan seluruh benda langit. Bola ini merupakan perluasan dari bola Bumi dan memiliki unsur-unsur yang mirip seperti yang dimiliki Bumi, yaitu kutub utara dan selatan langit serta ekuator langit.
Kuadratur (timur dan barat) konfigurasi yang terbentuk ketika elongasi planet luar adalah 90° .
Aberasi kromatis cacat pada lensa yang mengakibatkan berkas cahaya untuk panjang gelombang yang berbeda dibiaskan dengan sudut yang berbeda. Cacat ini dapat diatasi dengan memberikan lensa tambahan.
Ekuator langit
Aldebaran Sebuah bintang raksasa merah, paling cemerlang dalam rasi Taurus. Jarak Aldebaran 65 tahun cahaya dan garis tengahnya 36 kali Matahari.
Antares Sebuah bintang raksasa merah yang terletak di rasi Scorpio. Garis tengahnya 300 kali Matahari. Ia adalah salah satu bintang terbesar yang diketahui mengeluarkan cahaya setara dengan 5000 Matahari kita. Letak Antares sejauh 430 tahun cahaya.
Arcturus Sebuah bintang raksasa merah bergaris tengah 27 kali Matahari yang terletak di rasi Belahan Utara, Bootes, sang Gembala
Betelgeuse Sebuah bintang super raksasa merah yang menandai bahu kanan rasi Orion. Betelgeuse sedemikian besarnya sehingga ia labil. Garis tengahnya berubah tak beraturan antara 300 sampai 400 kali Matahari sambil berubah pula kecerlangannya. Letak Betelgeuse sejauh 650 tahun cahaya
Cassiopeia Sebuah rasi berbentuk 'W' yang menonjol dekat kutub utara langit. Ia dinamakan menurut ratu mitologi Yunani. Dalam rasi ini sebuah supernova menyala di tahun 1752, diamati oleh Tycho Brahe.
Hercules Sebuah rasi di langit belahan utara, dinamakan menurut pahlawan mitologi Yunani. Salah satu ciri terpenting rasi ini ialah kelompok bulat bernama M13. Ia berada sejauh 22.500 tahun cahaya dan mengandung 300.000 bintang. Alpha Hercules juga diberi nama ras Algethi, ialah sebuah bintang raksasa merah,...
Konstelasi rasi.
Nova Sebuah bintang meledak. Ia menyala terang lebih dari 10.000 kali dalam sehari sebelum memudar lagi selama jangka mingguan atau Bulanan. Nova diperkirakan merupakan sistem bintang ganda dimana gas mengalir dari satu bintang ke pasangannya kerdil putih. Gas tersebut menyulut dan terlempar dari kerdil...
Perseus Sebuah rasi menonjol di langit belahan utara. Namanya diambil dari seorang pahlawan mitologi Yunani. Perseus terletak di bagian padat Bima Sakti. bintangnya yang terkenal adalah Algol. Setiap Bulan Agustus, suatu hujan meteor lebat, Para Perseid, menyinar dari rasi ini.

Indeks Kamus Astronomi

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z