Kamus Bahasa Belanda Lengkap dengan Tips untuk Menguasainya

Kamus Bahasa Belanda

Bahasa asing memang terdiri dari berbagai macam jenis, inilah yang menjadi titik keunikannya. Dengan begitu, tidak dapat dipungkiri bila banyak orang juga ingin mempelajarinya juga. Sama ketika Anda belajar bahasa Belanda, belajar bahasa asing juga dapat meluaskan ilmu. Jadi, gunakan kamus bahasa Belanda sebagai penunjang.

Sejarah Bahasa Belanda

Sebelum belajar mengenai bahasa Belanda, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarahnya juga. Sejarah ini mulai muncul sejak abad ke 10 Masehi, bahasa Belanda merupakan sebuah bahasa Jermanik Barat. Asalnya dari dialek Frankia Kuno yang pada akhirnya terbawa ke daerah Belanda.

Suku Frankia sendiri merupakan suku Jermanik, asalnya yaitu dari Polandia Utara (nama daerah sekarang). Bahasa Belanda sendiri juga termasuk salah satu bahasa terpenting yang ada di Eropa. Bahkan jumlah penuturnya bisa mencapai sekitar 25 juta orang, serta memiliki sejarah sastra terpanjang.

Bahasa Belanda ini kabarnya merupakan bahasa yang hampir mendekati bahasa Inggris, setelah Frisian. Ada juga yang mengatakan bahwa bahasa ini menyerupai Jerman, bahkan ada yang berkata bahasa Belanda berada di tengah-tengah antara Inggris serta Jerman.

Tips Dalam Belajar Bahasa Jerman Secara Mudah

Bahasa Belanda memang bukanlah bahasa yang terbilang mudah untuk Anda pelajari, itu karena mengandung banyak sekali bunyi serta bentuk yang tak sama dengan bahasa Inggris. Akan tetapi, jika memang Anda masih antusias belajar masih ada cara lain yang bisa digunakan.

  1. Memahami Dasar Dari Bahasa Belanda Terlebih Dahulu

Banyak sekali pelajar yang belajar bahasa Belanda sebagai salah satu bahasa nomor dua ataupun bahasa asing yang banyak orang gunakan. Namun, terkadang mereka justru terjebak karena bahasa tersebut memiliki arti yang sangat luas daripada bahasa lain. Sebab ada beberapa aturan yang ada.

Tata dalam bahasa Belanda itu begitu luas serta kompleks, sehingga akan ada pengecualian pada beberapa aturan. Fakta dari tata bahasanya sendiri merupakan aspek yang sangat penting, berisikan cara kerja dan struktur keseluruhan belajar bahasa Belanda. Jadi, Anda harus memahaminya.

  1. Memperkaya Kosakata Bahasa Belanda Dalam Bentuk Kata / Frasa

Ada baiknya sebagai pelajar pemula yang ingin mempelajari bahasa Belanda, selalu memperkaya kosakata bahasa Belanda dalam bentuk kata maupun frasa secara berkala. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda saat proses pembelajaran bahasa tersebut. Mengingat bahasa ini sangat sulit.

Jadi, harus Anda pelajari secara perlahan-lahan yaitu dengan memperkaya kosakatanya. Sedangkan untuk kosakatanya sendiri, pilihlah yang terdengar familiar. Dengan adanya hal ini, maka akan mudah mengungkapkan perasaan menggunakan kalimat benar.

  1. Mempelajari Tata Bahasa Sampai dengan Cara Penulisan

Kemudian, tips belajar bahasa Belanda yang tak boleh Anda lewatkan yaitu dengan belajar tata bahasa sampai dengan penulisannya. Tidak hanya dalam bahasa Belanda saja sebenarnya, segala macam bahasa asing pasti harus dimulai dengan mengenal dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Tujuannya supaya lebih mudah untuk melakukan percakapan nantinya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan menghafal kosakata maupun kalimat yang familiar saja / seringkali banyak orang gunakan. Hasilnya, akan bisa berbicara bahasa Belanda meskipun dalam skala kecil.

  1. Mencoba untuk Menggunakan Metode Mnemonic

Selanjutnya, Anda juga menggunakan metode mnemonic satu ini. Metode ini kabarnya dapat memperkuat daya ingat siapa saja yang hendak belajar bahasa asing. Termasuk bahasa Belanda satu ini, setelah belajar maka ingatan tentang pelajar tetap akan dalam ingat meski sudah berganti hari.

Metode mnemonic ini, Anda bisa menggunakan teknik loci, kata penghubung, kata kunci, akrostik dan juga akronim. Jika sebagai pemula, disarankan untuk menggunakan teknik loci saja. Itu karena tekniknya sangat mudah. Caranya, mengasosiasikan benda atau tempat yang bisa membuat hafalan kosakata.

Rekomendasi Kamus Bahasa Belanda

Sebagai proses pembelajaran bahasa Belanda, Anda masih perlu penunjang lainnya, yaitu dengan menggunakan kamus. Meskipun sekarang ini sudah banyak tempat kursus yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Namun, dengan kamus maknaa ini maka belajar akan jauh lebih praktis.

  1. Babbel

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang belajar bahasa Belanda, yaitu Babbel. Aplikasi ini akan membantu setiap pelajar yang masih dalam tahapan tingkatan terendah di dalam pembelajaran bahasa asing.

Aplikasi Babbel ini sangat cocok untuk Anda yang antusias dalam belajar bahasa Belanda, karena di dalam aplikasinya sendiri terdapat gaya pembelajaran yang sangat menarik seperti menggunakan sistem level. Jadi, para penggunanya akan dengan mudah belajar dan bersemangat menaikkan level.

  1. Memrise

Kemudian, ada aplikasi yang tak kalah bagusnya yaitu Memrise. Setiap pelajar pasti tidak akan pernah bosan belajar menggunakan aplikasi ini. Itu karena gaya pembelajarannya tidak seperti pada aplikasi ada umumnya, jadi tidak akan membosankan.

Aplikasi Memrise ini memiliki gaya pembelajaran berupa permainan atau game yang sangat mengasyikkan. Bahkan juga menyediakan metode belajar secara berulang-ulang, jadi dapat menjadikan Anda mudah dalam mengingat berbagai materi bahasa Belanda secara mudah.

  1. Mondly

Aplikasi Mondly juga termasuk salah satu penunjang proses belajar setiap pelajar dalam mengetahui berbagai kosakata bahasa Belanda. Kelebihan yang terdapat di dalam aplikasi ini, yaitu para penggunanya bisa mendengarkan berbagai macam percakapan serta pembicaran sehari-hari.

Tentu saja dengan menggunakan bahasa Belanda. Tidak hanya itu saja, aplikasi Mondly ini juga menyediakan sekitar 30 bahasa. Di dalam aplikasi ini, Anda juga akan mengetahui cara untuk menentukan logat, intonasi serta bagaimana mengucapkan suatu bahasanya lewat speech recognition.

  1. Rosetta Stone

Proses pembelajaran di zaman sekarang telah banyak mengandalkan kursus, karena pastinya ada seseorang ahli yang handal dalam mengajarkan bahasa Belanda. Namun, kini telah hadir inovasi baru yaitu aplikasi Rosetta Stone. Tidak kalah bagusnya ketika belajar di tempat kursus.

Di dalam aplikasi Rosetta Stone, Anda akan melalui proses pembelajaran dalam bahasa Belanda dengan sangat menyenangkan tentunya. Itu karena ada berbagai macam unit materi yang bisa pelajar pelajari, seperti halnya language basics, word and school, greetings and introductions dan shopping.

  1. Tandem Language Exchange

Ada satu aplikasi lagi yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi sebelumnya, yaitu Tandem Language Exchange. Di dalam aplikasi ini, tidak hanya bisa belajar bahasa Belanda saja. Akan tetapi, Anda juga bisa berteman dengan banyak pengguna Tandem di seluruh dunia. Bahkan bisa mengobrol juga.

Tidak hanya itu saja, para pengguna pun bisa menyewa pengajar secara online supaya bisa mendapatkan sistem pembelajaran secara privat. Harganya juga sangat terjangkau, Anda juga akan mendapatkan bantuan secara langsung dari penutur bahasa Belanda yang aslinya. Bagus bukan?

  1. Easy Languages

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Easy Languages ini bukanlah aplikasi melainkan hanyalah sebuah channel yang berasal dari youtube. Namun, tidak kalah dengan keunggulan aplikasi lain. Channel ini memiliki tema yang sangat sesuai dalam belajar bahasa Belanda.

Tema yang biasanya terdapat dalam Easy Languages ini, sangatlah beragam. Mulai dari kebudayaan Belanda, gaya hidup yang ada di sana, sampai dengan pembahasan mengenai grammar yang jarang orang ketahui.

Itulah penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Belanda. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah, tips belajar sampai dengan rekomendasi kamus bahasa Belanda yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang belajar bahasa tersebut. Baca juga, kamus bahasa Mandarin dan kamus bahasa Batak.

1 thought on “Kamus Bahasa Belanda Lengkap dengan Tips untuk Menguasainya”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Cina dan Sejarah Bahasanya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *