Kamus Bahasa Jawa Kromo untuk Pemula

Kamus Bahasa Jawa Kromo

Sebagai bahasa daerah yang seringkali banyak orang gunakan, bahasa Jawa ini memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Mengingat penutur bahkan jenisnya tidak hanya satu, melainkan dua jenis. Bagi Anda yang ingin mendalami bahasa ini, ada baiknya menggunakan kamus bahasa Jawa kromo.

Sejarah Bahasa Jawa Kromo

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Jawa ini merupakan salah satu rumpun yang berasal dari bahasa Austronesia. Bahkan, banyak digunakan oleh beberapa suku bangsa yang ada di kepulauan selatan daratan Asia. Kemudian, mulai tersebar dari ujung barat di pulau Jawa, Banten sampai Banyuwangi.

Bahasa Jawa ini memiliki 80 juta suku kata dan kabarnya bahasa ini merupakan yang terbanyak mempunyai suku kata. Bahkan bahasa Jawa banyak orang ucapkan dari seluruh negara Indonesia, maupun Asia Tenggara lain. Seperti Belanda, Kaledonia Baru, Malaysia, Taiwan, sampai Singapura.

Bahasa Jawa yang memiliki beberapa tingkatan seperti kromo ini, sudah sangat dekat dengan bahasa lain seperti Madura, Bali, Melayu, Sunda dan bahkan bahasa di Kepulauan Sumatera. Namun, paling banyak orang gunakan dari daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tentang Bahasa Jawa Kromo

Dalam rangka mempelajari bahasa Jawa tersebut, tentu saja tidak akan lengkap rasanya bila tidak mengetahui seluk beluk secara mendalam dari bahasa Jawa. Ibaratkan makan nasi tanpa lauk, serasa ada yang kurang dan tidak bermanfaat. Jadi, sebelum belajar Anda harus tahu ciri khasnya lebih dahulu.

  1. Ngoko – Kromo

Salah satu ciri khas dari bahasa Jawa sendiri, yaitu dengan adanya tingkatan seperti ngoko dan kromo. Perbedaan ini tidak semata-mata terjadi tanpa alasan yang jelas begitu saja, akan tetapi hal tersebut memang sudah ada sejak zaman Jawa kuno. Hal ini merupakan perkataan dari Moedjanto.

Penuturan ngoko kromo ini seringkali orang gunakan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada seseorang yang memiliki status sosial lebih tinggi. Meskipun pada akhirnya, penggunaan kosa kata kromo sendiri masih sangat terbatas. Kabarnya tingkatan bahasa ini sudah ada sejak kerajaan demak dan pajang.

  1. Masyarakat Pesisir Menentang Bahasa Jawa Kromo

Penerapan bahasa Jawa Kromo yang sempat dilakukan oleh dinasti Mataram, mendapatkan tentangan secara langsung dari masyarakat Islam di pesisir. Sebab kala itu mereka belum mengenal bahasa tata cara tersebut. Namun, itu semua berubah sejak penaklukan Giri, Surabaya dan Gresik.

Sejak saat penaklukan tersebut wilayah pesisir di utara jatuh ke tangan Mataram. Membuat pemakaian kromo menjadi lancar. Namun, penggunaannya tidak sesempurna itu dan akhirnya dialog yang mereka bangun justru masih terkesan kasar.

  1. Tingkatan Dalam Bahasa Jawa

Masyarakat di Jawa lebih mengenali bahasa Jawa dalam beberapa tingkatannya, seperti ngoko lugu, alus, kromo lugu dan inggil. Untuk ngoko lugu adalah tingkatan pertama / paling dasar, sedangkan versi alusnya merupakan tingkat kedua setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Kemudian, ada kromo lugu (tingkatannya lebih tinggi dari ngoko), kromo inggil (tingkatan paling tinggi dalam bahasa Jawa, biasanya banyak orang gunakan untuk berkomunikasi bersama dengan seseorang yang lebih tua / kedudukannya).

  1. Perkembangan Bahasa Nusantara / Jawa

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Jawa ini merupakan bahasa yang juga berasal dari Hindia belakang atau terkenal dengan sebutan Mon Khmer. Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahasa Jawa masuk ke dalam rumpun bahasa Austro Asia.

Bahasa tersebut terbagi lagi menjadi dua kelompok, seperti bahasa Oceania serta Indonesia. Kemudian, bahasa Oceania kembali terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Mikronesia, Melanesia dan juga Polinesia.

  1. Pemakai Bahasa Jawa

Seperti yang ada pada penjelasan sebelumnya, bahasa Jawa sendiri memiliki beberapa tingkatan seperti ngoko dan kromo. Nah, dari pemakaian bahasa tersebut tentu saja ada aturannya sendiri. Mengingat penggunaan bahasa ini sangat mengenal kata sopan santun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemakaian dalam bahasa Jawa ini sangat perlu untuk Anda perhatikan. Tidak boleh sembarangan, seperti misalnya saja pada tingkatan kromo inggil yang merupakan suatu bahasa dengan kosa kata yang begitu cocok untuk orang ucapkan kepada yang lebih tua.

  1. Eksistensi Bahasa Jawa Untuk Pergaulan Anak Muda

Bahasa Jawa yang terkenal memiliki kosa kata yang penuh aturan, sebenarnya sangat baik untuk perkembangan anak muda di zaman sekarang. Anak yang diajarkan menggunakan bahasa Kromo terutama, tata berbicara mereka akan jauh lebih berbeda daripada yang tidak pernah mengetahuinya.

Namun, sayangnya bahasa Jawa Kromo ini sudah banyak orang lupakan terutama bagi kaum muda yang sekarang justru lebih mementingkan bahasa gaulnya. Padahal dengan mengerti dan memahami bahasa Jawa Kromo, tata berbicara menjadi jauh lebih sopan daripada bahasa kekinian tanpa aturan.

Aplikasi Belajar dan Kamus Bahasa Jawa Kromo

Bagi Anda yang ingin mendalami bahasa Jawa kromo ini, mudah saja. Mengingat di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, telah banyak fasilitas digital yang bermanfaat untuk proses belajar. Seperti halnya dengan adanya kamus bahasa Jawa seperti berikut ini :

  1. Translator Jawa

Salah satu aplikasi kamus yang bisa Anda gunakan ketika ingin mempelajari bahasa Jawa kromo, yaitu Translator Jawa. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini sangat berguna bagi setiap pelajar dalam proses pembelajaran. Itu karena di dalam aplikasi Translator Jawa terdapat fitur menarik.

Translator Jawa merupakan aplikasi terjemahan secara online dari bahasa Indonesia ke Jawa atau bahkan sebaliknya. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga ada tingkatan bahasa Jawa lainnya seperti Ngoko, Kromo maupun Kromo Inggil. Sedangkan fiturnya, ada pencarian kata / kamus, tombol salin dari hasil penerjemahan.

  1. Pepak Belajar Bahasa Jawa

Biasanya nama aplikasi satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda, pasalnya di zaman masih sekolah pastilah pernah membawa buku bernama pepak tersebut untuk menunjang pembelajaran. Namun, kini telah hadir aplikasi Pepak Belajar Bahasa Jawa yang bisa pengguna gunakan kapan saja.

Berbeda saat membawa buku pepak, dalam aplikasi Pepak Belajar Bahasa Jawa ini Anda bisa menggunakannya dalam proses belajar bahasa Jawa kapan saja. Bahkan fiturnya juga jauh lebih lengkap, jadi bisa mengerti kosa kata, aksara Jawa dan jenis, sampai dengan istilahnya pun ada di sana.

  1. Game Suraja

Kemudian, ada lagi aplikasi bernama Game Suraja yang bisa Anda unduh dan gunakan dalam rangka belajar bahasa Jawa Kromo. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berupa game yang sangat seru sehingga proses belajar tak akan bosan. Justru akan semakin menyenangkan karena tidak monoton.

Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi Game Suraja ini terdapat beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan. Seperti halnya pengenalan aksara Jawa, cerita tentang aksara tersebut, pengenalan vokalnya, angka sampai dengan adanya level yang tersedia berdasarkan kemampuan pengguna.

Seperti itulah penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Jawa kromo makna. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan tentang bahasa Jawa Kromo yang patut Anda ketahui. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat berlebih dalam kehidupan sehari-hari. Simak juga kamus bahasa Yunani dan kamus bahasa Rusia.

2 thoughts on “Kamus Bahasa Jawa Kromo untuk Pemula”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Prancis dan Beberapa Kosakatanya

  2. Pingback: Kamus Bahasa Gaul dan Ungkapan yang Sering Digunakan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *