Arti Kata "abar" menurut Kamus Batak Indonesia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/batak-indonesia/abar

Halaman ini menjelaskan Arti Kata abar menurut Kamus Batak Indonesia.

No Kata Arti
1 abar mengembara misalnya di dalam hutan untuk mengambil kapur barus. begu abar, = begu na masa, hantu yang menyebabkan epidemi.

Lebih lanjut mengenai abar

abar terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

abar mengembara misalnya di dalam hutan untuk mengambil kapur barus. begu abar, = begu na masa, hantu yang menyebabkan epidemi.
masa masa, berlaku, terjadi, biasa dipakai, mode, berjangkit mengenai penyakit menular. na masa, itu terjadi, mode, faktual. begu masa, sahit masa, epidemi, penyakit menular. di masa ini, waktu ini atau itu terjadi, di musim, di periode. masa onan, = basa onan. hamamasa, hal terjadinya kejadian, peristiw...
masak masak, matang mengenai nasi dan buah-buahan, kering betul mengenai kayu. mambahen masak, memasak, membuat ranum. satonga masak, setengah masak. marmasakhon (diparmasak), menyiapkan kebutuhan makanan. parmasak, aneka ragam bumbu. dipamasak ma tahina, dibuatnyalah perjanjian. pamasakhon, mengeringkan....
abara bahu, pundak. mangabara, memaafkan (=mangampuni), sebenarnya: membawa di atas pundak. pangabaraan, 1. (bagian) kayu pikulan, 2. buah pisang yang paling atas pada tandan dan yang terbesar.
hantur humarantur, gemerencing, berdering.
hantus berakhir, berketetapan, mendapat keputusan terakhir, jelas dan terang.
habar = abar.
kabar kabar, berita. surat kabar, surat kabar, koran. kabar angin, kabar angin, desas desus.
mabar sejenis pohon kayu yang besar, sejenis hariara (juga: nabar).
nabar = mabar.
rabar mangarabar, merujak, mengolah buah-buahan atau daging dengan menumbuknya dan kemudian menambahkan sitrum, lada dan garam. mamuji na nirabar, memuji pekerjaan sendiri, memuji-muji hasil pekerjaan sendiri.
tabar I. tawar. aek tabar, air tawar. II. tabartabar, sejenis perdu. manabari begu, mengusir begu dari kampung dengan memukulkan tabartabar di dingding rumah dan menyerukan: `tabartabar`. begu na so hatabaran, = begu yang tidak mau diusir.
habaro sejenis ikan.
pormasan takaran padi, lihat mas.
rabarabu tewas dalam jumlah besar mengenai tentera dari kedua belah pihak, bergelimpangan mayat kedua belah pihak yang berperang.
balungun begu sibalungun, hantu, penyakit yang berasal dari si Balungun.
donaon masa habis panen.
gagang mengambil (And).
hapur kapur. hapur baros, kapur barus. hapursia, kapur barus (karena dulu harganya 9 duit). hapur batu, kapur dari batu kapur. hapur langkitang, hapur dari kulit kerang. tarhapur, kepanasan mulut karena terlampau banyak kapur dalam sirih, kedapatan berdusta. sihapur, seorang yang ditandai dengan kapur kar...
harangan hutan.

Kata yang mirip

No Kata Arti
1 abara bahu, pundak. mangabara, memaafkan (=mangampuni), sebenarnya: membawa di atas pundak. pangabaraan, 1. (bagian) kayu pikulan, 2. buah pisang yang paling atas pada tandan dan yang terbesar.
2 abor tanda larangan untuk lewat berupa sepotong kayu atau tolong (gelagah), agar orang tidak pergi kesana. mangabor, melarang masuk, memasang abor di jalan. abor ni hata, ucapan atau larangan halus, peringatan halus.
3 abur (kata dasar seperti sabur ?). maraburabur, (mengenai air mata) banyak bercucuran. mangaburhon, melemparkan sesuatu, berlengkung, menghamburkan.

Indeks Kamus Batak Indonesia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z