Kamus Bahasa Jerman dengan Beragam Pilihan

Kamus Bahasa Jerman

Jika ingin mempelajari sesuatu, haruslah serius dan telaten bukan begitu? Sama halnya ketika Anda mencoba untuk belajar bahasa Jerman ini. Tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha, semua akan berjalan dengan lancar bila tekun. Untuk itu, dampingi proses belajar dengan kamus bahasa jerman juga.

Sejarah Bahasa Jerman

Kini semakin banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Jerman, sebagai salah satu bahasa ibu mereka. Bahasa tersebut kabarnya sudah menjadi bahasa yang secara resmi berada di 3 negara, seperti Austria, Liechtenstein dan juga Jerman sendiri tentunya.

Bahasa Jerman juga digunakan sebagai salah satu bahasa secara resmi di negara lainnya, seperti Belgia, Swiss, Luksemburg, serta Uni Eropa lain. Sama seperti bahasa di Indonesia, Jerman juga memiliki berbagai macam dialeknya sendiri, yaitu di utara Italia serta bagian timurnya adalah Prancis.

Kabarnya bahasa Jerman ini telah menduduki peringkat nomor dua setelah bahasa Inggris, sebagai salah satu bahasa yang paling banyak orang gunakan sebagai penelitian scientific. Kebanyakan ilmuwan dari Amerika pun merekomendasikan untuk belajar bahasa ini. Maka jangan heran jika mendunia.

Beberapa Macam Aplikasi Kamus Bahasa Jerman

Sebagai salah satu upaya dalam belajar bahasa Jerman, tentu saja Anda harus mengupayakan hal lainnya supaya pembelajaran berjalan dengan lancar. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi kamus bahasa Jerman, dengan tujuan supaya bisa lebih mengenal kosakata bahasa itu secara mudah.

  1. Kamus Saku Jerman

Salah satu aplikasi bahasa Jerman yang patut untuk Anda coba untuk belajar, yaitu kamus saku Jerman. Kelebihannya, para pengguna masih bisa menggunakan aplikasi ini walaupun tanpa mengaktifkan data internet alias offline. Aplikasi ini sudah berkembang sejak tahun 2014 oleh Dian Dev.

Saat belajar banyak bahasa seperti Jerman, maka sangat penting menggunakan kamus. Anda bisa memakai aplikasi ini untuk bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Jerman dengan mudah, jadi proses pembelajaran bahasa Jerman berjalan lancar. Catat juga kosakatanya di note.

  1. German – Indonesian Dictionary

Kemudian, ada aplikasi yang tak kalah bagus dan menariknya sebagai bahan belajar. German – Indonesian Dictionary, merupakan aplikasi yang sudah rilis sejak tahun 2015 oleh ADDict. Aplikasi digital ini telah banyak orang unduh dan percayakan sebagai salah satu aplikasi bahasa Jerman terbaik.

Kelebihan dari aplikasi German – Indonesian Dictionary, salah satunya yaitu adanya fitur pelafalan kata bahasa Jerman yang sudah Anda terjemahkan sebelumnya. Jadi, pengguna aplikasi ini bisa memaksimalkan proses belajarnya dengan baik melalui terjemahan bahasa Indonesia ke Jerman.

  1. Kamusku: Jerman (Indonesia)

Aplikasi Kamusku ini adalah aplikasi kamus khusus bahasa Jerman secara offline yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini telah lama rilis sejak tahun 2013 oleh Lumut Studio. Poin yang lebih mengejutkannya lagi, aplikasi Kamusku merupakan buatan lokal / anak Indonesia sendiri.

Kabarnya aplikasi ini sudah banyak orang gunakan, lebih dari 100 ribu orang. Di dalam aplikasi Kamusku ini banyak sekali kata-kata bahasa Indonesia yang dapat Anda terjemahkan ke dalam bahasa Jerman maupun sebaliknya. Bahkan lengkap dengan fitur text to speec agar pengguna tahu pengucapannya.

  1. Indonesia – German

Selanjutnya, ada aplikasi lain bernama Indonesia – German. Aplikasi ini telah rilis dari pihak Evasoft serta mempunyai banyak sekali fitur yang sangat berguna bagi para pengguna dalam belajar bahasa Jerman. Aplikasi ini tak hanya berisikan oleh kamus bahasa Jerman – Indonesia saja, tapi ada lagi.

Salah satunya dengan adanya fitur bermanfaat, antara lain dictionary, favorit, phrases, translator, test, flashcard, dual game, matching game, writing, fall game, mixed game, true or false dan masih banyak lagi. Dengan fitur tersebut, proses pembelajaran akan berlangsung dengan menyenangkan.

  1. German Indonesian Offline Dictionary & Translator

Aplikasi satu ini telah dirilis sejak tahun 2017 oleh Dragoma. Tidak hanya berisikan tentang bahasa Jerman dan terjemahan Indonesia – Jerman atau sebaliknya saja. Akan tetapi, ada berbagai macam fitur yang bermanfaat dan pasti akan membantu Anda dalam proses pembelajaran bahasa Jerman.

Fitur tersebut antara lain, super search untuk dapat mencari kata yang ingin Anda terjemahkan. Kemudian, pengucapan audio, contoh dari kalimat terjemahan, kata acak, tes, flashcards untuk bisa menghafalkan kosakata, favorites serta ada notes untuk para pengguna dapat membuat catatan kata.

Fakta Menari dari Bahasa Jerman

Kurang akan lengkap rasanya, jika hanya belajar bahasa Jerman tanpa mengetahui berbagai macam fakta dari bahasa tersebut. Kabarnya, bahasa Jerman ini memiliki keistimewaan tersendiri, oleh karena itulah banyak orang ingin mempelajarinya juga. Termasuk orang – orang Indonesia.

  1. Jenis Kelamin di Setiap Kata Benda

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa bahasa Jerman memiliki pengelompokan kata yang sangat banyak. Termasuk kata benda yang berdasarkan pada jenis kelaminnya, tidak hanya Jerman saja. Akan tetapi bahasa Belanda, Italia dan Prancis pun juga demikian. Namun, berdasar pada feminim serta maskulinnya saja.

Di Jerman, pengelompokan kata tersebut akan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu feminin, neutral dan maskulin. Misalkan saja setiap kata benda berjenis kelamin laki-laki, jadi namanya akan menjadi Der Stuhl, sedangkan untuk hidung berjenis kelamin perempuan menjadi Die Nase.

  1. Bahasa Jerman Paling Banyak Digunakan oleh Orang Eropa

Bahasa Inggris memanglah salah satu bahasa Internasional yang paling banyak orang gunakan,bahkan di seluruh penjuru dunia. Sama halnya seperti Spanyol, Itali, dan Prancis. Namun, ternyata bahasa Jerman yang justru menjadi bahasa paling banyak orang pakai, seperti orang Eropa.

Kabarnya mereka yang menggunakannya sekitar 90 juta pembicara atau 16% dari keseluruhan warga di daerah Eropa. Sama seperti Indonesia, bahasa Jerman ini juga tidak orang gunakan di Jerman saja. Akan tetapi di kota lain juga, seperti di Ceko, Polandia, Belanda, Denmark, Hungaria.

  1. Semua Kata Benda Memakai Huruf Besar

Bukan hanya berbeda menurut jenis kelamin saja, akan tetapi bahasa Jerman in juga sangat istimewa. Pasalnya semua kata bendanya harus Anda tulis menggunakan huruf besar. Bahkan kabarnya, bahasa Jerman itu sangatlah kaku dalam penataan bahasanya. Seperti predikat harus di posisi ke-2.

Tidak hanya itu saja, kata kerjanya harus Anda letakkan di bagian belakang jika ingin belajar bahasa Jerman. Jadi, jangan terkejut saat proses pembelajaran Anda menemukan hal ini di tengah – tengah materi belajar. Dalam kondisi apapun, kata kerja sudah harus terletak pada bagian posisi kedua.

  1. Bahasa Jerman dan Inggris Merupakan Bahasa Adik

Seperti halnya pada bahasa Inggris serta Belanda, bahasa Jerman ini kabarnya merupakan bagian dari Jermanik Barat. Saat penutur bahasa Inggris menyatakan dan belajar bahasa Jerman, maka mereka akan mempunyai banyak sekali hiburan untuk menemukan kata yang serupa dari 2 bahasa.

Namun, jika Anda sedang dalam proses belajar bahasa Jerman ada baiknya berhati-hati. Itu karena ada beberapa kata yang terlihat serta terdengar serupa. Akan tetapi, artinya sama sekali sangat berbeda tentu saja.

Seperti itulah penjelasan secara detail dari kamus bahasa jerman. Beserta dengan pembahasan sejarah, berbagai macam aplikasi kamus dan juga fakta dari bahasa Jerman sendiri. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa tersebut. Pada situs Maknaa.com ini juga terdapat kamus bahasa Bali dan kamus bahasa Inggris Online.

1 thought on “Kamus Bahasa Jerman dengan Beragam Pilihan”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Arab Online dan Cara Menguasainya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *