Kamus Bahasa Bali dengan Ciri Khasnya

Kamus Bahasa Bali

Begitu banyak bahasa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya Bali. Tidak hanya terkenal sebagai destinasi yang paling indah, Bali juga memiliki bahasa yang cukup unik. Dengan kata lain, kurang lengkap jika Anda tidak menggunakannya bila berkunjung ke sana. Jadi, pelajari dari kamus bahasa Bali.

Mengenal Bahasa Sehari-Hari di Bali

Berbagai macam bahasa daerah yang ada di Indonesia pasti bisa Anda pelajari, salah satunya Bali. Dengan belajar bahasa tersebut, akan sangat mudah ketika mengunjungi Bali. Karena dengan begitu bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di sana. Cara belajarnya pun cukup mudah, namun harus telaten dan sabar.

  1. Kenken Kabare dan Rahajeng Semeng

Sebagai proses dalam belajar bahasa Bali, ada baiknya Anda memulainya dengan mengenali kosakata yang seringkali banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya saja “Kenken Kabare” yang memiliki “Apa Kabarnya?”. Nah, untuk menjawabnya jawab saja “Becik-becik” / baik-baik.

Sedangkan untuk kosakata “Rahajeng Semeng” memiliki arti “Selamat Pagi”. Anda bisa mengucapkannya kepada orang di Bali sebagai ucapan pembuka. Jika telah berganti hari, cukup ganti saja menjadi “Rahajeng Siang” yang berarti “Selamat Siang”. Begitu pula dengan hari lainnya.

  1. Tiang Tresna Ajak Adi dan Matur Suksma

Tidak hanya itu saja, bahasa Bali lainnya juga terdapat dalam kosakata “Tiang Tresna Ajak Adi”. Biasanya kosakata ini akan terucap oleh seseorang yang sedang jatuh cinta kepada perempuan dan merupakan bahasa dari Bali untuk pacar / kekasih. Jadi, artinya adalah “Aku Cinta Sama Kamu (Adik)”.

Kemudian, ada juga kosakata “Matur Suksma” yang memiliki arti “Terima Kasih”. Namun, Anda juga bisa menyingkatnya menjadi “Suksma” artinya juga tidak akan berbeda jauh alias sama saja. Jadi, jangan lupa untuk mengucapkan bahasa Bali satu ini ketika sudah mendapatkan bantuan di sana.

  1. Ngudiang dan Aji Kuda Niki

Ada lagi bahasa Bali yang seringkali menjadi bahasa sehari-hari dan selalu orang gunakan sebagai basa-basi. Seperti “Ngudiang” yang memiliki arti “Lagi Ngapain?” Biasanya anak muda di sana selalu menggunakannya. Lalu dijawab oleh lawan bicara “Melali” yang artinya “Jalan-Jalan”.

Kemudian, ada lagi bahasa Bali yang seringkali Anda jumpai di tempat perbelanjaan. Kosakata tersebut ialah “Aji Kuda Niki?” yang memiliki arti “Berapa Harganya Ini?” Namun, bisa juga Anda singkat menjadi “Kuda Niki?” artinya juga tidak berubah alias masih sama saja. Jadi, terserah ingin pakai yang mana.

  1. Dija

Kosakata yang tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari di Bali, terutama pada anak muda yaitu “Dija”. Arti dari kosakata tersebut adalah “Di mana?” Tidak hanya kaum muda saja, akan tetapi orang dewasa juga seringkali menggunakan bahasa tersebut jika ingin menanyakan lokasi kerabat.

Ketika Anda sampai di Bali, cobalah untuk mengikuti gaya orang di sana. Pasti suasananya akan menjadi lebih beda dari hanya sekedar berkunjung untuk berlibur saja. Seakan seperti sudah menjadi bagian dari masyarakat di sana, bahasa Bali sangatlah unik dan menarik untuk dipelajari bersama.

Cara Cepat Belajar dalam Bahasa Bali

Mempelajari bahasa daerah, tentu saja sangatlah penting. Apalagi ketika nantinya Anda mengunjungi daerah tersebut. Tujuannya tidak lain adalah untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di wilayah itu. Sama halnya dengan belajar bahasa Bali, jadi tak hanya sekedar berkunjung melainkan mengerti bahasanya juga.

  1. Memperbanyak Belajar Kosakata Sehari-hari

Salah satu cara agar Anda cepat dalam belajar bahasa Bali, yaitu dengan memperbanyak belajar kosakata sehari-hari yang ada di Bali. Biasanya setiap orang akan mudah menangkap satu per satu kata yang seringkali orang katakan saat melakukan percakapan dengan lawan bicaranya.

Namun, tidak perlu menunggu tiba di Bali Anda baru belajar bahasanya. Dengan mencari materi, seperti kosakata dan percakapan di internet maka proses pembelajaran juga akan berjalan lancar. Bahkan, bila perlu menggunakan kamus bahasa Bali saja supaya lebih meyakinkan artinya.

  1. Memperbarui Kosakata Hampir Setiap Hari

Jika ingin cepat bisa dalam menguasai bahasa Bali itu Anda perlu memperbarui kosakatanya setiap hari. Meskipun setiap orang memiliki daya ingatnya masing-masing, akan tetapi dengan menggunakan cara satu ini dijamin akan berhasil. Itu karena seseorang yang belajar harus mengasah otaknya lebih sering.

Sama seperti saat Anda memperbarui kosakata dari bahasa Bali setiap hari. Paling tidak tambahkan tiga sampai dengan lima kosakata setiap harinya. Tujuannya agar mudah ingat secara cepat, lalu seseorang yang sedang belajar juga harus serius tidak boleh main-main dan mudah bosan.

  1. Mempraktikkan Pengucapan Kosakata Bahasa Bali

Setelah Anda memperbanyak dan juga memperbarui berbagai macam kosakata dari bahasa Bali, selanjutnya mencoba untuk mempraktekkannya sendiri. Jika ingin menguasai suatu bahasa daerah atau asing sekali pun. Tentu saja hal ini sangat perlu Anda lakukan.

Lakukanlah pengucapan kosakata bahasa Bali-nya secara bertahap dan rutin setiap hari dan perlahan-lahan. Daya ingat akan semakin bagus jika Anda dengan telaten dan sabar mengingatnya pelan-pelan. Jadi, selagi mempraktikkan kosakatanya maka otak akan menyimpan bahasa tersebut.

Cara Menemukan Kamus Bahasa Bali

Setiap bahasa pastilah memiliki keunikannya sendiri, sama seperti bahasa Bali. Jika Anda ingin mempelajarinya, ada baiknya banyak berlatih secara rutin supaya menjadi terbiasa. Lalu lebih baik lagi bila menggunakan kamus khusus sebagai penunjang. Supaya bisa belajar secara maksimal.

  • Pastikan data internet Anda memiliki jaringan stabil
  • Bukalah chrome di PC atau laptop Anda
  • Bukalah google
  • Ketikkan di mesin pencarian google dengan “kamus bahasa Bali”
  • Akan muncul beberapa rekomendasi kamus bahasa Bali
  • Anda cukup pilih salah satunya saja
  • Akan ada juga kamus yang hanya tersedia kosakatanya saja
  • Simpan ke bookmark supaya mudah untuk Anda buka kemBali
  • Atau Anda juga bisa memilih link yang mengarahkan ke google play
  • Klik saja, kemudian unduh aplikasi bahasa Balinya di sana
  • Proses untuk menemukan kamus bahasa Bali telah selesai

Cara Belajar Bahasa Bali Selain Kamus

Dalam proses pembelajaran sesuatu, Anda harus menjadi seseorang yang sabar dan selalu tekun mencoba hal baru. Mengingat proses belajar tidak langsung dapat dirasakan secara instan, akan tetapi juga perlu tahapan – tahapannya terlebih dahulu. Sama seperti belajar bahasa Bali tanpa kamus.

  • Buka google di PC atau laptop Anda
  • Pastikan data internet Anda jaringannya stabil
  • Kemudian, cobalah ketik di mesin pencarian google
  • Ketikkan “kosakata bahasa Bali”
  • Akan muncul berbagai macam situs kosakata bahasa Bali
  • Belajar kosakata bahasa Bali terlebih dahulu sebelum ke percakapannya
  • Ada baiknya, simpan juga situs tersebut ke bookmarks
  • Kemudian, kemBali ke mesin pencarian google lagi
  • Ketikkan “contoh percakapan bahasa Bali”
  • Pilih salah satu dari situs yang muncul
  • Lalu Anda simpan juga ke bookmarks supaya mudah untuk mempelajarinya
  • Jangan lupa untuk belajar kosakata dan percakapan bahasa Bali secara rutin
  • Akan lebih baik jika Anda sambil mencatat, supaya tersimpan dalam ingatan juga
  • Proses belajar bahasa Bali selain kamus telah selesai

Itulah penjelasan secara detail dari kamus bahasa Bali. Beserta dengan beberapa pembahasannya seperti, mengenal bahasa sehari-hari di Bali, cara untuk menemukan kamusnya, cara belajar selain dengan kamus, cara cepat untuk bisa menguasai bahasa tersebut. Pada situs https://www.maknaa.com/ terdapat juga kamus bahasa Inggris Online dan kamus bahasa Korea.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *