Arti Kata "Rasi" menurut Kamus Astronomi

Pranala (link): https://www.maknaa.com/astronomi/rasi

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Rasi menurut Kamus Astronomi.

No Kata Arti
1 Rasi

Lebih lanjut mengenai Rasi

Rasi terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 0 kata terkait yakni sebagai berikut:

Kata yang mirip

No Kata Arti
1 Aberasi kromatis cacat pada lensa yang mengakibatkan berkas cahaya untuk panjang gelombang yang berbeda dibiaskan dengan sudut yang berbeda. Cacat ini dapat diatasi dengan memberikan lensa tambahan.
2 Aberasi sferis cacat pada cermin berbentuk kulit bola yang mengakibatkan perbedaan sudut pantul antara berkas cahaya yang jatuh di titik yang dekat dari sumbu cermin dengan berkas cahaya yang jatuh di titik yang jauh dari sumbu cermin (misalnya di tepi cermin).
3 Antares Sebuah bintang raksasa merah yang terletak di rasi Scorpio. Garis tengahnya 300 kali Matahari. Ia adalah salah satu bintang terbesar yang diketahui mengeluarkan cahaya setara dengan 5000 Matahari kita. Letak Antares sejauh 430 tahun cahaya.
4 Aquarius Pembawa Air. Sebuah rasi zodiak yang terletak di daerah katulistiwa langit. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Februari hingga pertengahan April.
5 Arcturus Sebuah bintang raksasa merah bergaris tengah 27 kali Matahari yang terletak di rasi Belahan Utara, Bootes, sang Gembala
6 Asterisme kumpulan bintang di langit yang membentuk pola tertentu. Sebuah asterisme bisa saja merupakan bagian dari sebuah rasi (misalnya bintang tujuh di rasi Ursa Major dan Ursa Minor) atau gabungan dari beberapa bintang di berbagai rasi (misalnya segitiga musim panas yang terdiri dari bintang Vega, Deneb,...
7 Centaurus
8 Ceres nama sebuah planet katai yang terletak di sabuk asteroid (antara Mars dan Jupiter). Awalnya, Ceres dikelompokkan sebagai asteroid. Namun berubah menjadi planet katai sejak Agustus 2006.
9 Daur Surya Istilah yang digunakan untuk variasi kegiatan sekitar 11 tahun di Matahari. Jumlah bintik Matahari, suar, dan prominensa berubah-ubah dalam tiap daur 11 tahun. Namun dalam tiap daur berurutan, kutub magnet utara dan selatan Matahari saling bertukar. Jadi dapat dikatakan bahwa daur surya lengkap memb...
10 Geosentrisme paham yang menyatakan bahwa tata surya (alam semesta) berpusat pada Bumi dan semua benda langit bergerak mengelilingi Bumi.
11 Heliosentrisme paham yang menyatakan bahwa tata surya (alam semesta) berpusat pada Matahari dan semua benda langit mengelilingi Matahari.
12 Hertzsprung-Russel Gambar Diagram Hertzsprung-Russel ialah sebuah grafik yang memetakan suhu bintang berbanding dengan kecerlangannya. Grafik ini dinamakan menurut nama ahli astronomi Denmark, Ejnar Hertzprung (1873-1967) dan ahli astronomi Amerika, Henry Norris Russel (1877-1957) yang secara mandiri tampil dengan gag...
13 Horison garis khayal yang membatasi wilayah langit yang dapat diamati dengan permukaan Bumi yang dipijak pengamat. Di laut yang luas, horison mempertemukan laut dengan langit.
14 Parsek (parsec, pc) jarak objek yang memiliki paralaks sebesar 1 detik busur, yaitu sebesar 206265 SA atau 3.26 tahun cahaya.
15 Parsek Suatu ukuran jarak didalam astronomi yang berpatokan pada jarak dimana bintang menunjukkan paralaks sebesar 1 detik busur. Satu parsek sama dengan sekitar 3,26 tahun cahaya.
16 Perseus Sebuah rasi menonjol di langit belahan utara. Namanya diambil dari seorang pahlawan mitologi Yunani. Perseus terletak di bagian padat Bima Sakti. bintangnya yang terkenal adalah Algol. Setiap Bulan Agustus, suatu hujan meteor lebat, Para Perseid, menyinar dari rasi ini.
17 Polaris bintang Kutub. bintang paling terang dalam rasi Ursa Minor. Kebetulan ia terletak kira-kira 1° dari kutub utara angkasa.
18 Sagitarius Pemanah. Rasi zodiak yang terletak di langit Belahan Selatan. Matahari melewati rasi ini sebentar pada akhir Nopember. Salah satu bintangnya ialah yang pertama dikenal sebagai sebuah bintang ganda.
19 Sirius bintang paling terang di langit malam. Ia adalah bintang putih panas yang terletak sejauh 8,7 tahun cahaya. Sirius diedari sebuah bintang pasangan kerdil putih sekali setiap 50 tahun.
20 Taurus Banteng/lembu jantan. Sebuah rasi besar zodiak dalam langit belahan utara. Matahari melewati rasi ini dari pertengahan Mei hingga akhir Juni. bintang paling terang dalam Taurus ialah Aldebaran. Rasi ini mengandung kelompok bintang Hyades dan Pleiades, demikian pula nebula Kepiting.

Indeks Kamus Astronomi

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z