Kamus Bahasa Batak agar Cepat Bisa

Kamus Bahasa Batak

Indonesia sangatlah kaya akan keunikan dan keanekaragaman budayanya, tiap daerah memiliki banyak ciri khas yang sungguh menarik. Mulai dari pakaian tradisionalnya, tempat tinggal, makanan khas sampai dengan bahasanya juga berbeda-beda. Hal ini sama halnya seperti bahasa di Batak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda belajar kamus bahasa Batak sebelum ke sana.

Mengenal Bahasa Khas dari Orang Batak

Bahasa Batak merupakan bahasa yang banyak sebatian besar masyarakat Sumatera Utara tuturkan. Mulai dari Simalungun, Angkola, Toba, Karo, Pakpak, dan Mandailing. Terlebih lagi bagi penduduk yang tinggal pada wilayah seperti Danau Toba serta Tapanuli. Ada begitu banyak kosakata bahasa ini.

Salah satunya adalah kata “Mauliate” yang memiliki arti “Terima Kasih”. Dari padanan kata yang banyak dari bahasa Batak ini, semakin mudah pula Anda belajar bahasa tersebut. Mulai dari percakapan mengenai percintaan, kata sapaan sampai dengan cerita lucu. Kosakatanya terbagi 2.

Jenis yang pertama kasar dan kedua lembut. Namun, dalam kehidupan sehari-harinya bahasa Batak ini terkenal kasar yang seringkali banyak orang gunakan saat melakukan percakapan bersama dengan teman sebaya. Sedangkan bahasa lembutnya, mereka gunakan berkomunikasi dengan orang tua.

Cara Mempelajari Kamus Bahasa Batak

Pasti Anda sudah tahu bahwa bahasa Batak sangat berkaitan erat dengan nadanya yang cukup tinggi. Seperti jika mereka melakukan percakapan, suaranya seakan meletup-letup seperti orang yang sedang marah. Namun, aslinya tidak seperti itu.

Untuk mempelajari teknik bahasa ini, ada beberapa cara tersendiri. Salah satu cara paling simpel, yaitu merekam dialog percakapan. Kemudian cari dialog percakapan bahasa Batak di internet. Lalu coba untuk ikuti kalimatnya satu per satu. Jika sudah lancar, cobalah berkomunikasi dengan bahasa Batak.

Anda juga bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan penutur aslinya. Sebelum mencari dialog percakapan, tentukan temanya dulu. Sebab, menentukan tema akan memudahkan Anda untuk belajar bahasa Batak.

Selain hal di atas, Anda bisa juga mencari kosakata bahasa Batak di internet, kemudian pelajari secara rutin. Di sisi lain, juga bisa mencatat kosakata yang Anda pelajari di note kecil. Bahkan bisa juga dengan mencoba membuat percakapan dengan kosakata sendiri.

Tips Mudah Menguasai Bahasa Batak

Belajar bahasa daerah seperti halnya Batak ini, umumnya telah menjadi suatu hal yang tidak orang anggap penting. Terlebih lagi bahasa Batak bukanlah bahasa nasional yang mengharuskan mereka belajar, seperti bahasa Inggris. Namun, bukanlah anggapan seperti itulah yang menjadi alasannya.

Belajar bahasa, semuanya itu penting-penting saja. Terlepas itu bahasa nasional atau bahkan bukan. Sama seperti bahasa Batak ini, akan lebih berguna lagi bila Anda menginjakkan kaki ke daerah di sana. Selain alasan itu, bahasa Batak ini memiliki keunikan yang jauh berbeda dari bahasa lainnya.

Salah satunya keunikannya sendiri yaitu logat bicaranya. Logat bahasa yang sangat khas, membuat bahasa tersebut menjadikan bahasa Batak terlihat lebih menarik dan unik sampai dengan populer. Biasanya akan terdengar seperti orang yang sedang marah, padahal bukanlah seperti itu maksudnya.

Beberapa Jenis Kamus Bahasa Batak

Untuk dapat mempelajarinya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan kamus sebagai pendamping belajar bahasa Batak. Namun, untuk saat ini belum ada satupun aplikasi berbasis online. Jadi, masih ada offline saja. Akan tetapi, kualitas kameranya juga pastinya tak kalah lebih bagus dari online.

  1. Kamus Batak Offline

Salah satu bentukan kamus yang patut Anda coba sebagai ajang belajar bahasa Batak, yaitu kamus Batak offline. Kamus ini hanya memiliki ukuran sekitar 6,3 MB saja dan tampilan interface-nya pun juga terlihat sederhana. Sehingga akan mudah dipahami oleh semua orang, terutama yang masih pemula.

Meskipun ukurannya yang kecil, akan tetapi fitur yang ada di dalam aplikasi satu ini sangatlah banyak dan bermanfaat bagi semua orang yang ingin belajar bahasa Batak secara mudah. Fitur tersebut antara lain, zoom, copy text, pencarian dan masih banyak lagi. Ada 3 bahasa lain dalam kamus dari Maknaa.com ini.

  1. Kamus Bahasa Batak Online

Dari kebanyakan aplikasi bahasa Batak, hampir seluruhnya memiliki ukuran atau kapasitas memori yang sangat minim. Alhasil, semua orang yang ingin mempelajari bahasa tersebut tidak perlu khawatir akan terhalang oleh daya penyimpanan ponselnya. Bahkan bisa mereka akses secara online.

Ini artinya kamus tersebut tidak sama halnya seperti kamus dalam bentuk buku, namun Anda perlu menggunakan data internet untuk membuka kamusnya. Di dalam aplikasi satu ini, tidak hanya tersedia bahasa Indonesia dengan Batak saja. Namun, juga ada fitur kuis yang akan menguji skill.

  1. Jong Batak Entertainment

Berbeda dari kamus bahasa Batak sebelumnya, Jong Batak Entertainment ini justru merupakan channel yang berasal dari youtube khusus untuk semua orang yang ingin belajar bahasa Batak. Isi kontennya pun sangat menghibur, berbagai macam video tentang budaya Batak semuanya ada.

Bahkan video yang channel tersebut unggah, isinya merupakan hal-hal yang cukup lucu dan lagi ditambah dengan selera humor yang lumayan tinggi. Bahkan, setiap orang yang mempelajari bahasa Batak bisa berlangsung dengan mudah. Apalagi di dalamnya juga membahas kesenian Batak.

  1. All About Batak Toba

Kemudian, selain dari Jong Batak Entertainment ada lagi channel youtube yang tak kalah menariknya. Nama channel tersebut adalah All About Batak Toba, meskipun isinya hanya sebatas bahasa Batak Toba saja. Namun, konten yang ada di dalamnya tak boleh Anda lewatkan sedikitpun.

Semua hal yang patut Anda pelajari begitu luas tersedia di dalam channel tersebut. Tak hanya sebatas belajar bahasa Batak saja, akan tetapi budayanya pun juga ada di sana. Seperti contohnya membahas adat istiadat, masakan khas Batak, kebiasaan orang Batas, sampai flora dan faunanya.

Beberapa Jenis Bahasa Batak

Sebelum mempelajari bahasa Batak, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Seperti halnya memahami jenis dari bahasa Batak tersebut yang sampai saat ini terkenal populer di kalangan masyarakat di sana. Dengan begitu, akan mudah belajar bahasanya.

  1. Bahasa Batak Angkola

Salah satu jenis bahasa Batak yang terkenal populer hingga saat ini, yaitu bahasa Batak Angkola. Bahasa ini tersedia di wilayah Sumatera bagian Barat, seperti di Tapanuli Selatan, Padang Lawas dan juga Utara, Padangsidimpuan, dan juga beberapa wilayah di bagian Mandailing Natal.

Bahasa Batak ini juga memiliki intonasi yang jauh lebih lembut dari bahasa Batak pada umumnya. Memang sekilas bahasa ini terkadang menyerupai bahasa di Mandailing. Namun, intonasinya berbeda karena lebih tegas.

  1. Bahasa Batak Toba

Kemudian, ada bahasa Batak Toba yang hingga saat ini masih populer. Wilayah yang menggunakannya meliputi, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, dan juga Toba Samosir. Jenis bahasa ini juga memiliki pengaruh besar untuk bahasa Batak secara global.

Terlebih lagi dalam bidang religi, bahkan alkitab umat Nasrani pun sudah menerjemahkannya ke dalam bahasa Batak Toba. Sedangkan tokoh yang menulisnya adalah Herman Neubronner Van Der Tuuk. Profesi beliau merupakan seorang pionir.

  1. Bahasa Batak Pakpak dan Mandailing

Selanjutnya, ada bahasa Batak Pakpak yang terkenal dengan perbedaannya yang jauh dengan bahasa Batak pada umumnya. Bahasa ini telah menjadi bahasa daerah yang ada di salah satu suku di sana yaitu Sumatera Utara / suku Pakpak. Sukunya mendiami Dairi, Pakpak bagian Barat.

Sedangkan bahasa Batak Mandailing sama seperti Batak Toba, karena memiliki pengaruh besar. Terlebih lagi wilayah penuturan bahasa ini, antara lain Padang yang merupakan ibu kota dari Sumatera Barat Laut. Selain di daerah Padang, ada lagi wilayah yang memakai bahasa ini yaitu Mandailing Natal.

Seperti itulah penjelasan secara mendalam dari kamus bahasa Batak. Beserta dengan pembahasan bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa tersebut dengan baik dan benar. Semoga artikel di atas memberikan banyak manfaat baik dalam proses pembelajaran. Pelajari juga, kamus bahasa Melayu dan kamus bahasa Arab Online.

1 thought on “Kamus Bahasa Batak agar Cepat Bisa”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Mandarin: Mulai dari Sejarah dan Manfaatnya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *