Kamus Bahasa Karo dan Beberapa Pelafalannya

Kamus Bahasa Karo

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin bertambah pesat, membuat pembelajar bahasa secara konvensional menjadi tidak efektif lagi. Terlebih lagi akan memakan waktu yang lama, apalagi jika lawan bicara memiliki pengetahuan terbatas. Oleh karena itu, muncul kamus bahasa Karo untuk membantu Anda dalam belajar.

Pengertian Bahasa Karo

Bahasa Karo merupakan bahasa yang berasal dari suku Karo sendiri. Mereka mendiami dataran tinggi Karo, yaitu di Kabupaten Karo, langkat, Dairi, Deli Serdang, Medan bahkan sampai dengan Aceh Tenggara. Menurut informasi, bahasa ini ditulis dengan menggunakan aksara Karo sendiri.

Biasanya orang menyebutnya sebagai Surat Aru / Haru merupakan turunan asli dari aksara Brahmi yang berasal dari India kuno. Akan tetapi, tidak banyak orang yang bisa menulis serta memahami aksara Karo ini. Justru sebaliknya aksara Latin yang banyak mereka gunakan sehari-hari.

Sedangkan jumlah penutur dari bahasa Karo sendiri berjumlah sekitar 600.000 orang yang sudah ada sejak tahun 1991. Sama seperti bahasa daerah Indonesia lainnya, bahasa Karo ini mempunyai keunikannya sendiri. Terlebih lagi pada penggunaan kata tunggal, memiliki artinya masing – masing.

Mengenal Aksara Karo

Sebagai bagian dari bahasa Karo, aksara Karo ini juga seringkali orang sebut dengan Surat Ukat atau Haru / Aru. Salah satu tulisan daerah yang ada di Indonesia, tumbuh dan berkembang dengan baik serta masih masyarakat Karo gunakan hingga saat ini. Meskipun sebagian lagi menggunakan aksara Latin.

Tulisan Karo merupakan suatu kumpulan dari banyaknya tanda, karakter maupun simbol yang bertujuan untuk menyatakan sesuatu. Pemakaiannya sendiri sudah disepakati oleh masyarakat dari Karo itu sendiri. Aksara ini adalah milik dari masyarakat etnis, bahkan tersebar di pesisir timur Sumatera.

Tidak hanya di pesisir timur Sumatera saja, akan tetapi aksara Karo ini juga tersebar luas hingga dataran tinggi Karo yang terbentang di atas pegunungan Bukit Barisan. Aksara ini patut untuk dilestarikan, mengingat tak banyak orang yang menggunakannya karena memakai aksara Latin.

Beberapa Pilihan Kamus Bahasa Karo

Di era yang semakin canggih seperti saat ini, Anda bisa banyak mempelajari bahasa daerah seperti bahasa Karo ini dengan cukup mudah dari mana saja. Itu karena di zaman sekarang telah ada kamus khusus atau bahkan media / buku / internet yang bisa diakses kapan pun. Kamus tersebut antara lain:

  1. Linggo

Linggo merupakan sebuah platform penerjemahan khusus untuk bahasa Karo yang ada di Indonesia ini. Di dalamnya ada sistem crowdsourcing serta pemberitahuan mengenai biaya dan juga waktu terjemahan secara otomatis. Linggo ini menjadi salah satu solusi dari kendala belajar bahasa daerah.

Dengan adanya Linggo sebagai platform penerjemahan, Anda bisa menerjemahkan bahasa Karo dalam bentuk tulisan maupun gambar, rekaman suara yang diunggah ke dalam platformnya. Sebelum menggunakan Linggo ini setiap pengguna harus melalui tes pilihan ganda terlebih dahulu.

  1. Kamus Karo Offline

Salah satu aplikasi kamus bahasa Karo yang bisa Anda gunakan, yaitu Kamus Karo Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat diakses tanpa adanya data internet. Bahkan ukuran kapasitas memorinya juga tak akan memenuhi RAM di handphone, karena ukurannya hanya sekitar 4,3 MB.

Di dalam aplikasi Kamus Karo Offline, Anda akan menjumpai kosa kata mengenai bahasa tersebut. Bahkan bisa menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Karo atau bahkan sebaliknya. Di sisi lain, kamus Maknaa ini juga menyediakan kosakata angka secara lengkap serta mencari kata yang pengguna inginkan.

  1. Penerjemah Karo – Indonesia

Ada lagi aplikasi bernama Penerjemah Karo – Indonesia yang bisa Anda akses secara offline / tanpa adanya data internet. Bahkan dapat pengguna gunakan kapan saja untuk belajar bahasa Karo. Ukurannya tak membuat kapasitas memori RAM handphone penuh, karena hanya 3,4 MB.

Kelebihan yang terdapat dalam aplikasi Penerjemah Karo – Indonesia ini, yaitu Anda bisa menerjemahkan bahasa asli ke bahasa Karo atau bahkan sebaliknya. Kemudian, terjemahan tersebut bisa pengguna bagikan ke sosial media mana pun hanya dengan sekali klik. Hasilnya pun 100% benar.

Ulasan Menarik Lain dari Bahasa Karo

Sebagai bahasa daerah yang perlu Anda lestarikan, kenali beberapa makna dan arti dari bahasa Karo ini. Tidak ada bedanya dengan bahasa lainnya, bahasa tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Bahkan dialek / cara pengucapannya sangat menarik, seperti saya berganti menjadi aku.

  1. Arti Kata Cantik Dalam Bahasa Karo

Sama halnya dengan bahasa daerah kebanyakan, bahasa Karo ini juga memiliki keunikannya sendiri. Seperti halnya arti dari kata cantik yaitu mberu. Namun, ternyata arti dari kata cantik tersebut tak hanya ada satu artian saja. Melainkan masih ada terjemahan lain yang bisa orang gunakan untuk mengungkapkan arti tersebut.

Artian dari kata cantik tersebut memiliki banyak arti, antara lain seperti “ietehna man bana mberu”, “uli”, “mehuli”,”jile”, “ratam”, “tatam”.Tidak hanya itu saja, kosa katanya pun akan berbeda-beda juga seperti misalnya arti dari perilaku, pakaian dan lain-lain yaitu “erlemet”, wajah berarti “mecirung”.

  1. Bahasa Karo Aku Sayang Kamu

Ungkapan rasa sayang selalu akan terucap oleh banyak orang, baik dari yang masih anak-anak sampai dengan orang dewasa sekali pun. Seperti yang telah Anda ketahui, bahasa daerah itu memiliki keunikannya sendiri. Bahkan pengucapan rasa sayang ini juga akan berbeda-beda.

Seperti pada ungkapan rasa sayang dari bahasa Karo, biasanya kalimat yang seringkali orang gunakan adalah “Hanya dirimu seorang yang dapat meluluhkan hati ini. Hanya Kaulah yang aku inginkan menjadi pendamping hidup” menjadi “Kam ngenca ibas pusuhku, kam ngenca kuharapkan teman geluhku”.

  1. Angka Dalam Bahasa Karo

Sama halnya seperti bahasa asing maupun daerah lainnya, setiap pengucapan hingga arti kosa kata pasti berbeda-beda. Seperti bahasa Jawa angka 1 artinya “Siji”, dua “Loro” dan lain-lain. Begitu pula yang ada pada bahasa Karo.

Meskipun angka lainnya terkadang memiliki kesamaan dengan bahasa daerah lain, akan tetapi arti angka bahasa Karo cukup unik. Seperti misalnya saja, satu menjadi “Sada”, dua tetaplah “Dua”, tiga sama seperti bahasa Jawa yang berarti “Telu”, empat masih berarti “Empat, dan lima “Lima”.

  1. Hewan Dalam Bahasa Karo

Kemudian, ada arti unik lagi dari bahasa Karo yaitu atas nama hewan. Mengapa unik? Itu karena sebutan setiap hewan tersebut terkadang terdengar aneh namun tetap ada kesan keunikannya. Seperti misalnya saja pada arti ikan menjadi “Nurung”.

Tidak hanya itu saja, masih ada lagi setiap nama hewan dalam bahasa Karo yang unik lainnya. Seperti anjing menjadi “Biang”, burung “Perik”, cacing “Gaya”, ular “Nipe”. Bagaimana, unik bukan? Kesannya seakan berkaitan erat dengan gaya hidup.

  1. Bahasa Tanaman dan Buah Dalam Bahasa Karo

Selanjutnya, ada arti dari nama tanaman dalam bahasa Karo yang tak kalah uniknya. Sedangkan, untuk pengucapannya sendiri / dialeknya, tentu saja berbeda-beda setiap daerah. Seperti contoh akar menjadi “Urat”, daun artinya menjadi “Bulung”, rumput “Dukut”.

Sedangkan arti dari buah dalam bahasa Karo, seperti misalnya jika Anda menyebut buah maka sebutannya bahasa Karo tetaplah sama. Namun, berbeda lagi jika mengucapkan nama atau bagian dari buah itu sendiri. Misalnya biji justru masyarakat ucapkan dengan “buah”.

Demikian penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Karo. Temukan juga kamus bahasa daerah dan kamus bahasa Cina hanya di situs Maknaa. Beserta dengan arti dari setiap ungkapan dan nama lainnya. Sebagai bahasa daerah yang unik, terkadang mempelajari bahasa ini cukup sulit dan membingungkan. Namun, Anda bisa terbantu dengan adanya kamus tersebut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *