Beranda blog

Kamus Bahasa Gaul dan Ungkapan yang Sering Digunakan

0

Kamus Bahasa Gaul

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin berubah canggih, hal ini juga mempengaruhi pemikiran setiap orang yang ingin selalu tampil keren. Terlebih lagi dalam hal tersebut akan berpengaruh cepat pada anak muda. Biasanya mereka menggunakan kamus bahasa gaul untuk update kata kekinian.

Sejarah Bahasa Gaul

Berbicara mengenai bahasa kekinian ini, sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Akan tetapi, saat itu istilahnya masih terkenal dengan sebutan bahasa prokem atau okem. Kemudian, bahasa tersebut dimodifikasi menjadi lebih menarik dan unik dan sampai sekarang banyak orang gunakan.

Pada awalnya, bahasa yang terkenal dengan sebutan prokem tersebut hanya digunakan oleh para preman yang kehidupannya penuh dengan hal-hal bersifat kekerasan, narkoba, kejahatan dan lain-lain. Ada banyak sekali istilah yang sengaja mereka buat, dengan tujuan agar masyarakat tidak memahami perkataan tersebut.

Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, bahasa gaul ini merupakan salah satu bentuk ragam bahasa yang seringkali banyak kaum remaja maupun waria gunakan untuk dapat mengekspresikan beberapa gagasan serta emosinya sendiri. Dalam dialek bahasa Indonesia, bahasa ini termasuk non formal.

Semua Tentang Bahasa Gaul

Dalam perkembangan zaman, pertumbuhan bahasa semakin lebih maju. Sama halnya pada bahasa gaul yang saat ini banyak orang gunakan demi terlihat keren dan kekinian, terlebih lagi yang menggunakannya adalah kebanyakan dari kaum anak muda.

Ketahui beberapa hal penting terkait bahasa tersebut di bawah ini :

  1. Bentuk Kosa Kata Bahasa Gaul Nasalisasi +Ng

Perlu Anda ketahui, bahwa bentuk kosa kata bahasa gaul ini memiliki jenisnya masing-masing. Pembentukan kosakata gaul yang akan dibahas kali ini adalah tipe nasalisasi. Berasal dari kata nasal yang memiliki arti berkaitan erat dengan bunyi serta bahasa dengan cara mengeluarkan melalui hidung.

Seperti contohnya pada m, n, ng, dan juga ny. Pada kosa kata bahasa gaul satu ini, kata dasar akan mengalami proses nasalisasi dengan cara menambahkan +ng tepat pada kata dasar. Misalnya saja kosong menjadi “ngosong”, gas menjadi “ngegas”, serta ekor berubah “ngekor”.

  1. Bentuk Kosa Kata Bahasa Gaul Nasalisasi +a

Bentuk kosa kata gaul nasalisasi selanjutnya, yaitu dengan berakhiran +a. Pembentukan kosa kata bahasa gaul ini sama seperti jenis sebelumnya. Cara mengucapkannya adalah mengeluarkan udara melalui hidung seperti pada m, n, ng dan juga ny.

Pada bentuk kosa kata bahasa gaul nasalisasi berakhiran kata +a ini, misalnya saja pada udem atau berarti sudah menjadi “udem + a”, duit berubah jadi “duit + a”, sabar “sabar + a”. Begitu pula seterusnya, berlaku pada setiap jenis kata benda, sifat dan lain-lain.

  1. Bahasa Gaul yang Ala Anak Kekinian

Bahasa gaul merupakan salah satu bahasa kekinian yang paling banyak anak muda / kaum milenial gunakan. Tujuannya sederhana saja, mereka ingin tampil keren dan tidak ingin ketinggalan zaman. Istilah yang seringkali muncul adalah bucin, halu, mantul, PW, mager dan masih banyak lagi lainnya.

Memang terdengar sangat non formal, karena tujuannya hanya untuk senang-senang saja. Bahasa gaul ini kabarnya akan bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Jadi, bahasa gaul di zaman dulu dan sekarang tentu saja beda. Hal semacam itu biasanya orang sebut sebagai bahasa prokem.

Beberapa Arti di dalam Kamus Bahasa Gaul

Bahasa gaul atau bahasa kekinian ini selalu banyak dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Akan tetapi, bahasa gaul tersebut memiliki banyak sekali istilah dan arti yang tidak semua orang mengetahuinya. Jadi, supaya tidak ketinggalan informasi / kudet ketahui beberapa bahasa gaul berikut:

  1. Bucin dan Halu

Salah satu istilah bahasa gaul yang paling sering anak muda katakan, yaitu bucin. Kepanjangan dari kata tersebut ialah budak cinta, biasanya istilah ini akan mereka gunakan ketika melihat seseorang yang begitu rela dan bersikap melakukan apa saja demi orang tercintanya.

Kemudian, ada juga kata halu yang berasal dari kata halusinasi. Artinya pun juga sama saja, akan tetapi dalam artian bahasa gaul di sini adalah ketika keadaan seseorang sedang memiliki khayalan yang begitu tinggi. Seperti khayalan tersebut tidak akan tercapai / menjadi kenyataan.

  1. Mantul dan Mager

Mantul merupakan salah satu kata yang mungkin sering Anda dengar di mana saja. Tidak terkecuali anak muda zaman sekarang, orang dewasa pun juga mengikutinya. Bahasa gaul Mantul satu ini memiliki arti terhadap sesuatu yang seseorang sukai / mereka menilai baik atas suatu hal.

Sedangkan Mager merupakan salah satu bahasa gaul yang memiliki kepanjangan dari malas gerak. Sesuai dengan singkatannya, istilah tersebut berarti seseorang sedang malas untuk melakukan aktivitas apapun sehingga tidak ingin pergi kemana-mana dan ingin di rumah saja.

  1. PW dan Gabut

PW merupakan kepanjangan dari posisi wenak. Saat pertama kali membaca istilahnya, mungkin Anda mengira bahwa artinya berasal dari bahasa Jawa. Memang benar, lebih tepatnya adalah gabungan dari bahasa Indonesia dan Jawa. Biasanya orang mengatakan ini dalam keadaan nyaman.

Kemudian, Gabut merupakan bagian dari bahasa gaul juga yang memiliki arti gaji buta. Namun, istilah ini tidak melambangkan satu artian saja. Gabut bisa juga berarti seseorang yang tidak tahu akan berbuat apa atau lebih tepatnya bingung.

  1. Gaje dan Pansos

Gaje merupakan kepanjangan dari enggak jelas, seringkali anak muda gunakan ketika mereka menemukan seseorang yang sedang berbuat sesuatu tanpa adanya faedah. Anda juga akan sering menemukan mereka meninggalkan komentar di sosmed dengan istilah tersebut.

Kemudian, ada istilah Pansos dalam bahasa gaul. Kata tersebut kepanjangan dari panjat sosial yang memiliki arti bahwa ada seseorang yang sedang melakukan sesuatu. Namun, tujuannya hanya untuk mendapatkan rasa simpati dan perhatian dari khalayak umum.

  1. Japri dan Ambyar

Pada kata Japri ini biasanya tidak hanya kaum muda saja yang menggunakannya, karena kini orang dewasa pun ikut terkena imbasnya. Mungkin Anda pun juga mengetahui dari istilah ini, Japri merupakan kepanjangan dari jaringan pribadi yang berarti seseorang harus chatting ke akun pribadi.

Ambyar, kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pasalnya kata ini telah populer dan menjadi terkenal berkat Didi Kempot yang bahkan sudah tersedia di dalam KBBI. Sedangkan untuk arti dari Ambyar ini adalah bercerai-cerai, berpisah atau bahkan tidak terkonsentrasi.

  1. Santuy dan Kepo

Santuy merupakan salah satu dari bahasa gaul yang banyak sekali orang gunakan dan ucapkan, tidak hanya kaum muda saja. Orang dewasa pun juga terkadang ikut mengucapkannya. Sesuai dengan katanya, Santuy berasal dari kata santai.

Kepo memiliki arti yang merujuk kepada seseorang yang selalu ingin mencari tahu (secara berlebihan) tentang urusan orang lain yang bukan urusannya. Sedangkan kepanjangan dari kata Kepo sendiri adalah Knowing Every Particular Object.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara mendalam terkait kamus bahasa gaul. Beserta dengan pembahasan sejarah bahasa tersebut sampai dengan membahas mengenai berbagai macam kata dan artinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui bahasa gaul lebih banyak. Jangan lupa kunjungi website resmi kami Maknaa.com agar tidak ketinggalan informasi menarik seputar kamus bahasa prancis dan kamus bahasa jawa kromo.

Kamus Bahasa Prancis dan Beberapa Kosakatanya

1

Kamus Bahasa Prancis

Setiap bahasa asing pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, sama seperti bahasa Prancis ini. Dalam rangka mempelajarinya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Mengingat bahasa asing itu mempunyai kosa kata berbeda-beda. Oleh karena itu, gunakanlah kamus bahasa Prancis maknaa agar lebih memudahkan dalam proses belajar.

Sejarah Bahasa Prancis

Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa yang paling penting di seluruh dunia. Bahasa ini adalah kelompok dari bahasa Roman tepatnya setelah bahasa Spanyol serta Portugis. Tidak hanya itu saja, bahasa Prancis ini termasuk ke dalam bahasa dengan penutur terbanyak di urutan nomor 11.

Bahasa Prancis sampai saat ini banyak digunakan oleh sekitar 77 juta orang. Sedangkan secara keseluruhan, bahasa ini telah banyak penggunaannya dari 57 negara yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, orang yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa kedua juga ada di Karibia.

Kemudian, di Amerika Serikat masyarakat di sana menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa ketiga setelah Inggris dan juga Spanyol. Bahasa Prancis sendiri merupakan salah satu bahasa yang telah menjadi resmi dari semua badan PBB serta sejumlah besar organisasi internasional lainnya.

Tentang Bahasa Prancis

Ketika Anda sedang mempelajari bahasa Prancis, ada baiknya tidak belajar mengenai kosa katanya saja. Akan tetapi, informasi mendalam terkait bahasanya pun juga perlu untuk dipelajari. Tidak lengkap rasanya jika hanya bisa berbicara bahasa tersebut tapi tak mengetahui sejarah bahasanya.

  1. Kosa Kata Bahasa Prancis Sehari-hari

Dalam proses pembelajaran bahasa Prancis, pasti tidak lepas dengan yang namanya kata-kata keren. Begitu pula ketika Anda mengucapkan dalam bahasa Indonesia, bahasa asing ini juga memiliki kata-kata kerennya sendiri. Seperti contohnya saja “bonjour” untuk mengucapkan salam.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa kata-kata bahasa Prancis yang memiliki arti ketika Anda menerima tawaran dari orang di sana. Seperti dengan mengucapkan “enchante”, artinya adalah dengan senang hati. Dari keunikan bahasa tersebut, terlebih lagi sebagai orang lokal yang mempelajarinya maka akan terlihat keren saat mengucapkannya.

  1. Kosa Kata Bahasa Prancis Terkait Kata Benda

Bahasa Prancis itu sama seperti bahasa daerah di Indonesia, memiliki beberapa jenis kosa katanya yang menarik dan unik. Seperti halnya saat Anda akan mengucapkan kata benda, contohnya saja roti yang paling umum. Dalam bahasa Prancis maka akan menjadi “pain”, terkesan seperti bahasa Inggris.

Namun, bukan itu maksudnya karena antara bahasa Inggris dengan Prancis itu sangat berbeda. Terkadang memang terlihat sama saja, lalu ada lagi kata benda lain seperti tanah yang dalam bahasa Prancis menjadi “terre”. Jika Anda ingin mempelajari bahasa ini, ketahui kosa kata dasarnya dulu.

  1. Kosa Kata Bahasa Prancis Terkait Kata Sifat

Beda lagi jika Anda mempelajari bahasa Prancis mengenai kata sifat, setiap orang beranggapan bahwa kosa katanya memiliki pengucapan atau tulisan yang sama seperti bahasa Inggris. Hal tersebut memang terkadang benar, akan tetapi tidak keseluruhan bahasa Prancis seperti itu.

Seperti contohnya saja pada arti dari kata pintar, bahasa Prancisnya adalah “smart” dan ini sama seperti bahasa Inggris. Bisa Anda simpulkan bahwa kosa katanya ada sedikit kemiripan dengan bahasa Inggris. Lalu ada lagi, bahasa Indonesia dari kuat menjadi “forte”.

  1. Ungkapan Dalam Bahasa Prancis

Ungkapan di sini bukan dalam rasa ingin menyampaikan sesuatu yang mengganjal dalam hati, akan tetapi lebih menuju ke peribahasa ala bahasa Prancis. Di sana terdapat beberapa ungkapan yang terkenal sangat unik dan juga menarik untuk Anda ketahui sebagai pelajar pemula.

Ungkapan tersebut juga memiliki arti yang sangat bermakna dalam setiap kehidupan seseorang. Seperti contohnya saja pada ungkapan “burung di tangan bernilai dua di semak-semak”. Sedangkan dalam bahasa Prancis menjadi “un chien vivant vaut mieux qu’un lion mort”.

  1. Bahasa Prancis Dasar

Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa internasional yang sudah tercatat secara resmi dalam PBB. Oleh karena itu banyak orang yang ingin mempelajari bahasa satu ini sebagai tambahan ilmunya. Sebelum melangkah lebih jauh, sebagai pelajar harus mengetahui kata dasarnya dulu.

Bagi Anda yang sedang dalam tahap belajar bahasa Prancis ini, ada baiknya mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Seperti contohnya saja mengetahui bagaimana cara mengucapkan setiap kosa kata dan abjad. Mengingat bacaannya selalu berbeda-beda dan harus banyak berlatih.

Belajar Bahasa Prancis

Dalam rangka belajar bahasa Prancis, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Pertama, jangan berharap untuk menjadi sempurna karena semua itu perlu proses dan proses itulah yang akan membawa setiap orang yang antusias belajar ke jalan menuju sukses / bisa menguasai.

Kemudian, selalu biasakan untuk mendengarkan kosa kata atau percakapan dari orang / penutur dalam bahasa Prancis. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah untuk menjadi terbiasa. Terlebih lagi jika mencoba untuk mempraktekkan kalimat demi kalimat secara perlahan-lahan, pasti bisa.

Anda juga bisa menggunakan cara yaitu dengan menempelkan label bertuliskan bahasa Prancis ke beberapa barang yang ada di rumah. Seperti contoh di kulkas, maka tempelkan saja label dengan tulisan “le refrigerateur”. Dengan begitu, akan mudah menghafal kata benda.

Aplikasi Belajar dan Kamus Bahasa Prancis

Selain mengikuti kursus bahasa asing, untuk dapat mendukung proses pembelajaran bahasa yang ingin Anda pelajari ada baiknya cobalah menggunakan aplikasi kamus. Di dalam kamus tersebut sudah terdapat banyak sekali materi menarik dan bermanfaat, agar pengguna bisa mengasah kemampuan.

  1. Rosetta Stone

Salah satu aplikasi yang patut Anda coba dalam rangka mempelajari bahasa Prancis, yaitu Rosetta Stone. Aplikasi ini sudah ada di google play store / apps store dan bisa pelajar unduh. Aplikasi satu ini juga termasuk ke dalam pioneer bahasa Prancis pertama yang bisa membantu pengguna saat belajar.

Di dalam aplikasi Rosetta Stone ini, terdapat fitur yang sangat bermanfaat. Tujuan awal dari aplikasi ini ialah mengajarkan banyak hal terkait bahasa Prancis tanpa adanya kata bahasa Inggris dalam course-nya. Namun, sayangnya Anda harus membayar untuk aplikasi ini. Tapi ada demo yang gratis.

  1. Duolingo

Kemudian, ada aplikasi lain bernama Duolingo yang sudah tersedia secara gratis di google play store / apps store. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, aplikasi bahasa Prancis satu ini merupakan aplikasi yang terbaik dan memiliki keseimbangan dalam mengajarkan bahasa asing tersebut kepada Anda.

Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi Duolingo ini terdapat sekitar 60 unit Duolingo French. Setiap unitnya, akan ada beberapa hal penting seperti adjectives, bentukan kata, kata tanya, benda abstrak, istilah teknis serta potongan bahasa. Setiap pengguna akan diajarkan tentang sekitar 7 kata yang baru.

  1. Memrise

Selanjutnya, aplikasi unggulan lain bernama Memrise yang juga telah tersedia secara gratis di google play store dan apps store. Aplikasi Memrise ini telah menjadi salah satu aplikasi paling inovatif, karena dapat mengajarkan setiap pengguna beberapa kosakata bahasa Pranics dengan sangat baik.

Jadi, bagi yang bingung saat mempelajari bahasa Prancis ini. Gunakan saja aplikasi Memrise sebagai salah satu penunjang pembelajaran bahasa asing tersebut. Aplikasi ini tidak hanya mengajar melalui gambar saja, akan tetapi ada kata humor yang justru menjadikan proses belajar menjadi menyenangkan.

Demikian penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Prancis. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan cara belajar bahasa Prancis dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya informasi di atas, Anda bisa mendapatkan ilmu yang cukup dan bermanfaat. Simak juga, kamus bahasa jawa kromo dan kamus bahasa yunani hanya di website ini.

Kamus Bahasa Jawa Kromo untuk Pemula

2

Kamus Bahasa Jawa Kromo

Sebagai bahasa daerah yang seringkali banyak orang gunakan, bahasa Jawa ini memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Mengingat penutur bahkan jenisnya tidak hanya satu, melainkan dua jenis. Bagi Anda yang ingin mendalami bahasa ini, ada baiknya menggunakan kamus bahasa Jawa kromo.

Sejarah Bahasa Jawa Kromo

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Jawa ini merupakan salah satu rumpun yang berasal dari bahasa Austronesia. Bahkan, banyak digunakan oleh beberapa suku bangsa yang ada di kepulauan selatan daratan Asia. Kemudian, mulai tersebar dari ujung barat di pulau Jawa, Banten sampai Banyuwangi.

Bahasa Jawa ini memiliki 80 juta suku kata dan kabarnya bahasa ini merupakan yang terbanyak mempunyai suku kata. Bahkan bahasa Jawa banyak orang ucapkan dari seluruh negara Indonesia, maupun Asia Tenggara lain. Seperti Belanda, Kaledonia Baru, Malaysia, Taiwan, sampai Singapura.

Bahasa Jawa yang memiliki beberapa tingkatan seperti kromo ini, sudah sangat dekat dengan bahasa lain seperti Madura, Bali, Melayu, Sunda dan bahkan bahasa di Kepulauan Sumatera. Namun, paling banyak orang gunakan dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tentang Bahasa Jawa Kromo

Dalam rangka mempelajari bahasa Jawa tersebut, tentu saja tidak akan lengkap rasanya bila tidak mengetahui seluk beluk secara mendalam dari bahasa Jawa. Ibaratkan makan nasi tanpa lauk, serasa ada yang kurang dan tidak bermanfaat. Jadi, sebelum belajar Anda harus tahu ciri khasnya lebih dahulu.

  1. Ngoko – Kromo

Salah satu ciri khas dari bahasa Jawa sendiri, yaitu dengan adanya tingkatan seperti ngoko dan kromo. Perbedaan ini tidak semata-mata terjadi tanpa alasan yang jelas begitu saja, akan tetapi hal tersebut memang sudah ada sejak zaman Jawa kuno. Hal ini merupakan perkataan dari Moedjanto.

Penuturan ngoko kromo ini seringkali orang gunakan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada seseorang yang memiliki status sosial lebih tinggi. Meskipun pada akhirnya, penggunaan kosa kata kromo sendiri masih sangat terbatas. Kabarnya tingkatan bahasa ini sudah ada sejak kerajaan demak dan pajang.

  1. Masyarakat Pesisir Menentang Bahasa Jawa Kromo

Penerapan bahasa Jawa Kromo yang sempat dilakukan oleh dinasti Mataram, mendapatkan tentangan secara langsung dari masyarakat Islam di pesisir. Sebab kala itu mereka belum mengenal bahasa tata cara tersebut. Namun, itu semua berubah sejak penaklukan Giri, Surabaya dan Gresik.

Sejak saat penaklukan tersebut wilayah pesisir di utara jatuh ke tangan Mataram. Membuat pemakaian kromo menjadi lancar. Namun, penggunaannya tidak sesempurna itu dan akhirnya dialog yang mereka bangun justru masih terkesan kasar.

  1. Tingkatan Dalam Bahasa Jawa

Masyarakat di Jawa lebih mengenali bahasa Jawa dalam beberapa tingkatannya, seperti ngoko lugu, alus, kromo lugu dan inggil. Untuk ngoko lugu adalah tingkatan pertama / paling dasar, sedangkan versi alusnya merupakan tingkat kedua setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Kemudian, ada kromo lugu (tingkatannya lebih tinggi dari ngoko), kromo inggil (tingkatan paling tinggi dalam bahasa Jawa, biasanya banyak orang gunakan untuk berkomunikasi bersama dengan seseorang yang lebih tua / kedudukannya).

  1. Perkembangan Bahasa Nusantara / Jawa

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Jawa ini merupakan bahasa yang juga berasal dari Hindia belakang atau terkenal dengan sebutan Mon Khmer. Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahasa Jawa masuk ke dalam rumpun bahasa Austro Asia.

Bahasa tersebut terbagi lagi menjadi dua kelompok, seperti bahasa Oceania serta Indonesia. Kemudian, bahasa Oceania kembali terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Mikronesia, Melanesia dan juga Polinesia.

  1. Pemakai Bahasa Jawa

Seperti yang ada pada penjelasan sebelumnya, bahasa Jawa sendiri memiliki beberapa tingkatan seperti ngoko dan kromo. Nah, dari pemakaian bahasa tersebut tentu saja ada aturannya sendiri. Mengingat penggunaan bahasa ini sangat mengenal kata sopan santun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemakaian dalam bahasa Jawa ini sangat perlu untuk Anda perhatikan. Tidak boleh sembarangan, seperti misalnya saja pada tingkatan kromo inggil yang merupakan suatu bahasa dengan kosa kata yang begitu cocok untuk orang ucapkan kepada yang lebih tua.

  1. Eksistensi Bahasa Jawa Untuk Pergaulan Anak Muda

Bahasa Jawa yang terkenal memiliki kosa kata yang penuh aturan, sebenarnya sangat baik untuk perkembangan anak muda di zaman sekarang. Anak yang diajarkan menggunakan bahasa Kromo terutama, tata berbicara mereka akan jauh lebih berbeda daripada yang tidak pernah mengetahuinya.

Namun, sayangnya bahasa Jawa Kromo ini sudah banyak orang lupakan terutama bagi kaum muda yang sekarang justru lebih mementingkan bahasa gaulnya. Padahal dengan mengerti dan memahami bahasa Jawa Kromo, tata berbicara menjadi jauh lebih sopan daripada bahasa kekinian tanpa aturan.

Aplikasi Belajar dan Kamus Bahasa Jawa Kromo

Bagi Anda yang ingin mendalami bahasa Jawa kromo ini, mudah saja. Mengingat di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, telah banyak fasilitas digital yang bermanfaat untuk proses belajar. Seperti halnya dengan adanya kamus bahasa Jawa seperti berikut ini :

  1. Translator Jawa

Salah satu aplikasi kamus yang bisa Anda gunakan ketika ingin mempelajari bahasa Jawa kromo, yaitu Translator Jawa. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini sangat berguna bagi setiap pelajar dalam proses pembelajaran. Itu karena di dalam aplikasi Translator Jawa terdapat fitur menarik.

Translator Jawa merupakan aplikasi terjemahan secara online dari bahasa Indonesia ke Jawa atau bahkan sebaliknya. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga ada tingkatan bahasa Jawa lainnya seperti Ngoko, Kromo maupun Kromo Inggil. Sedangkan fiturnya, ada pencarian kata / kamus, tombol salin dari hasil penerjemahan.

  1. Pepak Belajar Bahasa Jawa

Biasanya nama aplikasi satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda, pasalnya di zaman masih sekolah pastilah pernah membawa buku bernama pepak tersebut untuk menunjang pembelajaran. Namun, kini telah hadir aplikasi Pepak Belajar Bahasa Jawa yang bisa pengguna gunakan kapan saja.

Berbeda saat membawa buku pepak, dalam aplikasi Pepak Belajar Bahasa Jawa ini Anda bisa menggunakannya dalam proses belajar bahasa Jawa kapan saja. Bahkan fiturnya juga jauh lebih lengkap, jadi bisa mengerti kosa kata, aksara Jawa dan jenis, sampai dengan istilahnya pun ada di sana.

  1. Game Suraja

Kemudian, ada lagi aplikasi bernama Game Suraja yang bisa Anda unduh dan gunakan dalam rangka belajar bahasa Jawa Kromo. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berupa game yang sangat seru sehingga proses belajar tak akan bosan. Justru akan semakin menyenangkan karena tidak monoton.

Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi Game Suraja ini terdapat beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan. Seperti halnya pengenalan aksara Jawa, cerita tentang aksara tersebut, pengenalan vokalnya, angka sampai dengan adanya level yang tersedia berdasarkan kemampuan pengguna.

Seperti itulah penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Jawa kromo makna. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan tentang bahasa Jawa Kromo yang patut Anda ketahui. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat berlebih dalam kehidupan sehari-hari. Simak juga kamus bahasa Yunani dan kamus bahasa Rusia.

Kamus Bahasa Yunani dengan Beberapa Ulasan Menarik

2

Kamus Bahasa Yunani

Sudah banyak bahasa asing yang hingga saat ini memiliki pengaruh terhadap bahasa lainnya di seluruh dunia. Salah satunya adalah Yunani ini, ya tidak heran jika kebanyakan orang ingin mendalami bahasa tersebut. Dalam rangka mempelajarinya, Anda perlu dukungan dari kamus bahasa Yunani.

Sejarah Bahasa Yunani

Bahasa Yunani seringkali terkenal dengan sebutan bahasa Gerika, atau dalam bahasa aslinya adalah Ellinika. Artinya merupakan anak cabang sendiri di dalam rumpun bahasa Indonesia Eropa. Bahkan bahasa tersebut termasuk bagian lain dari Mediterania Timur serta Laut Hitam.

Bahasa Yunani sendiri sudah lama bertahan sekitar lebih dari ribuan tahun yang lalu, serta tertulis dalam jangka waktu kurang lebih 3500 tahun. Tidak hanya itu saja, bahasa tersebut juga terkenal sebagai bahasa tertua yang sampai saat ini bertahan dengan kosa kata berjumlah 600 ribu kata.

Sedangkan untuk saat ini bahasa Yunani sendiri memiliki penutur langsung dari bangsanya, yaitu Yunani serta Siprus. Bahasa tersebut juga banyak orang gunakan dari Semenanjung Balkan sejak abad ke – 3 SM. Bukti ini secara tertulis ini berada pada tablet tanah liat linear B yang ditemukan di Messenia.

Tentang Bahasa Yunani

Menurut informasi, bahasa Yunani ini telah memiliki banyak sekali pengaruh terhadap percakapan asing lain yang ada di dunia. Maka, jangan heran jika masuk ke dalam golongan logat paling penting untuk dipelajari. Di sisi lain, ada banyak pembahasan menarik lainnya seperti:

  1. Acme dan Acropolis

Salah satu kata yang terdapat dalam bahasa Yunani, yaitu Acme. Ini, merupakan kata benda dan memiliki arti dalam bahasa Indonesia “Puncak atau titik tertinggi”. Sedangkan bahasa Inggrisnya yaitu “The top or highest point”. Hal ini memang memiliki keterkaitan dengan bahasa Inggris, karena bahasa tersebut mengambil serapan dari Yunani.

Kemudian, ada lagi kosa kata bahasa Inggris yang diadaptasi dari bahasa Yunani yaitu Acropolis. Kata ini berasal dari Yunani “acropolis”, asal katanya adalah “acro” dan juga “polis”. Secara literal, artinya ialah kota yang tinggi. Akan tetapi, istilahnya selalu berarti dengan makna benteng yang cukup tinggi.

  1. Agora dan Anathema

Selain itu, ada Agora yang terkenal sejak masa Yunani kuno. Ini merupakan arti dari sebuah pasar di mana terdapat beberapa pedagang bergerombol atau bahkan menjadi pusat keramaian. Akan tetapi, untuk saat ini termasuk kata benda (dapat digunakan dalam mengucap tempat berkumpul).

Anathema termasuk ke dalam kata benda, sama seperti Agora. Artinya sendiri ialah laknat, pengharaman atau kutukan. Tidak hanya itu saja, Anathema juga bisa memiliki arti yang lain seperti merujuk kepada sesuatu yang sangat buruk maupun dibenci. Misalnya saja mabuk / minum-minum.

  1. Anemia dan Ethos

Mungkin sebagian besar dari Anda telah mengenal arti dari kata ini, Anemia. Kata tersebut juga berasal dari bahasa Yunani yaitu “animia”. Untuk artinya sendiri ialah keadaan tubuh dengan sel darah merah yang bertugas untuk menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh mulai berkurang.

Sedangkan Ethos juga berasal dari bahasa Yunani. Arti dari kata ini ialah karakteristik dari suatu budaya maupun kelompok yang dapat terlihat dari sikap dan juga mental. Sinonim dari kata Ethos sendiri adalah mentality, values dan juga mindset.

  1. Dogma dan Eureka

Berbeda dengan kata benda lainnya, Dogma yang merupakan bahasa dari Yunani ini memiliki arti yang lebih merujuk kepada keyakinan suatu agama, organisasi maupun ideologi. Dogma ini memiliki sifat yang taklid, sehingga siapa saja akan percaya padanya dan yakin tanpa adanya bukti / kebenaran.

Sedangkan Eureka seringkali banyak orang gunakan sebagai tanda seru. Seperti “Eureka!” kata serapan satu ini banyak digunakan dengan tujuan mengekspresikan diri ketika menemukan ide baru. Dalam bahasa Inggris biasanya menjadi “Aha, I have found!”, bahasa Indonesianya “Aha, ketemu!”.

  1. Genesis dan Phobia

Selanjutnya, ada kata benda lain dari bahasa Yunani yaitu Genesis. Kata ini memiliki artinya sendiri, ialah kelahiran maupun permulaan. Genesis juga terdapat sinonim yang cukup banyak, misalnya beginning, start, spring, commencement, onset, dawn dan lain – lain.

Mungkin sebagian besar dari Anda mengira bahwa kata Phobia ini hanyalah sekedar rasa takut yang tak begitu besar, alias biasa saja. Padahal, sebenarnya kata ini memiliki arti dari rasa takut akan banyak hal. Terlebih lagi Phobia ini rasa takut yang sangat irasional, bisa saja benda, situasi, orang dan lain-lain.

  1. Kudos

Kemudian, ada kata terakhir yang hampir memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris yaitu Kudos. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti ucapan selamat maupun pujian atas keberhasilan seseorang, prestasi yang sudah diraih dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan dalam bahasa Yunani maupun Inggris, Kudos ini merupakan kata benda tunggal (singular noun). Kata ini biasanya banyak orang gunakan sebagai bentuk plural, seperti misalnya dalam bahasa Indonesia “Ia pantas mendapatkan banyak pujian karena prestasinya”.

  1. Abjad Bahasa Yunani

Perlu Anda ketahui sebelum mempelajari bahasa Yunani, yaitu orang Yunani tidak menciptakan abjad atau alfabet. Meskipun kata alfabet sendiri mereka ambil dari huruf pertama di aksara Yunani “alpha” dan juga “beta”. Berbicara mengenai alfabet sendiri, sudah tercipta sejak abad ke 17 dan 15 SM.

Sedangkan yang orang Yunani ciptakan itu bukan alfabet, akan tetapi kumpulan karakter dari huruf khas mereka. Tidak hanya itu saja, orang Yunani juga memberikan tambahan huruf vokal ke alfabetnya yang pada versi sebelumnya hanya berisikan konsonan saja.

  1. Mempelajari Alfabet Bahasa Yunani

Sebelum mempelajari bahasa Yunani, Anda harus melalui tahap awalnya terlebih dahulu. Seperti dengan mencoba belajar dan mempraktekkan alfabet Yunani. Biasanya di zaman yang seperti sekarang ini, berkat teknologi canggih setiap pelajar bisa belajar bahasa asing dengan mudah.

Salah satunya belajar bahasa Yunani ini, seperti menggunakan kamus maknaa khusus atau bahkan mencari kosakata dari internet. Anda tak perlu khawatir, bahasa Yunani ini masih cukup mudah untuk dipelajari, mengingat kata-katanya sendiri hampir menyerupai seperti bahasa Inggris pada umumnya.

Contoh Kata-kata dalam Kamus Bahasa Yunani

Dengan memiliki sejarah yang sangat berkesan, bahasa Yunani merupakan salah satu yang sangat mudah mempengaruhi dunia barat. Bahkan sudah banyak orang yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kata-kata manis yang bisa membuat Anda menyukai bahasa ini.

Salah satunya bahasa Yunani dari ελπίδα atau bisa Anda baca dengan “el-pee-da”. Kata tersebut memiliki artinya sendiri, yaitu harapan. Sedangkan dalam mitologi Yunani berarti personifikasi harapan. Biasanya kata ini akan selalu menggambarkan wanita muda. Oleh karena itu, Elpida ini sama seperti kata “hope” dan nama umum untuk semua wanita.

Masih ada beberapa kata-kata bahasa Yunani lainnya yang perlu Anda pelajari sebelum melangkah lebih jauh mengenai bahasa penting di dunia ini. Setiap bahasa asing pastilah memiliki kata dasar yang unik atau bahkan menyerupai bahasa asing lainnya.

Seperti itulah penjelasan secara mendalam dari kamus bahasa Yunani. Beserta pembahasannya mengenai sejarah sampai dengan materi tentang bahasa Yunani yang unik dan menarik untuk Anda pelajari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi informasi terlengkap. Selain itu, pada situs ini juga terdapat kamus bahasa Rusia dan kamus bahasa Spanyol.

Kamus Bahasa Rusia dengan Pilihan Aplikasi Terbaik

1

Kamus Bahasa Rusia

Belajar bahasa asing tentu saja memiliki keuntungannya sendiri, seperti salah satunya dapat menambah wawasan menjadi lebih luas tentang bahasa tersebut. Sama halnya saat Anda belajar logat Rusia, akan lebih baik lagi jika menggunakan kamus bahasa Rusia supaya lebih mudah.

Sejarah Bahasa Rusia

Bahasa Rusia merupakan salah satu yang termasuk ke dalam bahasa resmi PBB dengan nomor urut delapan. Bahkan bahasa ini juga paling banyak orang gunakan dari seluruh dunia. Selain itu, bahasa Rusia juga menjadi bahasa resmi di Belarus, Kirgiztan, Kazakhstan dan Tajikistan.

Tidak hanya itu saja, masih ada penduduk lainnya yang menggunakan bahasa Rusia ini sebagai bahasa keduanya. Seperti pada wilayah Asia Tengah, Eropa Timur dan juga Kaukasia. Itulah mengapa bahasa Rusia termasuk ke dalam golongan bahasa resmi dan penting yang ada di dunia.

Menurut informasi, rumpun bahasa Slavia juga seringkali menggunakan bahasa Rusia ini. Rumpun tersebut adalah cabang yang berasal dari keluarga Indonesia Eropa yang sudah ada sejak tahun 500 Masehi. Bahasa Slavia selalu orang sebut dengan sebutan Proto Slavia.

Beberapa Ulasan Tentang Bahasa Rusia

Dalam rangka belajar bahasa Rusia, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui informasinya lebih mendalam lagi. Termasuk sejarah, fakta sampai dengan keunikan yang terdapat pada bahasa asing satu ini. Semuanya akan terkupas secara tuntas pada pembahasan di bawah ini:

1. Bahasa Rusia dan Huruf Kiril

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Rusia beserta dengan jenis huruf kiril ini telah lama berkembang pada abad ke 18 sampai dengan ke 19. Di tahun 1918, bahasa ini mempunyai sekitar 35 huruf dan ada aturan yang begitu rumit kala itu. Namun, pada tahun 1904 pakar bahasa terbaik membuatnya berubah.

Pakar bahasa tersebut mendorong penyederhanaan bahasa Rusia ini menjadi lebih sederhana lagi, sehingga hasilnya mereka mampu membantu beberapa orang yang buta huruf di negara kala itu. Reformasi ini kemudian mereka sahan dan muncul 33 huruf yang sampai saat ini orang kenal.

2. Menyebarkan Bahasa Rusia ke Negara Komunis

Menurut informasi, di tahun 1956 bahasa Rusia ini mengalami reformasi besar untuk terakhir kalinya. Sebenarnya, di masa itu reformasi sama sekali tidak memiliki pengaruh kepada huruf kiril. Melainkan tujuannya hanya untuk menyelesaikan kasus ortografi saja yang awalnya rumit menjadi mudah.

Kemudian, pada tahun 1955 Pakta Warsawa membuka jalan untuk bahasa Rusia agar diajarkan kepada negara yang sudah tergabung ke dalam suatu organisasi tersebut. Pada umumnya, bahasa ini mulai mengembangkan aksara kiril tepat pada tahun 1956 yang kemudian mereka cetak.

3. Bahasa Rusia Termasuk Bahasa Tersulit

Kabar tentang bahasa Rusia lainnya, banyak orang mengatakan bahwa bahasa ini merupakan yang tersulit dari bahasa lainnya. Bahkan beberapa situs pelajaran menyebutkan bahwa, untuk belajar bahasa ini membutuhkan waktu sekitar 1.000 jam atau terhitung 44 minggu agar bisa menguasai semuanya.

Mengingat seperti apa bentuk dari tulisan bahasa Rusia, hal tersebut memang benar adanya. Terlebih lagi jumlah hurufnya jauh lebih banyak dari Indonesia, yaitu sekitar 33 huruf. Bahkan pengucapannya juga terbilang cukup rumit, terkadang mirip dengan bahasa daerah lain namun juga tidak.

4. Kata Kerja Bahasa Rusia Sulit

Tidak hanya itu saja, bahasa Rusia ini juga terkenal dengan kerumitan kata kerjanya. Namun, dari kesulitan inilah menjadi bahan tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin tetap mempelajarinya. Begitu pula dengan Anda, tidak akan ada yang sulit jika terus mencoba belajar.

Sebelum mempelajari lebih jauh, Anda perlu mengetahui beberapa kata kerja yang terdapat pada aturan bahasa Rusia terlebih dahulu. Tepat setelah mengetahui kosa katanya, itu karena kata kerjanya sendiri memiliki variasi yang begitu banyak. Seperti misalnya saja kata kerja gerak.

5. Sisi Baik Bahasa Rusia

Bagi Anda yang antusias dalam mempelajari bahasa Rusia, kini ada kabar baiknya. Menurut informasi, ada guru yang mengajar bahasa tersebut mengatakan bahwa bahasa Rusia tidak memiliki artikula ataupun kata sandang. Biasanya seringkali ada di bahasa Inggris, seperti the.

Tidak hanya itu saja, bahasa Rusia juga hanya mempunyai sekitar tiga jenis kala atau tense. Seperti misalnya, kala kini, akan datang dan juga lampau. Dalam hal ini, jauh lebih sedikit daripada bahasa Eropa yang justru memiliki 12 tense.

6. Cara Belajar Bahasa Rusia

Setelah mengetahui beberapa hal terkait bahasa Rusia beserta dengan pembahasan kosa katanya. Kini saatnya Anda harus tahu juga bagaimana cara untuk bisa mempraktekkan dari apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Namun, ada salah satu langkah belajar yang bisa Anda lakukan.

Seperti dengan menonton acara TV Rusia, perhatikan bagaimana presenter membawakan acara (jika menonton berita) atau melihat tayangan hiburan. Paling tidak Anda tahu cara orang di sana berbicara. Baik itu logat, dialek sampai dengan ekspresinya juga sangat penting sebagai bahan belajar.

Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Dalam rangka belajar bahasa Rusia, sudah pasti Anda harus membutuhkan panduan supaya proses belajar menjadi lebih mudah dan lancar. Kini telah ada aplikasi kamus khusus untuk bahasa asing maknaa.com, bahkan cara mengaksesnya juga simpel. Setiap pengguna bisa belajar kapan pun di mana pun.

1. Busuu

Salah satu aplikasi yang patut untuk Anda unduh, yaitu Busuu. Aplikasi ini teruntuk bagi pemula maupun menengah yang ingin belajar bahasa Rusia dengan mudah. Pelajaran yang tersedia di dalamnya juga sangat bermanfaat, antara lain kosa kata, kuis, praktik percakapan, dan dialog.

Kelebihan yang terdapat pada aplikasi Busuu ini ialah dapat Anda akses secara offline. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mempunyai sekitar 150 unit lebih pelajaran yang akan memungkinkan setiap pengguna untuk terus bisa terhubung dengan pengguna lainnya. Bahkan ada saran dari penutur asllinya.

2. Clozemaster

Selanjutnya, ada aplikasi lain yang bisa Anda coba sebagai bahan panduan belajar bahasa Rusia yaitu Clozemaster. Mungkin tidak selengkap aplikasi sebelumnya, akan tetapi aplikasi ini memiliki kelebihannya tersendiri. Salah satunya bisa pengguna gunakan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Clozemaster akan mengusahakan semaksimal mungkin agar setiap pengguna bisa belajar bahasa Rusia melalui kosa kata khusus dalam konteks serta juga menyediakan tes cloze. Dalam aplikasi ini Anda akan belajar sambil bermain, seperti dapat mengasah tata bahasa (kata benda, sifat dan lain-lain).

3. HelloTalk

Berbeda dengan aplikasi kebanyakan, HelloTalk akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam melakukan percakapan dengan orang asing aslinya. Termasuk pada orang Rusia asli, jadi di sini setiap penggunanya bisa bercakap-cakap secara langsung dengan para pengguna dari negeri luar.

HelloTalk merupakan suatu platform gratis yang bertujuan untuk memudahkan setiap pengguna dalam melakukan pertukaran bahasa serta budaya secara global dengan penutur aslinya. Belajar bahasa Rusia itu tidak cukup hanya memahami kosa katanya saja, Anda perlu bercakap dengan orang sana.

Seperti itulah beberapa penjelasan terkait kamus bahasa Rusia. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan mengupas tuntas tentang bahasa tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda menjadi lebih banyak belajar dan terinspirasi dari informasi tersebut di atas. Dalam situs ini juga terdapat kamus bahasa Spanyol dan kamus bahasa Manado. 

Kamus Bahasa Spanyol dan Sejarah Bahasanya

1

Kamus Bahasa Spanyol

Bahasa asing memang memiliki daya tariknya sendiri, sehingga tidak jarang ada orang yang mulai menekuni untuk mempelajarinya juga. Seperti halnya pada bahasa Spanyol, untuk proses belajarnya Anda memerlukan penunjang seperti kamus bahasa Spanyol supaya belajar menjadi lebih mudah.

Sejarah Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol termasuk ke dalam salah satu bahasa yang paling penting di dunia. Bahkan juga tergolong menjadi bahasa resmi PBB serta Uni Eropa. Perlu Anda ketahui juga, bahwa bahasa ini pernah digunakan oleh orang di negara Filipina. Namun, sayangnya sekarang sudah tidak lagi.

Bahasa Spanyol sendiri berasal dari keluarga bahasa Iberia serta Roman atau seringkali orang sebut dengan Ibero – Roman. Bahasa tersebut kemudian berkembang dari bahasa vulgar latin yang kerapkali digunakan oleh orang pada kerajaan Romawi. Hal ini terbukti dari adanya dokumen tertulis.

Dokumen tersebut tertulis dalam bahasa Spanyol Kastila Awal pada abad ke 9 Masehi. Kabarnya bahasa Spanyol ini sangat menyerupai bahasa Leon yang berada di Semenanjung Iberia, akan tetapi tepat pada abad ke 13 Raja Alfonso akhirnya membuat standar bagi bahasa ini pada dialek penduduk di Toledo.

Beberapa Ulasan Terkait Bahasa Spanyol

Tahukah Anda bahwa bahasa Spanyol ini merupakan salah satu bahasa kedua yang banyak orang gunakan dari selurh dunia. Bahkan penutur aslinya memiliki jumlah yang lumayan banyak. Jika ingin mempelajari tentang bahasa Spanyol, ada baiknya pahami dan ketahui beberapa hal berikut ini.

1. Alasan Bahasa Spanyol Banyak Orang Ucapkan

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih bahasa Spanyol untuk mereka terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya, bahasa itu cenderung lebih menyebar dengan cepat dengan cara yang sama. Bahkan terkadang orang juga akan bermigrasi dan membawa serta budayanya.

Budaya tersebut termasuk bahasa ini. Jadi, bisa Anda simpulkan bahwa dengan banyaknya orang menggunakan bahasa Spanyol daripada yang lain adalah karena adanya cara penyebaran melalui penaklukan, budaya, tulisan, ekspansi dan lain-lain. Hal tersebut membuat orang mudah terpengaruh.

2. Apa yang Harus Anda Ketahui Terkait Bahasa Spanyol?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda harus mengetahui terkait bahasa Spanyol lebih mendalam lagi. Salah satunya seperti dengan kosa kata, aksen, pengucapan, konjugasi, ekspresi dan masih banyak lagi lainnya.

Mengenai cara belajar bahasa Spanyol, sebenarnya ada banyak. Anda bisa saja mengambil kelas kursus atau jika ingin gratis bisa belajar sendiri di rumah dengan mengandalkan kamus online maknaa sebagai panduannya. Biasanya setiap orang memiliki caranya sendiri, bahkan ada yang rela pergi ke luar negeri demi dapat belajar bahasa terkait.

3. Manfaat dari Bahasa Spanyol

Pada umumnya, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan saat antusias dalam belajar bahasa Spanyol ini. Di tingkat yang paling dasar, mempelajari bahasa asing itu akan memungkinkan setiap pelajar melakukan perjalanan yang jauh lebih bebas. Bahkan mempunyai keterampilan tambahan.

Keterampilan tambahan tersebut itulah yang menjadikan setiap pelajar yang belajar bahasa asing akan mudah mendapatkan pekerjaan di banyak perusahaan ternama maupun organisasi di seluruh dunia. Hal ini sama seperti Anda belajar bahasa Spanyol, manfaatnya kurang lebih sama saja.

4. Pengaruh Global Bahasa Spanyol

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bahasa Spanyol dengan mudah orang gunakan karena melalui penyebarannya yang begitu cepat. Salah satunya pada orang yang bermigrasi, melalui budaya serta penaklukan. Bahkan ekspansi sendiri telah memberikan buktinya.

Bukti bahwa bahasa Spanyol itu penting dalam skala global. Mengingat bahasa ini merupakan bahasa nomor dua yang paling banyak orang gunakan di dunia, termasuk Amerika Serikat yang bahkan bahasanya menjadi tampilan British Council. Sampai saat ini ada 29 negara yang punya 1 juta penutur.

5. Podcast Belajar Bahasa Spanyol

Bagi Anda yang berantusias ingin belajar bahasa Spanyol, kini ada podcast yang memungkinkan pelajar untuk menjadi guru. Jadi, bisa mengajarkan setiap pendengar untuk belajar bahasa Spanyol bersama-sama. Baik itu melalui smartphone, tablet, komputer maupun laptop semuanya bisa saja.

Sebagai pendengar, Anda bisa mendengarkan podcast tersebut yang biasanya akan tersebar luas di beberapa aplikasi musik. Ketika mendengar materi melalui podcast, ada baiknya catat juga beberapa hal yang guru jelaskan. Tujuannya agar lebih mudah untuk mempelajari ulang.

6. Bahasa Spanyol Dipakai di 10 Negara

Tahukah Anda bahwa bahasa Spanyol ini merupakan salah satu bahasa yang paling banyak orang gunakan di seluruh dunia. Bahkan kabarnya ada 10 negara yang masih menggunakan bahasa satu ini, antara lain Guatemala, Meksiko, Chile, Kosta Rika, Colombia, Kuba, El Savador, Honduras dan lain-lain.

Dari 10 negara tersebut, mereka masih menggunakan bahasa Spanyol sebagai salah satu bahasa pengantar sehari-hari serta pemerintahan. Jadi, akan sangat menguntungkan bagi Anda yang belajar bahasa ini ketika mengunjungi Spanyol. Berkomunikasi dengan orang di sana bukan hal sulit lagi.

7. Hal yang Anda Tulis, Itulah yang Menjadi Bacaan

Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Spanyol ini memiliki kosa kata yang hampir menyerupai bahasa Indonesia. Jadi, sangat mudah untuk Anda ucapkan. Meskipun sebenarnya ada sedikit pelafalan huruf berbeda.

Bahasa Spanyol ini memiliki slogan yang seringkali orang kenal dengan sebutan “Itu yang Anda tulis, itulah yang Anda baca”. Hal ini merupakan salah satu hukum D – M, yaitu diterangkan atau menerangkan materi terkait.

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Spanyol

Ketika Anda telah memutuskan untuk belajar bahasa Spanyol, ada baiknya untuk segera menentukan target terkait apa saja yang harus dipelajari dan bagaimana memulainya. Dalam proses pembelajaran tersebut, supaya lebih mudah lagi cobalah untuk mengunduh beberapa aplikasi kamus di bawah ini.

1. Duolingo

Salah satu aplikasi kamus bahasa Spanyol yang patut untuk Anda unduh, yaitu Duolingo. Menurut informasi, aplikasi ini merupakan yang paling populer dan sudah banyak orang yang menggunakannya sebagai panduan dalam belajar bahasa Spanyol.

Kelebihan dari aplikasi Duolingo ini, antara lain dapat mendukung puluhan bahasa serta pengguna secara bebas untuk bisa belajar bahasa Spanyol. Uniknya lagi, Anda bisa bermain sambil belajar di dalam aplikasinya. Bahkan ada byte suara yang harus pengguna pecahkan. Jadi, proses belajar menjadi menyenangkan.

2. Language Drops

Kemudian, ada aplikasi selanjutnya bernama Language Drops yang tidak kalah bagusnya. Aplikasi ini bisa Anda jadikan panduan untuk belajar bahasa Spanyol. Menurut informasi, sistem pembelajarannya menggunakan pelajaran dengan ukuran byte dalam periode yang cukup lama.

Jadi, bisa mengajarkan setiap pengguna bahasa baru. Dalam setiap sesinya, memiliki durasi sekitar lima menitan. Aplikasi ini akan memberikan Anda pembelajaran mengenai kosa kata saja, tanpa adanya pelajaran tata bahasa lainnya. Setelah bisa menguasai, baru akan merangkai kosa katanya.

3. Memrise

Aplikasi unggulan yang kabarnya sangat populer sampai saat ini, yaitu Memrise. Banyak sekali pengguna yang mengulas tentang aplikasi ini, mereka mengatakan bahwa aplikasi tersebut memiliki banyak metode pengajaran yang sangat bermanfaat. Termasuk metode belajar sambil bermain game.

Dari aplikasi Memrise ini, Anda akan banyak ditanyai terkait berbagai macam kata serta frasa, ejaan, tata bahasa dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini merupakan cara paling rapi untuk dapat belajar dan menguasai bahasa Spanyol dengan cepat. Namun, untuk mendapat semua konten harus membayar.

Demikian penjelasan terkait kamus bahasa Spanyol. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan tentang bahasa Spanyol lebih mendalam. Temukan juga kamus bahasa Manado dan kamus bahasa Thailand hanya di website ini. Semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat dan ilmu tambahan untuk Anda yang belajar bahasa tersebut.

Kamus Bahasa Manado dan Beberapa Pembahasan Terkait

1

Kamus Bahasa Manado

Sebagai kota terbesar nomor dua di daerah Sulawesi setelah Makassar, Manado memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dengan wilayah di Indonesia kebanyakan. Termasuk cara pengucapan kosa kata dan bahasanya. Kenali hal tersebut secara mendalam di kamus bahasa Manado.

Sejarah Bahasa Manado

Bahasa Manado sendiri hampir menyerupai dengan bahasa Indonesia pada umumnya, akan tetapi bahasa tersebut memiliki dialek yang sangat khas. Tidak hanya berasal dari bahasa Melayu saja, kabarnya bahasa Manado ini dipengaruhi oleh kolonialisme.

Banyak berbagai sumber yang mengatakan bahwa asal muasal bahasa Manado ini seringkali digunakan oleh pedagang ketika mereka melakukan transaksi di sekitar pelabuhan laut di Manado. Seiring dengan perkembangannya, bahasa Manado kaya akan kata-kata serapan dari bahasa asing.

Seperti halnya berasal dari bahasa Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, Prancis dan masih banyak bahasa asing lainnya. Bahasa Manado juga terdapat campuran dari bahasa daerah Indonesia lainnya. Namun, yang paling banyak diserap ialah bahasa dari Belanda, kemudian Portugis dan Spanyol.

Beberapa Fakta Unik dari Bahasa Manado

Bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Manado, ada baiknya juga harus membaca dan mengetahui sejarahnya secara mendalam. Tidak akan lengkap rasanya jika hanya dapat mengucapkan kosa kata, tanpa tahu apa yang menjadi ciri khas dari bahasa daerah tersebut.

1. Serapan dari Bahasa Portugis

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bahasa Manado ini merupakan salah satu bahasa yang menyerap bahasa asing lain yaitu bahasa Portugis. Jadi, dalam penulisan dan pengucapannya pun juga pasti berbeda dari bahasa daerah kebanyakan.

Serapan bahasa asing ke dalam bahasa Manado ini, salah satunya adalah bahasa Portugis benar-benar sangat mirip. Contohnya saja ketika dalam bahasa Indonesia yang berarti tidur, maka orang Manado akan menyebutkannya dengan “Sono”. Hal tersebut sama seperti bahasa Portugis.

2. Serapan dari Bahasa Spanyol

Selain itu, bahasa Manado juga menyerap bahasa asing lainnya. Seperti pada bahasa Spanyol yang artinya bahkan kosa katanya mirip. Itulah mengapa, sebagai seorang yang ingin mempelajari bahasa ini. Ada baiknya mengetahui apa saja ciri khas dari bahasa Manado sendiri supaya mudah belajarnya.

Salah satunya dengan mengetahui cara pengucapan kosa kata yang terbilang cukup unik. Contohnya saja pada bahasa Indonesia yang berarti pepaya. Maka dalam bahasa Manado, masyarakat di sana akan mengucapkannya dengan “Papaya”. Begitu pula dengan apa yang dikatakan orang Spanyol.

3. Serapan dari Bahasa Belanda

Kata ganti orang Manado sangatlah berbeda dengan bahasa Indonesia pada umumnya, seperti contohnya saja kata ganti orang pertama tunggal. Masyarakat yang ada di sana menyebutnya dengan sebutan “Kita”. Sedangkan orang kedua mereka sebut “Ngana”, kedua jamak “Ngoni”.

Hal ini juga sama seperti bahasa Manado yang menyerap bahasa asing, seperti bahasa Belanda. Setiap kosa katanya sangat mirip, contohnya saja dalam bahasa Indonesia yang berarti garpu. Orang Manado akan menyebutnya “Forok”. Sedangkan bahasa Belanda menyebutkan “Vork”. Mirip bukan?

4. Kata Ganti Orang Bahasa Manado

Berbeda halnya dengan bahasa Indonesia, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa bahasa Manado ini memiliki keunikannya sendiri. Terlebih lagi dalam pemilihan kata ganti orang, tentu saja sangatlah berbeda dengan bahasa daerah kebanyakan. Sebagai orang yang belajar bahasa ini, berhak tahu.

Kenali kata ganti orang dari bahasa Manado ini terlebih dahulu, sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari bahasa daerah ini. Untuk orang pertama, orang Manado menyebutnya “Kita”, kedua tunggal “ Ngana”, ketiga tunggal “Dia”, pertama jamak “Torang”, kedua jamak “Ngoni”, ketiga jamak “Dorang”.

5. Ciri Khas dari Bahasa Manado

Seperti yang sudah ada dalam pembahasan sebelumnya, bahasa Manado memiliki keunikannya sendiri. Hal tersebut memang benar adanya, seperti dengan kata somo, pangba, akang, pang, kase dan juga kase. Semua kata tersebut merupakan kata-kata yang menjadi ciri khas dari Manado.

Somo sendiri merupakan kata yang memiliki gambaran tentang kejadian yang akan dimulai / bakal terjadi. Pang berarti kata dengan perbuatan sifat negatif, Pangba kata yang menjelaskan suatu perilaku yang banyak orang sukai, Pe kata ganti milik. Sedangkan ada dan kase itu kata yang penyebutnya selalu orang singkat.

6. Imbuhan Bahasa Manado

Dalam bahasa Manado, untuk awal ter akau berubah menjadi “ta”. Sedangkan awalan me akan berubah “ma”. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk keunikan yang jarang sekali masyarakat jumpai. Itulah mengapa, Anda harus mempelajari sampai ke akarnya jika ingin ahli bahasa ini.

Imbuhan dalam bahasa Manado ini memang terlihat sedikit rumit, akan tetapi jika Anda berani mencobanya maka mudah saja. Contohnya kata keluar menjadi “Kaluar”, kalapa berubah jadi “Kalapa”. Hanya sebatas itu perubahannya, jadi harus benar-benar teliti.

Aplikasi Belajar Bahasa Manado

Dalam menunjang pembelajaran bahasa daerah, seperti pada bahasa Manado ini contohnya. Setiap pelajar bisa mengunduh kamus secara online di google play store gratis. Dengan begitu, belajar dapat dilakukan di mana saja kapan saja. Bahkan bisa mengulang materi sesuai keinginan sampai bisa.

1. Kamus Bahasa Manado Offline

Salah satu aplikasi belajar yang sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Manado, yaitu Kamus Bahasa Manado Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa pengguna akses secara offline / tanpa adanya data internet. Jadi, belajar menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi Kamus Bahasa Manado Offline ini juga terdapat fitur menarik lainnya yang bisa membantu memudahkan proses belajar setiap pengguna. Fitur tersebut antara lain, penerjemah dari bahasa Manado ke Indonesia / sebaliknya, filter search, copy dan ada bookmark.

2. Kamus Bahasa Manado

Selain itu, masih ada aplikasi bermanfaat lain yang bisa Anda gunakan sebagai ajang belajar bahasa daerah. Salah satunya aplikasi Kamus Bahasa Manado, setiap pengguna bisa mendownloadnya gratis di google play store. Tidak perlu khawatir juga untuk ukuran aplikasinya, karena ukurannya hanya 2.8 MB.

Di dalam aplikasi Kamus Bahasa Manado ini, Anda bisa belajar mengenai bahasa daerah tersebut secara leluasa. Fiturnya sendiri bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Manado, bahkan ada fitur acak yang bisa pengguna gunakan untuk dapat menghafal setiap kosa kata yang keluar nantinya.

3. Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder

Selanjutnya, ada aplikasi yang bernama sama seperti pembahasan sebelumnya. Namun, dengan developer yang berbeda tentu saja. Anda patut mencoba untuk mengunduh aplikasi Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder ini. Sudah banyak orang menggunakannya dan mengaku puas.

Di dalam aplikasi maknaa Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder ini, Anda akan menjumpai banyak kosa kata yang biasanya orang Manado gunakan sebagai percakapan sehari-hari. Bahkan setiap pengguna juga bisa mencari katanya secara pribadi. Sedangkan fiturnya, ada usulkan kata baru dan kontributor.

Dengan penjelasan yang terdapat dalam artikel kamus bahasa Manado di atas. Pada situs ini, terdapat juga kamus bahasa Thailand dan kamus bahasa Karo. Semoga Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi menarik dan menjadi lebih mengerti tentang sejarah sampai dengan pembahasan kosa kata bahasa Manado. Selamat berjuang untuk mempelajari bahasa daerah ini.

Kamus Bahasa Thailand dan Hal Menarik di Dalamnya

1

Kamus Bahasa Thailand

Mempelajari bahasa asing terkadang sangat menyusahkan, terlebih lagi jika kosakata dan tulisannya sangat sulit untuk diingat seperti bahasa Thailand misalnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini telah hadir fasilitas baru kamus bahasa Thailand.

Sejarah Bahasa Thailand

Menurut informasi yang tersebar luas, bahasa Thailand in berasal dari Cina tepatnya di wilayah provinsi Yunnan sepanjang tepi sungai Kuning. Kabarnya, dahulu ada seorang pembicara pertama yang bisa berbahasa Thailand ada di sana bahkan juga lahir kerajaan pertama Thailand di abad ke 7.

Tempat pemukiman tersebut ada sampai dengan abad ke -12, akan tetapi saat Kubilai Khan menyerbu daerah itu penduduk Thailand pindah dari sana atau lebih tepatnya mereka diusir. Setelah kerajaannya runtuh, yang awal pindah ke daerah Selatan kini menetap di wilayah Thailand hingga saat ini.

Sejak sampai saat inilah penduduk Thailand hanya bisa berbicara dalam satu bahasanya saja, yaitu bahasa mereka sendiri Thailand. Bahkan hingga sekarang ada sekitar 60 juta orang yang bisa berbahasa ini, selain itu juga tersebar ke Burma, Laos, Vietnam, dan juga Cina.

Tulisan Dalam Bahasa Thailand

Pasti Anda sudah tahu bukan bagaimana bentukan dari tulisan bahasa Thailand itu? Biasanya banyak orang menyebutnya sebagai tulisan yang paling susah untuk dibaca. Bagaimana tidak, pasalnya tulisan tersebut membentuk keriting atau lebih tepatnya seperti aksara Jawa jaman dulu.

Namun, bedanya aksara Jawa masih bisa dikenali. Beda lagi dengan bahasa Thailand, Anda perlu mempelajarinya lebih banyak terlebih dahulu. Tulisan bahasa Thailand sendiri, termasuk ke dalam jenis aksara abugida. Lebih tepatnya bagian jenis penulisan suku kata serta menjadi penengah antara penulisan suku kata / alfabet.

Sedangkan penulisan di dalam suku kata itu sendiri, memberikan tanda bahwa satu tanda dapat digunakan untuk 1 suku kata saja. Seperti yang Anda ketahui pada tulisan hiragana dan katakana dalam Jepang. Itu menggunakan penulisan suku kata. Seperti itulah maksud dari tulisan Thailand.

Tentang Bahasa Thailand

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bahasa Thailand atau tulisannya juga merupakan salah satu bukti sejarah yang paling berkesan dalam hidup masyarakat di sana. Mengingat bahasa tersebut berasal dari Cina yang awalnya mereka hidup di sana, lalu pindah.

  1. Berbagai Konsonan Serta Sistem Vokal Bahasa Thailand

Di dalam bahasa Thailand yang begitu unik, terdapat sekitar dua puluh konsonan yang tertulis lagi ke dalam empat puluh tiga karakter serta enam belas vokal dalam tiga puluh dua karakter. Tidak hanya itu saja, bahasa Thailand juga memiliki lima simbol nada dan juga tujuh tanda diakritik.

Dalam rangka mempelajari bahasa Thailand, Anda perlu belajar mengenai hal ini juga. Selain berlatih kosakata, mengetahui berbagai konsonan dan juga sistem vokal sangatlah penting. Pelajari secara perlahan-lahan, karena dengan latihan maka sedikit demi sedikit pasti bisa membaca huruf tersebut.

  1. Karakter Dalam Penulisan Konsonan Bahasa Thailand

Ketika Anda menggunakan kamus bahasa Thailand untuk belajar bahasa asing tersebut, maka pertama-tama akan selalu menemukan karakter dari semua kata yang berawalan konsonan. Kemudian, setelah konsonan akan ada kata baru lagi yang diawali dengan adanya huruf vokal.

Dari semua jenis kata konsonan dan juga vokal pastilah memiliki bunyi yang berbeda-beda, dalam bahasa Thailand ini mungkin agak sedikit berbeda dari bahasa asing lainnya. Jadi, Anda perlu berlatih pelan-pelan untuk mengucapkannya. Lalu setelah belajar pelafalan, selanjutnya menulis huruf.

  1. Proses Penulisan Huruf Vokal Dalam Bahasa Thailand

Ketika Anda memilih untuk mempelajari bahasa Thailand, maka pelajari juga terkait bagaimana cara menulis huruf vokalnya. Bahasa ini memiliki banyak sekali model penulisan untuk huruf vokalnya, bahkan pengucapannya juga bermacam-macam. Mulai dari yang singkat sampai dengan panjang.

Bahkan huruf vokal tersebut bisa diucapkan dengan kombinasi antara singkat dan panjang. Namun, bagi Anda yang masih dalam tahap belajar bahasa Thailand, ada baiknya menghafal huruf-hurufnya terlebih dahulu. Setelah itu baru mencoba mengucapkannya, akan lebih baik jika ada guru yang mendampingi.

  1. Proses Belajar Menulis Abjad Bahasa Thailand

Bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Thailand, ada baiknya tidak belajar menggunakan komputer, namun akan lebih baik memakai cara tradisional saja. Tujuannya agar proses penulisan abjad seperti ini akan lebih mudah dimengerti dan cepat bisa.

Pertama-tama, coba menghafal abjad bahasa Thailand-nya terlebih dahulu lalu mempraktekkannya dengan cara menulisnya ke kertas menggunakan pensil saja. Langkah awal, semua tandanya Anda tulis dalam 1 garis, untuk karakter biasanya bisa ditulis dari dalam, jika tak bisa mulai dari sisi kiri.

  1. Penulisan Suku Kata Bahasa Thailand

Inilah yang menjadi keunikan belajar bahasa Thailand, mengingat proses menulis bahkan mengucapkan kosa katanya saja sudah memiliki ciri khasnya tersendiri. Sama halnya pada penulisan suku kata yang terdiri dari berbagai macam jenis. Terkadang ada dua bahkan tiga suku kata.

Kemudian, suku kata tersebut membentuk menjadi satu kata. Suku kata tunggal yang ada dalam bahasa Thailand ini, memiliki karakter huruf dan konsonannya sendiri-sendiri. Lalu akan bertambah lagi menjadi suatu karakter untuk huruf vokalnya.

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Thailand

Sebagai penunjang belajar bahasa asing, di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini telah ada yang namanya kamus elektronik. Jadi, setiap pelajar yang ingin belajar berbahasa asing tidak perlu bersusah payah membeli buku asli. Itu karena mereka bisa mengakses melalui aplikasi kamus Maknaa.com.

  1. Belajar Bahasa – LinGo Play

Salah satu aplikasi belajar bahasa Thailand paling banyak orang gunakan, yaitu Belajar Bahasa – LinGo Play. Anda bisa mengakses aplikasi satu ini secara gratis, materi yang terdapat di dalamnya juga sangat beragam. Mulai dari kosa kata seperti kata benda, kerja sampai dengan kata ganti / frase.

Tidak sampai di situ saja, kelebihan dari aplikasi ini juga berlanjut. Seperti dapat mengajarkan pengguna untuk bisa berkenalan menggunakan bahasa Thailand dengan baik, yaitu memakai cara mudah serta detail. Materinya dibuat seinteraktif mungkin, supaya setiap pelajar tak bosan.

  1. Learn Thai – Phrasebook

Aplikasi selanjutnya datang dari Learn Thai – Phrasebook, merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda akses secara gratis melalui Play Store. Materi yang ada di dalam aplikasi ini cukup beragam juga, ada kosa kata yang begitu melimpah beserta dengan tema yang berbeda-beda tiap tingkatan.

Uniknya lagi, aplikasi Learn Thai – Phrasebook ini bisa mengupas secara tuntas terkait ungkapan dalam bahasa Thailand. Jadi, setiap pengguna akan mengetahui artinya setiap kalimat. Bahkan ada audio penunjangnya juga, sehingga Anda bisa tahu bagaimana cara mengucapkan kosa katanya.

  1. Belajar Bahasa Thai – Buku Ungkapan / Penerjemah

Di dalam aplikasi Belajar Bahasa Thai – Buku Ungkapan / Penerjemah ini setiap penggunanya dapat bertemu dengan native asli dari negeri Thailand. Tujuannya simpel, supaya mereka akan lebih mudah belajar terkait materi mendengarkan atau berbicara.

Terkadang setiap pelajar yang ingin mempelajari suatu bahasa asing, akan lebih cepat untuk bosan karena cara pembelajarannya memang monoton / membosankan. Namun, dengan aplikasi ini mereka akan belajar dengan senang, Anda juga bisa menerjemahkan bahasa lain ke Thailand di sini.

Seperti itulah penjelasan secara mendalam terkait kamus bahasa Thailand. Selain kamus bahasa thailand, pada website ini juga terdapat kamus bahasa Daerah dan kamus bahasa Karo. Beserta dengan pembahasan mengenai cara untuk belajar bahasa tersebut dengan baik dan mudah, hanya dengan bermodalkan kamus. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Kamus Bahasa Karo dan Beberapa Pelafalannya

0

Kamus Bahasa Karo

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin bertambah pesat, membuat pembelajar bahasa secara konvensional menjadi tidak efektif lagi. Terlebih lagi akan memakan waktu yang lama, apalagi jika lawan bicara memiliki pengetahuan terbatas. Oleh karena itu, muncul kamus bahasa Karo untuk membantu Anda dalam belajar.

Pengertian Bahasa Karo

Bahasa Karo merupakan bahasa yang berasal dari suku Karo sendiri. Mereka mendiami dataran tinggi Karo, yaitu di Kabupaten Karo, langkat, Dairi, Deli Serdang, Medan bahkan sampai dengan Aceh Tenggara. Menurut informasi, bahasa ini ditulis dengan menggunakan aksara Karo sendiri.

Biasanya orang menyebutnya sebagai Surat Aru / Haru merupakan turunan asli dari aksara Brahmi yang berasal dari India kuno. Akan tetapi, tidak banyak orang yang bisa menulis serta memahami aksara Karo ini. Justru sebaliknya aksara Latin yang banyak mereka gunakan sehari-hari.

Sedangkan jumlah penutur dari bahasa Karo sendiri berjumlah sekitar 600.000 orang yang sudah ada sejak tahun 1991. Sama seperti bahasa daerah Indonesia lainnya, bahasa Karo ini mempunyai keunikannya sendiri. Terlebih lagi pada penggunaan kata tunggal, memiliki artinya masing – masing.

Mengenal Aksara Karo

Sebagai bagian dari bahasa Karo, aksara Karo ini juga seringkali orang sebut dengan Surat Ukat atau Haru / Aru. Salah satu tulisan daerah yang ada di Indonesia, tumbuh dan berkembang dengan baik serta masih masyarakat Karo gunakan hingga saat ini. Meskipun sebagian lagi menggunakan aksara Latin.

Tulisan Karo merupakan suatu kumpulan dari banyaknya tanda, karakter maupun simbol yang bertujuan untuk menyatakan sesuatu. Pemakaiannya sendiri sudah disepakati oleh masyarakat dari Karo itu sendiri. Aksara ini adalah milik dari masyarakat etnis, bahkan tersebar di pesisir timur Sumatera.

Tidak hanya di pesisir timur Sumatera saja, akan tetapi aksara Karo ini juga tersebar luas hingga dataran tinggi Karo yang terbentang di atas pegunungan Bukit Barisan. Aksara ini patut untuk dilestarikan, mengingat tak banyak orang yang menggunakannya karena memakai aksara Latin.

Beberapa Pilihan Kamus Bahasa Karo

Di era yang semakin canggih seperti saat ini, Anda bisa banyak mempelajari bahasa daerah seperti bahasa Karo ini dengan cukup mudah dari mana saja. Itu karena di zaman sekarang telah ada kamus khusus atau bahkan media / buku / internet yang bisa diakses kapan pun. Kamus tersebut antara lain:

  1. Linggo

Linggo merupakan sebuah platform penerjemahan khusus untuk bahasa Karo yang ada di Indonesia ini. Di dalamnya ada sistem crowdsourcing serta pemberitahuan mengenai biaya dan juga waktu terjemahan secara otomatis. Linggo ini menjadi salah satu solusi dari kendala belajar bahasa daerah.

Dengan adanya Linggo sebagai platform penerjemahan, Anda bisa menerjemahkan bahasa Karo dalam bentuk tulisan maupun gambar, rekaman suara yang diunggah ke dalam platformnya. Sebelum menggunakan Linggo ini setiap pengguna harus melalui tes pilihan ganda terlebih dahulu.

  1. Kamus Karo Offline

Salah satu aplikasi kamus bahasa Karo yang bisa Anda gunakan, yaitu Kamus Karo Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat diakses tanpa adanya data internet. Bahkan ukuran kapasitas memorinya juga tak akan memenuhi RAM di handphone, karena ukurannya hanya sekitar 4,3 MB.

Di dalam aplikasi Kamus Karo Offline, Anda akan menjumpai kosa kata mengenai bahasa tersebut. Bahkan bisa menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Karo atau bahkan sebaliknya. Di sisi lain, kamus Maknaa ini juga menyediakan kosakata angka secara lengkap serta mencari kata yang pengguna inginkan.

  1. Penerjemah Karo – Indonesia

Ada lagi aplikasi bernama Penerjemah Karo – Indonesia yang bisa Anda akses secara offline / tanpa adanya data internet. Bahkan dapat pengguna gunakan kapan saja untuk belajar bahasa Karo. Ukurannya tak membuat kapasitas memori RAM handphone penuh, karena hanya 3,4 MB.

Kelebihan yang terdapat dalam aplikasi Penerjemah Karo – Indonesia ini, yaitu Anda bisa menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Karo atau bahkan sebaliknya. Kemudian, terjemahan tersebut bisa pengguna bagikan ke sosial media mana pun hanya dengan sekali klik. Hasilnya pun 100% benar.

Ulasan Menarik Lain dari Bahasa Karo

Sebagai bahasa daerah yang perlu Anda lestarikan, kenali beberapa makna dan arti dari bahasa Karo ini. Tidak ada bedanya dengan bahasa lainnya, bahasa tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan dialek / cara pengucapannya sangat menarik, seperti saya berganti menjadi aku.

  1. Arti Kata Cantik Dalam Bahasa Karo

Sama halnya dengan bahasa daerah kebanyakan, bahasa Karo ini juga memiliki keunikannya sendiri. Seperti halnya arti dari kata cantik yaitu mberu. Namun, ternyata arti dari kata cantik tersebut tak hanya ada satu artian saja. Melainkan masih ada terjemahan lain yang bisa orang gunakan untuk mengungkapkan arti tersebut.

Artian dari kata cantik tersebut memiliki banyak arti, antara lain seperti “ietehna man bana mberu”, “uli”, “mehuli”,”jile”, “ratam”, “tatam”.Tidak hanya itu saja, kosa katanya pun akan berbeda-beda juga seperti misalnya arti dari perilaku, pakaian dan lain-lain yaitu “erlemet”, wajah berarti “mecirung”.

  1. Bahasa Karo Aku Sayang Kamu

Ungkapan rasa sayang selalu akan terucap oleh banyak orang, baik dari yang masih anak-anak sampai dengan orang dewasa sekali pun. Seperti yang telah Anda ketahui, bahasa daerah itu memiliki keunikannya sendiri. Bahkan pengucapan rasa sayang ini juga akan berbeda-beda.

Seperti pada ungkapan rasa sayang dari bahasa Karo, biasanya kalimat yang seringkali orang gunakan adalah “Hanya dirimu seorang yang dapat meluluhkan hati ini. Hanya Kaulah yang aku inginkan menjadi pendamping hidup” menjadi “Kam ngenca ibas pusuhku, kam ngenca kuharapkan teman geluhku”.

  1. Angka Dalam Bahasa Karo

Sama halnya seperti bahasa asing maupun daerah lainnya, setiap pengucapan hingga arti kosa kata pasti berbeda-beda. Seperti bahasa Jawa angka 1 artinya “Siji”, dua “Loro” dan lain-lain. Begitu pula yang ada pada bahasa Karo.

Meskipun angka lainnya terkadang memiliki kesamaan dengan bahasa daerah lain, akan tetapi arti angka bahasa Karo cukup unik. Seperti misalnya saja, satu menjadi “Sada”, dua tetaplah “Dua”, tiga sama seperti bahasa Jawa yang berarti “Telu”, empat masih berarti “Empat, dan lima “Lima”.

  1. Hewan Dalam Bahasa Karo

Kemudian, ada arti unik lagi dari bahasa Karo yaitu atas nama hewan. Mengapa unik? Itu karena sebutan setiap hewan tersebut terkadang terdengar aneh namun tetap ada kesan keunikannya. Seperti misalnya saja pada arti ikan menjadi “Nurung”.

Tidak hanya itu saja, masih ada lagi setiap nama hewan dalam bahasa Karo yang unik lainnya. Seperti anjing menjadi “Biang”, burung “Perik”, cacing “Gaya”, ular “Nipe”. Bagaimana, unik bukan? Kesannya seakan berkaitan erat dengan gaya hidup.

  1. Bahasa Tanaman dan Buah Dalam Bahasa Karo

Selanjutnya, ada arti dari nama tanaman dalam bahasa Karo yang tak kalah uniknya. Sedangkan, untuk pengucapannya sendiri / dialeknya, tentu saja berbeda-beda setiap daerah. Seperti contoh akar menjadi “Urat”, daun artinya menjadi “Bulung”, rumput “Dukut”.

Sedangkan arti dari buah dalam bahasa Karo, seperti misalnya jika Anda menyebut buah maka sebutannya bahasa Karo tetaplah sama. Namun, berbeda lagi jika mengucapkan nama atau bagian dari buah itu sendiri. Misalnya biji justru masyarakat ucapkan dengan “buah”.

Demikian penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Karo. Temukan juga kamus bahasa daerah dan kamus bahasa Cina hanya di situs Maknaa. Beserta dengan arti dari setiap ungkapan dan nama lainnya. Sebagai bahasa daerah yang unik, terkadang mempelajari bahasa ini cukup sulit dan membingungkan. Namun, Anda bisa terbantu dengan adanya kamus tersebut.

Kamus Bahasa Daerah di Indonesia

2

Kamus Bahasa Daerah

Sama halnya ketika Anda mempelajari bahasa asing, dengan belajar bahasa dalam negeri metodenya juga sama saja. Hanya bermodalkan serius, semangat dan jangan pernah menyerah jika menemukan kesulitan. Semuanya akan terlewati, kemudian juga memakai kamus bahasa daerah.

Apa itu Kamus Bahasa Daerah?

Proses pembelajaran bahasa asing maupun daerah, semuanya sama saja. Hanya setiap orang pastilah memiliki caranya sendiri-sendiri. Seperti halnya dengan menggunakan kamus khusus sebagai acuannya. Mengingat kamus memang dapat membantu setiap orang untuk menemukan kata terkait.

Kamus bahasa daerah ini juga akan membantu Anda dalam proses pembelajaran. Di dalamnya pasti akan jauh lebih lengkap dan terstruktur, sehingga metode belajar menjadi runtut dan tidak membuat bingung. Jadi, ada baiknya menggunakan kamus dan mempelajarinya secara rutin supaya hafal.

Penghafalan suatu kosakata dari bahasa daerah ini sangatlah penting, sebelum melangkah ke materi yang lebih sulit seperti percakapan. Pastilah Anda harus mengetahui kosakatanya terlebih dahulu, baru kemudian mencoba mempraktikkannya. Di dalam kamus juga pastinya ada contoh percakapan.

Beberapa Bahasa Daerah di Indonesia

Bahasa daerah yang ada di Indonesia sudah pasti sangat banyak serta terdiri dari keunikan masing-masing. Namun, dari banyaknya bahasa tersebut tidak semuanya terpakai. Akan tetapi ada beberapa bahasa yang hingga saat ini banyak masyarakat gunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Bahasa Jawa

Salah satu bahasa daerah yang hingga saat ini masih masyarakat gunakan, yaitu bahasa Jawa. Jika menjumpai materi pembelajaran sekolah dasar, bahasa daerah ini sangatlah umum dan patut untuk dipelajari sejak dini. Biasanya bahasa ini banyak orang gunakan dari Jawa Tengah dan juga Timur.

Tidak hanya itu saja, ternyata bahasa daerah ini memiliki penutur bahasa Jawa yang sudah tersebar ke luar negeri. Antaranya di Malaysia, Singapura, Suriname, dan Kaledonia Baru. Bahasanya sendiri mempunyai tingkatan, mulai dari Ngoko, Krama dan Madya. Seperti yang halus sampai dengan kasar.

  1. Bahasa Madura

Pernahkah Anda menjumpai seseorang yang memiliki logat atau cara berbicaranya yang cukup cepat? Terlebih lagi kosakatanya berbeda dari bahasa kebanyakan. Bisa jadi orang tersebut merupakan orang madura, mengingat orang di sana memiliki dialek yang cukup cepat dalam bicara.

Bahasa Madura ini biasanya banyak orang gunakan di kawasan pantai Utara Jawa Timur juga, jadi tidak hanya di pulau Madura saja. Bahkan penuturannya juga berada di wilayah Surabaya sekitarnya Malang, Kalimantan sampai dengan Masalembo. Bahasa ini terpengaruh oleh Melayu, Bugis, Jawa dan Tionghoa.

  1. Bahasa Sunda

Tahukah Anda bahwa bahasa Sunda ini memiliki banyak penuturan yang terdapat di pulau Jawa bagian Barat. Tidak hanya itu saja, masyarakat yang ada di sana juga telah banyak melakukan migrasi ke tempat lain. Sama seperti bahasa Jawa pada umumnya, bahasa ini mempunyai dialek.

Dialeknya juga cukup bervariasi, seperti dialek barat daerah Banten Selatan, dialek utara di Bogor, dialek selatan / priangan di Bandung, dialek tengah timur Majalengka, timur laut di Kuningan dan yang terakhir tenggara di Ciamis. Itulah mengapa banyak orang, Sunda sangatlah unik dan menarik.

  1. Bahasa Musi dan Bugis

Bahasa Musi ini merupakan bahasa yang banyak penutupnya, iaitu berasal dari sepanjang hulu dan juga hilir di sungai Musi provinsi Sumatera Selatan. Biasanya bahasa tersebut seringkali banyak orang sebut sebagai bahasa Sekayu serta Palembang. Kemudian, ada lagi bahasa Bugis.

Bahasa Bugis ini juga memiliki penutur yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tidak hanya itu saja, kabarnya penutur bahasa Bugis juga berasal dari daerah yang lain. Seperti di provinsi Sulawesi, yang pastinya bukan di daerah Kalimantan, Papua, Maluku, Sabah (Malaysia), Sumatera dan lain-lain.

  1. Bahasa Minangkabau dan Banjar

Bahasa Minangkabau juga merupakan salah satu bahasa daerah yang hingga saat ini masih orang gunakan sebagai bahasa sehari-hari. Penuturannya berasal dari provinsi Sumatera Barat, di bagian barat yaitu Riau dan Malaysia (Negeri Sembilan). Selain itu juga ada di daerah lain, karena orang sana banyak merantau.

Kemudian, juga ada bahasa Banjar merupakan bahasa yang memiliki penuturan oleh suku Banjar di Kalimantan bagian Selatan. Tidak hanya itu saja, penuturannya juga berasal dari daerah lain seperti pada Kalimantan Timur, Tengah, Riau serta Kabupaten Indragiri Hilir.

  1. Bahasa Bali dan Aceh

Bahasa daerah yang lain termasuk bahasa Bali juga, bahasa ini merupakan bahasa yang dituturkan oleh warga dari pulau Bali, ujung timur pulau Jawa dan juga Lombok. Sedangkan di daerah Lombok, bahasa ini justru memiliki penuturan di sekitar kota Mataram. Untuk pulau Jawa di Banyuwangi.

Kemudian, ada bahasa Aceh yang sampai saat ini menjadi bahasa daerah paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bahasa ini memiliki penutur yang berasal dari pesisir, sebagian dari kepulauan Aceh serta pedalaman. Terkecuali tiga kecamatan di Aceh bagian Timur.

Tips Belajar Bahasa Daerah dengan Baik dan Cepat

Dengan mempelajari bahasa daerah ini, Anda akan mudah untuk bisa lebih akrab dengan masyarakat dari daerah lain. Nah, untuk dapat belajar bahasa ini tentu saja harus melalui beberapa cara supaya tidak menemukan kesulitan di tengah jalan. Apalagi belajar itu harus terstruktur.

  1. Memiliki Niat yang Kuat

Saat hendak melakukan sesuatu untuk dapat mencapai tujuan, niat adalah salah satu hal yang paling mempengaruhi Anda. Sama halnya pada saat belajar bahasa daerah ini, para pelajar harus memiliki niatan yang kuat. Supaya tidak akan mudah mengeluh ketika menemukan kesulitan.

Sebenarnya, sudah menjadi hal yang paling umum untuk bisa berhasil melakukan sesuatu, niat harus Anda tanam dalam diri. Supaya bisa menanam niat kuat ini, ketahuilah apa saja keuntungan yang nantinya bisa didapatkan ketika sudah selesai menguasai tujuan.

  1. Menemukan Sisi Fun-nya

Kemudian, dalam belajar bahasa daerah Anda juga harus bisa menemukan sisi menarik atau fun-nya. Tidak semua orang merasa senang belajar bahasa ini, mengingat karakter setiap orang itu berbeda-beda. Oleh karena itu, pikirkan bahwa dengan belajar bahasa daerah maka akan dapat apa.

Seperti misalnya, Anda bisa mendapatkan ilmu yang berlebih. Jadi, ketika mengunjungi suatu tempat yang sebelumnya sudah belajar bahasa daerah tersebut, maka akan dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang ada di sana tentu saja. Bukankah itu menjadi jauh lebih menarik?

  1. Belajar Percakapan Bahasa Daerah

Salah satu tips supaya proses pembelajaran bahasa daerah bisa berlangsung dengan baik dan cepat, Anda perlu melakukan metode khusus yaitu dengan mengetahui percakapan dari bahasa daerah tersebut. Kemudian, terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Hasilnya akan dengan mudah untuk mempraktekkan bersama orang lain, jika Anda melakukannya secara rutin. Jadi, ada baiknya lakukanlah percakapan bersama dengan teman atau keluarga setiap hari menggunakan bahasa tersebut.

  1. Mendengarkan Dialog

Di era yang semakin canggih seperti saat ini, Anda bisa menggunakan sosial media untuk bisa mendapatkan dialog percakapan dari bahasa daerah terkait. Cari saja di Youtube atau blog lain, yang terpenting bisa mendengarkan percakapan secara leluasa.

Dengan mendengarkan percakapan maupun dialog ini, Anda akan semakin terbiasa dengan cara orang dari daerah tersebut bicara. Kemudian, catat beberapa kosakata yang tidak paham lalu cari artinya di internet selepas mendengar audio.

Seperti itulah pembahasan secara lengkap dari kamus bahasa daerah. Anda juga dapat mendapatkan kamus bahasa Cina dan kamus bahasa Belanda pada situs Maknaa.com. Beserta dengan penjelasan kamusnya, bahasa daerah yang masih banyak orang gunakan hingga saat ini sampai dengan membahas mengenai tips belajar secara efisien. Semoga artikelnya dapat membantu Anda.