Kamus Bahasa Gaul dan Ungkapan yang Sering Digunakan

Kamus Bahasa Gaul

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin berubah canggih, hal ini juga mempengaruhi pemikiran setiap orang yang ingin selalu tampil keren. Terlebih lagi dalam hal tersebut akan berpengaruh cepat pada anak muda. Biasanya mereka menggunakan kamus bahasa gaul untuk update kata kekinian.

Sejarah Bahasa Gaul

Berbicara mengenai bahasa kekinian ini, sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Akan tetapi, saat itu istilahnya masih terkenal dengan sebutan bahasa prokem atau okem. Kemudian, bahasa tersebut dimodifikasi menjadi lebih menarik dan unik dan sampai sekarang banyak orang gunakan.

Pada awalnya, bahasa yang terkenal dengan sebutan prokem tersebut hanya digunakan oleh para preman yang kehidupannya penuh dengan hal-hal bersifat kekerasan, narkoba, kejahatan dan lain-lain. Ada banyak sekali istilah yang sengaja mereka buat, dengan tujuan agar masyarakat tidak memahami perkataan tersebut.

Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, bahasa gaul ini merupakan salah satu bentuk ragam bahasa yang seringkali banyak kaum remaja maupun waria gunakan untuk dapat mengekspresikan beberapa gagasan serta emosinya sendiri. Dalam dialek bahasa Indonesia, bahasa ini termasuk non formal.

Semua Tentang Bahasa Gaul

Dalam perkembangan zaman, pertumbuhan bahasa semakin lebih maju. Sama halnya pada bahasa gaul yang saat ini banyak orang gunakan demi terlihat keren dan kekinian, terlebih lagi yang menggunakannya adalah kebanyakan dari kaum anak muda.

Ketahui beberapa hal penting terkait bahasa tersebut di bawah ini :

  1. Bentuk Kosa Kata Bahasa Gaul Nasalisasi +Ng

Perlu Anda ketahui, bahwa bentuk kosa kata bahasa gaul ini memiliki jenisnya masing-masing. Pembentukan kosakata gaul yang akan dibahas kali ini adalah tipe nasalisasi. Berasal dari kata nasal yang memiliki arti berkaitan erat dengan bunyi serta bahasa dengan cara mengeluarkan melalui hidung.

Seperti contohnya pada m, n, ng, dan juga ny. Pada kosa kata bahasa gaul satu ini, kata dasar akan mengalami proses nasalisasi dengan cara menambahkan +ng tepat pada kata dasar. Misalnya saja kosong menjadi “ngosong”, gas menjadi “ngegas”, serta ekor berubah “ngekor”.

  1. Bentuk Kosa Kata Bahasa Gaul Nasalisasi +a

Bentuk kosa kata gaul nasalisasi selanjutnya, yaitu dengan berakhiran +a. Pembentukan kosa kata bahasa gaul ini sama seperti jenis sebelumnya. Cara mengucapkannya adalah mengeluarkan udara melalui hidung seperti pada m, n, ng dan juga ny.

Pada bentuk kosa kata bahasa gaul nasalisasi berakhiran kata +a ini, misalnya saja pada udem atau berarti sudah menjadi “udem + a”, duit berubah jadi “duit + a”, sabar “sabar + a”. Begitu pula seterusnya, berlaku pada setiap jenis kata benda, sifat dan lain-lain.

  1. Bahasa Gaul yang Ala Anak Kekinian

Bahasa gaul merupakan salah satu bahasa kekinian yang paling banyak anak muda / kaum milenial gunakan. Tujuannya sederhana saja, mereka ingin tampil keren dan tidak ingin ketinggalan zaman. Istilah yang seringkali muncul adalah bucin, halu, mantul, PW, mager dan masih banyak lagi lainnya.

Memang terdengar sangat non formal, karena tujuannya hanya untuk senang-senang saja. Bahasa gaul ini kabarnya akan bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Jadi, bahasa gaul di zaman dulu dan sekarang tentu saja beda. Hal semacam itu biasanya orang sebut sebagai bahasa prokem.

Beberapa Arti di dalam Kamus Bahasa Gaul

Bahasa gaul atau bahasa kekinian ini selalu banyak dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Akan tetapi, bahasa gaul tersebut memiliki banyak sekali istilah dan arti yang tidak semua orang mengetahuinya. Jadi, supaya tidak ketinggalan informasi / kudet ketahui beberapa bahasa gaul berikut:

  1. Bucin dan Halu

Salah satu istilah bahasa gaul yang paling sering anak muda katakan, yaitu bucin. Kepanjangan dari kata tersebut ialah budak cinta, biasanya istilah ini akan mereka gunakan ketika melihat seseorang yang begitu rela dan bersikap melakukan apa saja demi orang tercintanya.

Kemudian, ada juga kata halu yang berasal dari kata halusinasi. Artinya pun juga sama saja, akan tetapi dalam artian bahasa gaul di sini adalah ketika keadaan seseorang sedang memiliki khayalan yang begitu tinggi. Seperti khayalan tersebut tidak akan tercapai / menjadi kenyataan.

  1. Mantul dan Mager

Mantul merupakan salah satu kata yang mungkin sering Anda dengar di mana saja. Tidak terkecuali anak muda zaman sekarang, orang dewasa pun juga mengikutinya. Bahasa gaul Mantul satu ini memiliki arti terhadap sesuatu yang seseorang sukai / mereka menilai baik atas suatu hal.

Sedangkan Mager merupakan salah satu bahasa gaul yang memiliki kepanjangan dari malas gerak. Sesuai dengan singkatannya, istilah tersebut berarti seseorang sedang malas untuk melakukan aktivitas apapun sehingga tidak ingin pergi kemana-mana dan ingin di rumah saja.

  1. PW dan Gabut

PW merupakan kepanjangan dari posisi wenak. Saat pertama kali membaca istilahnya, mungkin Anda mengira bahwa artinya berasal dari bahasa Jawa. Memang benar, lebih tepatnya adalah gabungan dari bahasa Indonesia dan Jawa. Biasanya orang mengatakan ini dalam keadaan nyaman.

Kemudian, Gabut merupakan bagian dari bahasa gaul juga yang memiliki arti gaji buta. Namun, istilah ini tidak melambangkan satu artian saja. Gabut bisa juga berarti seseorang yang tidak tahu akan berbuat apa atau lebih tepatnya bingung.

  1. Gaje dan Pansos

Gaje merupakan kepanjangan dari enggak jelas, seringkali anak muda gunakan ketika mereka menemukan seseorang yang sedang berbuat sesuatu tanpa adanya faedah. Anda juga akan sering menemukan mereka meninggalkan komentar di sosmed dengan istilah tersebut.

Kemudian, ada istilah Pansos dalam bahasa gaul. Kata tersebut kepanjangan dari panjat sosial yang memiliki arti bahwa ada seseorang yang sedang melakukan sesuatu. Namun, tujuannya hanya untuk mendapatkan rasa simpati dan perhatian dari khalayak umum.

  1. Japri dan Ambyar

Pada kata Japri ini biasanya tidak hanya kaum muda saja yang menggunakannya, karena kini orang dewasa pun ikut terkena imbasnya. Mungkin Anda pun juga mengetahui dari istilah ini, Japri merupakan kepanjangan dari jaringan pribadi yang berarti seseorang harus chatting ke akun pribadi.

Ambyar, kata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pasalnya kata ini telah populer dan menjadi terkenal berkat Didi Kempot yang bahkan sudah tersedia di dalam KBBI. Sedangkan untuk arti dari Ambyar ini adalah bercerai-cerai, berpisah atau bahkan tidak terkonsentrasi.

  1. Santuy dan Kepo

Santuy merupakan salah satu dari bahasa gaul yang banyak sekali orang gunakan dan ucapkan, tidak hanya kaum muda saja. Orang dewasa pun juga terkadang ikut mengucapkannya. Sesuai dengan katanya, Santuy berasal dari kata santai.

Kepo memiliki arti yang merujuk kepada seseorang yang selalu ingin mencari tahu (secara berlebihan) tentang urusan orang lain yang bukan urusannya. Sedangkan kepanjangan dari kata Kepo sendiri adalah Knowing Every Particular Object.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara mendalam terkait kamus bahasa gaul. Beserta dengan pembahasan sejarah bahasa tersebut sampai dengan membahas mengenai berbagai macam kata dan artinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui bahasa gaul lebih banyak. Jangan lupa kunjungi website resmi kami Maknaa.com agar tidak ketinggalan informasi menarik seputar kamus bahasa prancis dan kamus bahasa jawa kromo.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *