Kamus Bahasa Arab Online dan Cara Menguasainya

Kamus Bahasa Arab Online

Bagi umat muslim pasti sudah tak asing lagi dengan adanya kamus bahasa Arab ini. Namun, tidak semua kamus tersebut memiliki kualitas dan isi yang berdasar pada arti yang tepat. Jadi, Anda pun harus selektif dalam memilihnya agar tak salah tafsir. Ketahui semuanya di kamus bahasa Arab online.

Pilihan Terbaik Kamus Bahasa Arab Online

Dalam perkembangan zaman yang semakin canggih seperti saat ini, akan semakin mudah juga seseorang mencari apa yang mereka inginkan. Sama halnya dengan Anda yang ingin belajar bahasa Arab, akan tetapi tidak punya bukunya. Sederhana saja, karena semua itu terdapat di kamus online Maknaa.

  1. Google Translate

Siapa yang tidak mengenal dengan kamus legendaris satu ini? Semua orang pasti sudah mengenalnya. Di dalam kamus / terjemahan ini, terdapat banyak sekali bahasa dari seluruh dunia yang bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan beberapa kata. Termasuk dalam bahasa Arab.

Google translate ini menyediakan layanan translator yang sangat lengkap, untuk dapat mencobanya mudah saja. Anda bisa mengunjungi website resminya atau mendownload aplikasinya secara langsung di google play store secara gratis. Setelah masuk, akan ada kotak terjemah di sana.

  1. Kamus Javakedaton

Kemudian, ada kamus bahasa Arab bernama Javakedaton. Namun, terdapat kekurangan yang sangat mengganggu dalam situs ini, yaitu adanya iklan yang banyak sekali. Alhasil, kesannya tidak membuat nyaman para pengguna yang ingin menerjemahkan beberapa ke dalam bahasa Arab.

Namun, di samping kekurangan tersebut kamus Javakedaton ini merupakan salah satu kampus yang memiliki terjemahan kata dari bahasa Arab ke Indonesia yang cukup bagus. Apalagi interface-nya tidak akan membuat bingung para pengguna pemula yang pertama kali mengakses situs tersebut.

  1. com

Salah satu kamus bahasa Arab yang paling banyak orang gunakan, yaitu Qaamus.com. Mereka lebih memilih menggunakan kamus ini karena isinya sangatlah lengkap. Tidak hanya kata atau 1 kata saja yang diterjemahkan, tetapi ada juga beberapa contoh variasi dari kata dasar yang ada.

Interface dari situs ini sangat menarik dan sederhana, dalam sekali lihat tidak akan membuat bingung para penggunanya. Arti dari bahasa Arabnya juga sangat lengkap dan terbaca dengan tulisan yang jelas, karena fontnya sendiri tidak terlalu kecil namun juga tidak besar. Anda patut mencobanya.

Sejarah Kamus Bahasa Arab di Indonesia

Awal mula keberadaan kamus bahasa Arab Indonesia ini, berasal dari kamus Arab Melayu. Ada beberapa kamus bahasa Arab Indonesia cetak yang sangat mahsyur di Indonesia, seperti kamus yang disusun oleh Mahmud Yunus di tahun 1972. Sedangkan kamus Al-Munawwir oleh Ahmad Warson Munawwir tahun 1984.

Tidak hanya itu saja, kamus bahasa Arab ini masih ada lumayan banyak. Seperti kamus kontemporer Arab – Indonesia oleh Atabik Ali Ahmad Zuhdi Muhdlor di tahun 1996. Kamus Indonesia – Arab dan Arab – Indonesia Al-Bisri oleh K.H. Adib Bisri dan juga K.H. Munawwir Af di tahun 1999 dan lain-lain.

Percaya atau tidak, dari kamus yang telah disebutkan tersebut masih merupakan sebagian kecilnya saja dari kebanyakan kamus bahasa Arab yang ada di Indonesia. Begitu pula dengan kamus kecil Arab – Indonesia atau sebaliknya. Namun, semua itu tentu saja membantu umat muslim yang belajar.

Cara Belajar Bahasa Arab

Meskipun bukan sebuah keharusan untuk bisa menguasai bahasa Arab, akan tetapi dari sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia masih ingin mengetahui bagaimana rasanya mempelajari bahasa tersebut. Terlebih lagi bagi seorang umat muslim, tidak lengkap rasanya jika tak tahu bahasa tersebut.

Tentukan bahasa Arab yang ingin Anda pelajari, apakah bahasa Arab standar modern, klasik (Al-Qur’an) / sehari-hari. Setelah menentukannya, pahami alfabet beserta kamusnya. Lalu lakukan pembelajaran di rumah dengan suasana yang hening. Tujuannya agar bahasa Arab mudah Anda ingat dan pahami.

Namun, akan lebih baik mengikuti kursus daring juga atau mencoba untuk mendaftar kursus bahasa Arab jika ada waktu luang. Kemudian praktikkan bahasa Arab-nya secara rutin.

Anda pun juga bisa berteman dengan penutur yang asli. Tujuannya, supaya ketika salah membaca akan diajarkan sampai benar. Namun, Proses cara belajar bahasa Arab ini perlu Anda lakukan setiap hari / rutin agar bisa maksimal.

Beberapa Tips Mempelajari Bahasa Arab

Dalam setiap proses pembelajaran itu, semuanya harus Anda lakukan dengan serius dan telaten serta sabar. Maka hasilnya juga akan baik, terlebih lagi dalam belajar bahasa Arab. Lalu bagaimana tips mudahnya?

  1. Memiliki Niat yang Tulus

Percayalah, jika Anda memiliki niat yang tulus untuk melakukan sesuatu. Maka hati akan menjadi tenang dan lega, ibaratnya sebagai penerang hati. Semakin seseorang tersebut tulus, jalannya akan Allah SWT mudahkan. Termasuk dalam menjalani proses pembelajaran bahasa Arab ini.

Niat yang tulus dalam melakukan pembelajaran bahasa Arab, memiliki tujuan untuk dapat memudahkan setiap umat muslim belajar agama Allah SWT. Itu karena nas syariat termaktub di dalam bahasa tersebut. Serta mempelajarinya adalah salah satubagian dari agama Islam.

  1. Mengikuti Kelas Daring

Pada dasarnya, mengikuti tempat belajar seperti layaknya pondok maupun lembaga belajar agama lain jauh lebih baik daripada ikut kelas online. Mengingat proses pembelajarannya akan jauh lebih terstruktur daripada online. Terlebih lagi Anda bisa bertatap muka dengan guru secara langsung.

Berbeda dengan kelas daring / online. Namun, tak bisa terelakkan jika setiap individu pastilah memiliki kesibukannya masing-masing. Jadi, tak ada salahnya Anda mengikuti kelas daring. Selama proses pembelajarannya tak pernah berhenti, mengingat bahasa Arab perlu secara rutin muslim pelajari.

  1. Mempelajari Ilmu Sharaf dan Nahwu

Perlu Anda ketahui, bahwa ilmu Sharaf dan juga Nahwu itu merupakan wasilah terbesar yang akan menjembatani setiap muslim memahami berbagai macam teks Arabic seperti Al-Qur’an, hadits atau karya dari para ulama. Tentunya, hal ini akan menjadi keharusan setiap pemula memahami 2 ilmu tersebut.

Kemampuan dalam berbicara, tentu saja menjadi sesuatu yang harus Anda pelajari jika ingin terjun ke dalam dunia bahasa Arab. Jadi, bagi seorang muslim ada baiknya serius dalam mempelajari hal ini. Jangan terburu mengatakan susah jika belum Anda coba, karena itu semua mulai dari ilmu ini.

  1. Mengenal Akrab Al-Qur’an

Menurut informasi, tilawah Al-Qur’an harian akan membantu setiap pelajar pemula untuk mempelajari bahasa Arab tersebut. Itu sebabnya, tilawah ini akan membuat hati serta pikiran seseorang menjadi akrab dengan kosakata dari Arabic. Jadi, secara tak sadar Anda pun bisa paham dan hafal hal ini.

Tidak hanya itu saja, Mushaf terjemahan baik itu terjemahan per kata maupun tidak. Semuanya juga bisa memberikan andil kepada pelajar pemula yang ingin mendalami bahasa Arab. Hal ini terbukti dari mereka yang dulunya berada dalam posisi ini, karena mereka konsisten dan meluangkan diri baca Al-Qur’an.

Itulah beberapa penjelasan secara mendalam terkait kamus bahasa Arab online. Beserta dengan pembahasan mengenai cara pembelajaran yang baik dan benar, bagi para pemula yang antusias dalam mempelajari bahasa Arab. Baca juga kamus bahasa Jerman dan kamus bahasa Bali.

1 thought on “Kamus Bahasa Arab Online dan Cara Menguasainya”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Melayu dan Tips untuk Menguasainya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *