Cara Belajar Kosakata Baru dengan Kamus Bahasa Jepang

Kamus Bahasa Jepang

Kosakata adalah dasar dari setiap bahasa, termasuk bahasa Jepang. Baik Anda sedang belajar bahasa Jepang untuk mempersiapkan perjalanan ke Jepang, atau untuk pertukaran bahasa, adalah ide yang baik untuk mempelajari kata-kata dan frasa penting Jepang untuk memulainya. Nah, Anda bisa lho memulai belajar bahasa Jepang dengan kamus Bahasa Jepang.

Kata dan frasa dasar bahasa Jepang yang ada di dalam kamus membantu setiap orang mulai mengenal orang lain dalam bahasa Jepang. Mungkin agak mengintimidasi untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Setiap kali Anda mempelajari bahasa baru, terutama yang sistem penulisannya sangat berbeda, akan sulit untuk membuat hubungan antara tata bahasa, hafalan kata, dan pembuatan kalimat. Namun, jangan terlalu stres tentang hal itu, selama ada kamus Bahasa Jepang, Anda bisa terbantu. Beberapa cara untuk membantu Anda belajar bahasa Jepang dengan kamus adalah :

Belajar Bahasa Jepang dengan Kamus Bahasa Jepang

1. Menetapkan Tujuan yang Dapat Dicapai

Menetapkan tujuan yang dapat dicapai adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda tetap termotivasi saat Anda belajar bahasa baru. Tujuan yang dapat dicapai didefinisikan sebagai sesuatu yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Jika Anda bingung tentang tujuan apa yang harus ditetapkan terlebih dahulu, berikut adalah langkah-langkah penetapan tujuan yang disarankan.

–          Mulailah dengan satu tujuan

–          Tuliskan goal down Anda

–          Tetapkan tujuan jangka pendek

–          Tulis tujuan spesifik

–          Mengukur tindakan serta kemajuan

–          Tetapkan sasaran yang benar-benar ingin Anda capai

2. Menggunakan Tolok Ukur untuk Membantu Mengukur Kemajuan

Menuliskan penetapan tujuan seperti tolok ukur memberikan petunjuk tentang kemajuan kosakata bahasa Jepang Anda. Misalnya, kata-kata yang digunakan dalam video game bahkan bisa diterapkan pada kosakata bahasa Jepang.

Saat Anda memulai video game dalam bahasa Jepang, maka pelajari kata yang bisa Anda tangkap dan Anda dapat mencari kosakata tersebut di kamus bahasa Jepang. Setidaknya, Anda perlu mengetahui 10.000 kata untuk bisa fasih dalam suatu bahasa dan setidaknya 2000 kata untuk menjadi seseorang yang komunikatif.

Jumlah kata di atas benar-benar acak dan tidak akan dapat menentukan kefasihan Anda, tetapi bisa dijadikan sebagai tolok ukur indikator yang baik untuk kefasihan Anda.

Contoh yang baik tentang cara menetapkan tolok ukur adalah dengan menetapkan berapa banyak kata dalam kamus Bahasa Jepang yang ingin Anda pelajari bergantung pada kerangka waktu yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri. Misal nih, Anda bisa menetapkan target dengan :

Hari 1: 30 kata

Hari 2 : 100 kata

Hari 3: 500 kata

Hari 4: 1000 kata

Hari 5: 2000 kata

3. Belajar Kata-kata yang Umum

Cara mempelajari kosakata yang ada dalam kamus bahasa Jepang untuk pemula adalah, pelajari berdasarkan seberapa sering Anda menggunakan kata tersebut. Banyak metode mempelajari kosakata gagal karena metode tersebut mengajarkan kosakata yang tidak digunakan sehingga jadi mudah lupa. Nah, kamu juga bisa belajar dengan kamus Bahasa Sunda dan kamus bahasa Indonesia Inggris yang ada di website https://www.maknaa.com/.

Coba deh, Anda memikirkan tentang 100 kata paling umum dalam bahasa Indonesia lalu pilih 20 atau 30 kata yang paling sering Anda gunakan dan coba buat daftarnya dalam bahasa Jepang. Anda bisa mempelajari kata-kata yang paling sering digunakan setiap hari dan menambahkannya ke kosakata bahasa Jepang dengan membuka kamus bahasa Jepang.

Ya, menghafalkan kata-kata yang sering diucapkan adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa baru. Jika Anda menggunakan kata-kata ini setiap hari setelah Anda mengucapkannya dalam bahasa Indonesia, ulangi dalam bahasa Jepang. Kemungkinannya adalah jika Anda sering menggunakan kata-kata itu dalam bahasa Indonesia, Anda juga akan menggunakannya sama banyak dalam bahasa Jepang. Anda juga dapat mempelajari kamus bahasa sunda dan sejarahnya di maknaa.com.

Berikut adalah beberapa contoh kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang.

Nomor Bahasa Indonesia Jepang
1.                    Saya ji-bu-nn  
2.                    Terima kasih Ari-ga-to
3.                    Aku (wanita) Wa-ta-shi
4.                    Aku  (pria) Bo-ku
5.                    Makanan Ta-be-mono
6.                    yang bagus Ge-nn-ki
7.                    Lelah Shi-nn-do-i
8.                    Maaf go-menn-na-sai
9.                    Halo kon-ni-chi-wa
10.    Dingin Sa-mu-i

Jika Anda ingin fasih dalam berbahasa Jepang, maka sangat penting untuk melatih kosakata dasar. Selalu buka kamus bahasa Jepang dan pelajari kosakata baru setiap harinys. Cara terbaik untuk mulai belajar adalah dengan membuat daftar berisi 30 kata teratas Anda. Selanjutnya, terjemahkan ke dalam bahasa Jepang dan Anda akan mendapatkan awal yang sangat baik untuk membangun kosa kata Anda!

Setelah Anda menghafal daftar yang sudah ditulis, cobalah daftar 100 kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Jepang.

4. Belajar melalui Kanji

Metode lain untuk mempelajari kosakata adalah dengan mempelajari Kanji Jepang. Mempelajari Kanji memudahkan Anda mengembangkan kosakata karena Anda dapat mengasosiasikan karakter dengan sekelompok kata. Saat Anda melihat kanji, Anda dapat menyusun kata yang mana.

Di Jepang, ada tiga huruf berbeda; hiragana, katakana, dan kanji. Berikut adalah beberapa contoh yang terdaftar dalam kategorinya masing-masing.

–          あ い え お う Hiragana

–          ア イ エ オ ウ Katakana

–          方方 絵 尾 卯 Kanji

Biasanya, setiap orang memulai dengan hiragana. Jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia, hiragana ini seperti mempelajari ABC. Setelah hiragana, kebanyakan orang beralih ke katakana. Katakana digunakan untuk kata-kata asing yang telah diimpor ke dalam bahasa Jepang. Hal terakhir yang biasanya dipelajari orang adalah kanji.

 Kanji adalah grafik logo dan tergantung pada penggunaan kanji, kanji memiliki banyak cara untuk dibaca. Pada saat pelajar Jepang telah lulus dari pendidikan wajib, mereka telah belajar membaca dan menulis 2.136 kanji.

Banyak orang percaya karena rumitnya sifat kanji, Anda harus meninggalkan mempelajarinya ketika Anda berada di level yang lebih tinggi. Namun, orang-orang juga percaya bahwa jika Anda mempelajari kanji di awal, Anda akan segera menguasai bahasa Jepang lebih fasih.

5.  Belajar dengan Guru

Jika Anda sudah berlatih sendiri untuk mempelajari kosakata bahasa Jepang, langkah terakhir adalah Anda perlu belajar dengan seorang guru? Guru bisa mengkoreksi ejaan bahasa Jepang yang Anda hafalka, apakah Anda menggunakan kosakata dengan cara yang alami, apakah pola tata bahasa yang Anda gunakan benar, semua bisa terbantu oleh guru.

Guru membantu hal-hal yang mungkin tidak Anda ketahui sendiri. Guru bahasa Jepang dapat memberi Anda koreksi. Belajar dengan guru bahasa adalah cara yang baik untuk mencegah kesalahan yang harus Anda perbaiki nanti.

Guru membuat proses belajar berjalan lebih lancar dan dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri dengan kemampuan Anda. Guru bahkan dapat membantu Anda belajar lebih cepat karena Anda tidak perlu meneliti sendiri kata-kata dan Anda belajar cara menggunakannya dengan benar. Dengan seorang guru bahasa Jepang, Anda dapat melatih kosakata dan ekspresi bahasa Jepang sesering yang Anda butuhkan agar Anda merasa nyaman dengan pemahaman Anda.

5 cara di atas jika Anda lakukan, bisa memberikan dampak yang positif pada kemajuan Anda dalam berbahasa Jepang. Selain kamus bahasa jepang kami juga menyediakan kamus bahasa inggris ke indonesia dan kosakatanya. Selalu gunakan kamus bahasa Jepang ke mana-mana untuk membantu Anda memahami bahasa ini sebaik mungkin. 

Similar Posts

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *