Arti Kata "habir" menurut Kamus Batak Indonesia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/batak-indonesia/habir

Halaman ini menjelaskan Arti Kata habir menurut Kamus Batak Indonesia.

No Kata Arti
1 habir tergantung ke bawah secara tidak teratur, terseret-seret misalnya ulos. hubarhabir, tergantung secara tidak teratur dan berjerabai. selanjutnya terlibih: tidak teratur, cabul.

Lebih lanjut mengenai habir

habir terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 10 kata terkait yakni sebagai berikut:

ulos kain tenunan tradisional, pakaian Batak yang ditenun, kain yang dikenakan di atas dan di bawah tubuh. paruloson, pakaian. mangulosi, menutup dengan ulos. ndang olo ulosan, ia tidak mau ditutup dengan ulos misalnya anak kecil atau orang sakit. niulosan hodohan, pinapurpur ngalian, diselimuti keringat...
seret cerek, ceret (tempat air).
barunjat ulos barunjat, sejenis ulos.
gantung tergantung, melayang-layang. gantunggantung, tergantung-gantung misalnya perkara perselisihan. manggantunghon, menggantungkan. targantung, tergantung. margantungan, bergantungan. marsigantung tu, menggantungkan diri pada. parsigantungan,pergantungan, tempat bergantung. manggantunghon, menggantungkan...
gil tergantung-gantung pada sesuatu. juga: membuat diri tertahan. gil di hail i, kail tersangkut pada sesuatu.
habir tergantung ke bawah secara tidak teratur, terseret-seret misalnya ulos. hubarhabir, tergantung secara tidak teratur dan berjerabai. selanjutnya terlibih: tidak teratur, cabul.
jambe tergantung-gantung mengenai ranting kayu, ekor ayam jantan. manjambe, bergantung rendah. jumambejambe, tergantung-gantung rendah mengenai rambut. sijambe jalang, hantu jahat (begu) yang bisa dikirim oleh dukun membawa penyakit atau perlawanan.
ondop teratur, sering, tetap, selalu. na ondop, mereka yang datang secara teratur.
renta teratur, berdisiplin. parentahon, mengatur, membuat supaya teratur, berdisiplin, membereskan. mamarentai, memerintah seseorang. parenta, perintah.
ture teratur, rapi, apik, sudah diatur, selesai, layak, wajar, beres, siap. paturehon, mengatur, membereskan, menyelesaikan. parturena, hal keberesan, hal teraturnya. manurei, mengamat-amati bahwa sesuatu berjalan dengan beres, memperhatikan agar sesuatu itu beres.

Kata yang mirip

No Kata Arti
1 habar = abar.
2 habaro sejenis ikan.
3 habur cepat, lekas.
4 hubar lihat habir.
5 hubur lubang kuburan.
6 haboruan tanda kait dibawah konsonan `U` huruf Batak.
7 ahobar Allah adalah besar pada permulaan tabas di waktu membuat obat-obatan.

Indeks Kamus Batak Indonesia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z