Kamus Bahasa Cina dan Sejarah Bahasanya

Kamus Bahasa Cina

Bahasa Mandarin merupakan dialek bahasa Cina yang sampai saat ini masih banyak orang gunakan. Terkadang hal tersebut masih terdengar asing, bahkan ada sebagian besar masyarakat yang belum mengetahui hal ini. Oleh karena itu, ketahui secara mendalam juga dari kamus bahasa Cina dan ulasan penting lainnya.

Perbedaan Mandarin dengan Kanton

Tahukah Anda bahwa bahasa Cina itu merupakan bagian dari Mandarin dan juga Kanton? Ya, keduanya sampai saat ini masih orang Cina gunakan. Bahkan mereka menggunakan alfabet dasar yang sama, akan tetapi bahasa lisannya berbeda dan mereka tidak akan saling memahami satu sama lain.

Bahasa Mandarin ini merupakan bahasa yang resmi dari Cina dan termasuk ke dalam lingua franca negara. Jadi, tidak heran jika bahasa Cina ini berkaitan erat dengan Mandarin. Bahkan di sebagian negara besar, bahasa lisan utamanya seperti di Shanghai dan Beijing juga menggunakan bahasa ini.

Jika sampai saat ini Anda bingung, mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, Apakah Mandarin atau Cina, keduanya memiliki keterkaitan erat tentu saja. Jadi, tak ada bedanya dan bahkan anak sekolah di Cina. Mereka selalu belajar bahasa Mandarin sejak dini. Penutur katanya pun juga banyak.

Sejarah Bahasa Cina

Sebelum mempelajari bahasa Cina lebih jauh, ada baiknya mengetahui beberapa sejarahnya terlebih dahulu. Tidak akan lengkap rasanya jika tidak tahu apa saja yang menjadi sejarah atau bahkan keunikan dari Cina sendiri. Terlebih lagi Cina ini sejarahnya sangatlah unik dan menarik untuk dibahas.

  1. Tulisan Cina

Awal mula munculnya tulisan Cina ini, yaitu sekitar 20.000 tahun yang lalu. Saat itu ketika manusia telah meninggalkan sebuah bekas pertama di dalam gua. Gambar tersebut sangatlah primitif daripada karya seni maupun desain grafis modern seperti saat ini.

Dari sini muncullah gagasan, bahwa manusia bisa menggunakan tanda maupun gambar sebagai bentuk penyampaian ide satu sama lain. Namun, perjalanan tulisan tersebut ke masa modern sangatlah panjang. Sekitar 16.000 tahun lamanya, setelah itu tulisan Cina mengalami perubahan.

  1. Cina Kuno dan Tua

Cina kuno atau biasanya terkenal dengan sebutan Cina tua ini, merupakan Cina dalam versi tua. Jikalau Anda menginginkan untuk melakukan pembelajaran bahasa Mandarin dengan guru privat, biasanya mereka akan banyak menyinggung tentang hal yang paling penting satu ini.

Mengingat dalam proses belajar bahasa Cina, baik itu tulisan, budaya, sampai dengan sejarahnya pun sudah seharusnya Anda ketahui juga. Cina kuno ini merupakan bahasa yang harus melalui banyak pertimbangan, karena sejarahnya cukup panjang dan menarik. Sama seperti versi modern, sistem penulisannya ialah logografis.

  1. Lahirnya Bahasa Mandarin Standar

Bahasa Cina merupakan salah satu anggota dari bahasa Sino Tibet. Bahkan juga termasuk ke dalam turunan Cina lama beserta Sin Tibet paling tua. Meskipun ada banyak dialek serta bahasanya yang berbeda-beda, akan tetapi Mandarin Cina ini telah terpilih menjadi bahasa umum / putonghua.

Bahasa tersebut berasal dari dialek yang berbeda-beda, sudah banyak orang gunakan. Bahasa ini muncul secara internasional di dalam buku bersajak Zhongyuan Yinyun di abad ke 13 dan juga 14 pada masa Dinasti Yuan. Sebagai simbol pertumbuhan ekonominya, Cina menganggap bahasa itu paling penting dalam bisnis.

  1. Asal Muasal Bahasa Kanton

Ada pepatah kata dari Max Weinreich yang mengatakan, bahwa bahasa itu merupakan dialek dengan tentara serta angkatan lautnya. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa bahasa Kanton dengan Yue ini terbentuk setelah Dinasti Han jatuh di abad ke 3.

Sementara pihak lain yakin jika bahasa tersebut muncul dari masa kekaisaran di Cina serta berevolusi secara langsung berasal dari Cina kuno. Fakta dari bahasa Kanton sendiri, sama halnya seperti bahasa Cina dan lainnya. Penuturannya jauh lebih banyak dari bahasa lainnya.

Rekomendasi Kamus Bahasa Cina

Dalam proses pembelajaran bahasa Cina, tidak cukup jika hanya mengandalkan kosakata yang Anda cari di internet saja. Hal tersebut merupakan metode belajar secara random, dengan menggunakan aplikasi kamus bahasa cina ini justru cara belajar menjadi lebih terstruktur. Cobalah aplikasi di bawah ini:

  1. Belajar Mandarin Gratis

Salah satu aplikasi yang sangat cocok Anda gunakan dalam proses pembelajaran bahasa Cina, yaitu Belajar Mandarin Gratis. Aplikasinya juga bisa dengan mudah di download secara gratis di play store. Tampilan interfacenya pun sangat sederhana, sehingga pemula pun bisa mengaksesnya tanpa bingung.

Di dalam aplikasi Belajar Mandarin Gratis ini terdapat banyak fitur bermanfaat, seperti audio yang berkualitas serta pengucapannya berasal dari orang Mandarin asli, pelajaran berada pada beberapa paket yang mudah untuk pelajar pahami, fitur pengenalan suara, statistik untuk pemberitahuan info.

  1. Learn Chinese – Hello Chinese

Learn Chinese – Hello Chinese adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Cina yang sangat menarik dan juga efektif. Sehingga sangat cocok untuk para pemula yang antusias untuk belajar bahasa Cina / Mandarin. Metodenya pun juga sangat mudah pelajar pahami, karena terdapat berbagai teknik.

Seperti halnya dalam pembelajaran menghafal huruf, cara menyusun kalimat dalam bahasa Cina / Mandarin sampai dengan kosakatanya. Selain itu, fiturnya juga banyak dan bermanfaat, meliputi materi yang mudah dan lengkap, contoh pelafalan serta kalimat, permainan sebagai sarana latihan.

  1. Learn Chinese Mandarin Phrases

Bagi Anda yang memiliki rencana berlibur ke Cina atau hanya sekedar ingin mempelajari bahasanya, bisa menggunakan aplikasi satu ini. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka akan semakin mudah dalam memahami kosakatanya, tulisan Mandarin sampai dengan cara untuk melafalkannya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Learn Chinese Mandarin Phrases ini memiliki banyak fitur bermanfaat. Antara lain, dukungan audio yang berkualitas, menyediakan pengaturan untuk ukuran huruf, menghadirkan teks ke dalam berbagai bahasa, kategori pilihan materi, tak ada iklan mengganggu.

  1. Learn Chinese – 15.000 Words

Kemudian, ada aplikasi bernama Learn Chinese – 15.000 Words. Aplikasi ini akan menjadi bahan penunjang Anda dalam melakukan proses pembelajaran bahasa Cina. Cara belajarnya pun juga otodidak, namun efektif dan juga cepat. Aplikasi juga gratis di play store.

Jika Anda selalu melakukan proses pembelajaran atau latihan secara rutin, maka akan dengan mudah mengerti bahasa Cina dalam waktu singkat. Fitur di dalam aplikasi ini meliputi, 6000 kata yang terdiri dari kata sifat, benda, kerja, keterangan dan lain-lain, ada 200 topik menarik, audio berkualitas.

  1. Pleco Chinese Dictionary

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Pleco Chinese Dictionary ini memiliki 2 varian yakni gratis dan juga berbayar alias premium. Jika menggunakan versi gratis, pastilah ada batasannya. Untuk bisa menikmati fitur berlebih, Anda bisa mengupgrade ke premium supaya fiturnya jauh lebih lengkap.

Sistem belajar yang terdapat di dalam aplikasi Pleco Chinese Dictionary ini terkenal sangat menarik. Fitur yang bisa Anda dapatkan nanti, yakni sistem terjemahannya bisa menggunakan kamera, audio berkualitas tinggi, interface yang menarik, tersedia mode belajar serta pembahasan, ada kata kunci.

Demikian penjelasan secara lengkap dari kamus bahasa Cina. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarahnya, perbedaannya, sampai dengan rekomendasi aplikasi belajar yang bisa Anda jadikan acuan dalam melakukan pembelajaran bahasa Cina / Mandarin. Pada situs Maknaa ini juga terdapat kamus bahasa Belanda dan kamus bahasa Mandarin.

1 thought on “Kamus Bahasa Cina dan Sejarah Bahasanya”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Daerah di Indonesia

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *