Kamus Batak Indonesia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/batak-indonesia

Kamus Batak Indonesia ini memuat 7.582 Kata.

Kamus Kamus Batak Indonesia ini merupakan online. Jika anda mencari terjemah atau arti kata menurut kamus Kamus Batak Indonesia, anda bisa mencari disini. Kamus bisa ditelaah menggunakan abjad atau formulir pencarian.

Indeks Kamus Batak Indonesia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Tabel Kamus Batak Indonesia

No Kata Arti
1 a (seruan perasaan kurang sabar dan juga perasaan menghina), ah.
2 aba
3 abad abad.
4 abak pangabahan, hal mengenai berhasilnya, menjadinya.
5 abal abalan, tempat, tabung untuk menyimpan segala sesuatu. tempat bertemu beramai-ramai, misalnya huta abalan ni partigatiga, tempat para pedagang saling bertemu. abalabal, tabung kecil dari bambu untuk menyimpan segala sesuatu. mangabalabalhon,memasukkan sesuatu ke dalam tabung seperti itu.
6 abang pangabang, nama tempat dalam sopo Batak, yang terletak disebelah kanan dan kiri jalan masuk.
7 abangabang sejenis pohon kayu.
8 abap abu halus, yang tinggal sesudah kayu bakar habis terbakar.
9 abar mengembara misalnya di dalam hutan untuk mengambil kapur barus. begu abar, = begu na masa, hantu yang menyebabkan epidemi.
10 abara bahu, pundak. mangabara, memaafkan (=mangampuni), sebenarnya: membawa di atas pundak. pangabaraan, 1. (bagian) kayu pikulan, 2. buah pisang yang paling atas pada tandan dan yang terbesar.
11 abas mangabas, mengibas, melambai. mangabashon, mengibas, melambaikan misalnya dengan ekor atau ulos. mate uluna, mangabasi ihurna, kepalanya sudah mati, ekornya masih mengibas-ngibas (seperti dengan ular), dikatakan tentang suatu perkara, yang sebenarnya sudah diselesaikan, tetapi akibatnya masih terasa...
12 abat (= sabat), halangan, aral, rintangan. adong abathu, saya berhalangan, ada halanganku. mangabati, menghalangi, menghambat. pangabati, segala sesuatu yang menghalangi, penghalangi, penghambat.
13 abe mabeabe, bertiup kesana kesini.
14 abing mangabing, memangku. melarikan perempuan dengan kekerasan. abingan, pangkuan, sebenarnya: tempat dimana membawa anak kecil (= ampuan).
15 abis I. mangabis, duduk di bagian depan perahu (solu) sewaktu berlayar dimana raja mengambil tempat. II. pangabis, hubungan kekerabatan yaitu nenek laki-laki dari tulang. pangabis, juga: jatah daging (jambar) yang diperuntukkan untuk dia.
16 abit kain, pakaian. marabit, berpakaian. marabithon, dikenakan pakaian. parabiton, sandang, hal mengenai pakaian. na niabitan, yang ditutup orang: kemaluan. abit ni hata, kata-kata hormat atau penghalus kata-kata karena dirasa kurang sopan kalau terus-terang. parabitan, pinggul pada mana pakaian dapat di...
17 abor tanda larangan untuk lewat berupa sepotong kayu atau tolong (gelagah), agar orang tidak pergi kesana. mangabor, melarang masuk, memasang abor di jalan. abor ni hata, ucapan atau larangan halus, peringatan halus.
18 abot = abat.
19 abu sebutan yang kurang sopan untuk isteri, perempuan.
20 abuan kulit jagung atau padi (Angkola).