Arti Kata "kauat" menurut Kamus Batak Indonesia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/batak-indonesia/kauat

Halaman ini menjelaskan Arti Kata kauat menurut Kamus Batak Indonesia.

No Kata Arti
1 kauat kawat. tali kawat, kabel tilgram.

Lebih lanjut mengenai kauat

kauat terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 17 kata terkait yakni sebagai berikut:

tali tali, benang. tali ni ninggala, cantelan bajak. tali ni hudali (panggu, gairgair), gagang pacol. ndang tali begeon, kedengaran bunyinya tidak harmonis (musik). talitali, penutup kepala berupa kain yang dililitkan. manali, mengikat. patalitalihon, menalakan (ogung, husapi). martali, mengukur dengan t...
talindan masitalindanan, berliku-liku, ke atas ke bawah atau ke kiri ke kanan. martalindan, berbelit-belit mengenai akar.
talinga patalinga, sejajar, paralel, serupa jenisnya, sama nilainya. yang satu tidak kurang dari yang lain.
talingkas (bdk balingkas), masitalingkasan, membolak-balikkan. saling bergumul, terjang-menerjang.
talisik manalisik, dalam keadaan sunyi senyap, mati sepi, tenang sekali.
nantalili = lili.
amban tali pangamban, tali untuk pengikat sesuatu.
giun tali giun, tali pada mana penenun wanita menarik benang rantai ke atas. disintak ma ahu songon giun, disentak aku bagai benang tenunan, semoga aku tiba-tiba mati.
hotor tali dari rotan yang dipasang di ladang di atas padi yang yang telah masak untuk mengusir burung. P.B.: sinintak hotorhotor, humutur halakhalak, asing ditimbang dongan, asing ditimbang halak, disentak tali pajangan, tergerak orang-orangan, lain pertimbangan kawan, lain pula perkataan orang. manghoto...
hulamot tali untuk mengikat baliung.
hundali tali yang mengikatkan patil bajak pada kuknya.
hurabot tali dari kulit untuk mengikat besi baliung pada tangkainya (= hulamot).
jorat tali pengikat binatang. jorat ni hoda, tali kuda. manjorat, mengikat, menjerat.
kauat kawat. tali kawat, kabel tilgram.
kongkang tali kekang. mangkongkang, mengekang.
pasa tali pasa, tali dari kulit kerbau.
tangguar tali kendali lembu.

Kata yang mirip

No Kata Arti
1 gade gadai. manggade, menggadaikan, meminjam uang dengan jaminan gadai. manggadehon, menggadaikan. panggadeon, penggadaian, orang kepada siapa diberikan gadai.
2 gadi gadis, perawan muda, remaja puteri.
3 gado gada, tongkat pemukul, belantan. manggado, menggada, memukul dengan tongkat, memukul keras.
4 gadu gadugadu, tanggul sawah, pematang sawah. gadugadu na limbit, pematang yang tidak kuat karena pembuatannya jelek-jelek: juga dikatakan mengenai raja yang tak adil. gadu ni hata, = paradianan ni hata. gadu ni utang, berakhirnya hutang dari mana tidak diperhitungkan lagi bunga. margadu utang, membatasi...
5 gait gurau, canda, main-main. seloroh. hata gait, ucapan seloroh, tidak sungguhan. pargaiton, gurauan. margait, bergurau, bercanda, berseloroh. pargait, suka bercanda, pelucu, tukang gurau. sipagait, canda, main-main, pura-pura.
6 goda sejenis kain kasar.
7 goit manggoit, mengguit, menyentuh seseorang dengan ujung jari sambil berbisik minta perhatian. digoit do dugul ni totna, disebarkan desas-desus, penasaran.
8 gota getah pohon, air buah. targota, kehilangan getah karena terluka mengenai pohon kayu. P.B.: molo dung tartallik, targota, sudah ditetak parang, keluar getah. molo dung tinoktok, pinorsan, sudah diangkat harus didukung terus, harus konsekwenlah, siapa mengatakan A, ia harus juga mengatakan B.
9 goti sejenis pohon kayu. Lobu Goti, nama satu negeri.
10 guit mangguit, mengangkat da-ri bawah, mengangkat dengan jari-jari atau batang-batang kecil. mangguit batu, mengangkat batu, mencongkel sedikit. mangguit bada, menimbulkan perselisihan. mangguitguit, berdetak-detak mengenai sakit. guitna, picu penggerak. saotik do guitna i, sedikit saja pemicu, alasan se...
11 gutu pertikaian, recok. margutu, bertengkar, berbantah. pagutu, = pagulut.
12 kudo kuda (Angkola).
13 gadam bisa yang menimbulkan penyakit kulit bila itu dilumaskan pada tubuh, mengakibatkan kegatalan hebat. hona gadam, gadamon, terkena gadam.
14 gadap = peak, jatuh tergeletak, rebah, jatuh tersungkur, terjerembab. gana sigadap, sejenis sumpah pada mana diletakkan patung yang menakutkan dan pada mana orang bersumpah.
15 gading gading khusus gelang gading pada lengan atas. manggadinggading, ditarik ke atas pada lengan, membawa sesuatu di lengan. gadinggading, kosen, jenang pintu.
16 gadis manggadis, menjual. juga: margadis. tu gadis, dijual, terjual. hona gadis, idem. gadis jau, sistem penjualan budak (begitu dijual misalnya boru sadari). manggadisjauhon, menjual seseorang sebagai budak. gadisgadisan, barang jualan.
17 gadoar rusuh, membuat huruhara, bikin ribut.
18 gadol mati dengan tiba-tiba.
19 gadombus margadombus, memboros. pargadombus, pemboros. pargadombuson, pemborosan. margadombushon, memboroskan, membuang-buang.
20 gadong ubi, umbi-umbian. manggadong, makan ubi, makan. masigadong, = tu gadong, mengambil ubi ke ladang. pargadong hau, ubi kayu.

Indeks Kamus Batak Indonesia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z