Arti Kata "abara" menurut Kamus Batak Indonesia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/batak-indonesia/abara

Halaman ini menjelaskan Arti Kata abara menurut Kamus Batak Indonesia.

No Kata Arti
1 abara bahu, pundak. mangabara, memaafkan (=mangampuni), sebenarnya: membawa di atas pundak. pangabaraan, 1. (bagian) kayu pikulan, 2. buah pisang yang paling atas pada tandan dan yang terbesar.

Lebih lanjut mengenai abara

abara terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 9 kata terkait yakni sebagai berikut:

bahudung marbahudung, menarik diri ke hutan dan tinggal sendirian melawan musuh, bila ia mati dalam perlawanan itu orang tidak akan memperdulikannya dan tidak diadakan pembalasan. parbahudungan, tempat dalam hutan dimana orang seperti itu berdiam.
bahue sibahue, sejenis burung hutan.
bahul bakul besar dari jerami untuk menyimpan beras atau padi. raja marbahulbahul na bolon, sikap raja, murah hati, pendengar yang baik, penuh timbang rasa dan berbudi luhur. bahulbahulhon ma i tu roham, camkanlah dalam hatimu, perhatikanlah itu.
bahut I. ikan lele (kecil dan enak). II. bahutbahuton, menderita penyakit kelenjar yang bengkak, penyakit beguk, diobati dengan sibahut. sibahuton hata dibahen ho, terganggu pembicaraan gara-gara kau.
bahung sejenis pohon kecil.
abara bahu, pundak. mangabara, memaafkan (=mangampuni), sebenarnya: membawa di atas pundak. pangabaraan, 1. (bagian) kayu pikulan, 2. buah pisang yang paling atas pada tandan dan yang terbesar.
mantat membawa sesuatu. ro nasida mantat silehonlehon, mereka datang membawa hadiah. parmahan so mantat batahi, pamuro so mantat sior, gembala tanpa cambuk, penjaga tanpa umban, yaitu kepala raja. nipis do mantat neang, hapal do mantat dokdok, masing-masing menurut padat, beratnya yaitu menurut kemampuanny...
nian sebenarnya, kiranya, agaknya, sebaiknya (sering ka-ta lawan: alai, = tetapi). sintong do nian hatam, alai ... yang kaukatakan itu sebenarnya benar, tetapi..... on do nian lapatanna, ini arti sebenarnya. i ma nian, harusnya itu.
ulaning sebenarnya. dalam pertanyaan: aha do i ulaning, apa itu sebenarnya (gerangan)?

Kata yang mirip

No Kata Arti
1 abar mengembara misalnya di dalam hutan untuk mengambil kapur barus. begu abar, = begu na masa, hantu yang menyebabkan epidemi.
2 abor tanda larangan untuk lewat berupa sepotong kayu atau tolong (gelagah), agar orang tidak pergi kesana. mangabor, melarang masuk, memasang abor di jalan. abor ni hata, ucapan atau larangan halus, peringatan halus.
3 abur (kata dasar seperti sabur ?). maraburabur, (mengenai air mata) banyak bercucuran. mangaburhon, melemparkan sesuatu, berlengkung, menghamburkan.

Indeks Kamus Batak Indonesia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z