Kamus Bahasa Korea dan Pengertian Lainnya

Kamus Bahasa Korea

Hingga saat ini, demam Korea masih merajai sebagian besar kaum anak muda di zaman sekarang. Mengingat dengan banyaknya drama yang mampu menyayat dan menggugah hati para penontonnya. Bagi Anda yang ingin menguasai bahasanya, ketahui informasi dari kamus bahasa Korea.

Sejarah dari Bahasa Korea yang Mendunia

Bahasa yang banyak orang Korea gunakan tersebut terkenal dengan sebutan Hangeul. Siapa yang mengira jika tulisan tersebut justru memiliki sejarahnya sendiri dan terkenal sangat panjang. Sebelum tercipta, bangsa Korea menggunakan aksara Tiongkok untuk dapat berkomunikasi dengan yang lain.

  1. Hangeul Diciptakan oleh Seorang Raja Sejong

Tulisan Korea atau biasanya terkenal dengan sebutan Hangeul ini, kabarnya merupakan ciptaan dari Raja Sejong. Beliau adalah raja ke empat dari Dinasti Joseon dengan nama lengkapnya yaitu Agung Sejong. Meskipun saat itu, orang Korea sudah memiliki bahasa urusannya sendiri namun mereka masih memakai abjad Cina.

Terkecuali pada keluarga kerajaan maupun bangsawan, mereka memiliki akses untuk dapat belajar bahasa rumit satu ini. Sehingga hasilnya, masyarakat yang di luar golong tersebut justru mengalami buta huruf. Raja keempat Dinasti Joseon, Sejong percaya jika rakyatnya akan makmur jika bisa baca tulis.

  1. Setiap Tahun Memperingati Hari Hangeul

Perlu Anda ketahui, bahwa masyarakat di Korea sana selalu memperingati hari Hangeulnya setiap tahun. Tepatnya pada tanggal 15 Januari, berbeda lagi dengan yang ada di Korea bagian Selatan. Mereka memperingati di tanggal 9 Oktober, acaranya juga selalu padat karena mereka menikmati.

Perayaan tersebut sudah menjadi ciri khas mereka. Bahkan buku panduan Korea bernama Hunminjeongeum Haeyebon, kini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO tepat pada bulan Oktober 1997. UNESCO juga memberi penghargaan kepada orang serta organisasi King Sejong Award.

  1. Memiliki Banyak Dialek Daerahnya

Sama seperti di Indonesia, Korea juga memiliki banyak dialeknya sendiri terutama di bagian Selatan. Bahasa yang ada di kota Seoul telah banyak dianggap sebagai salah satu bahasa standar orang Korea. Berbeda lagi dengan wilayah lain, seperti di Busan, Jeju, Daegu karena ada bahasanya sendiri.

Unik sekali bukan? Begitulah Korea, inilah mengapa banyak warga Indonesia yang berkeinginan untuk bisa berkunjung kesana untuk bisa merasakan langsung tradisi dari bahasa dan dialek di setiap wilayahnya. Bahkan banyak dari mereka yang antusias dalam mempelajarinya juga.

  1. Memiliki Sistem Honorifik

Sistem honorifik ini merupakan bentuk pernyataan yang jauh lebih sopan serta halus. Di Korea, mereka banyak yang menggunakannya karena sebagai salah satu ungkapan dari rasa hormat kepada lawan bicaranya. Termasuk menyebut seseorang yang lebih tua, cara pengucapannya beda.

Kabarnya, sistem honorifik ini cukup rumit. Hal tersebut terbukti dari penggunaan kata kerja beserta kosakatanya yang berbeda dan tergantung pada orang yang akan terlibat dan diajak berkomunikasi. Ada 3 tingkatan sopan bahasa Korea, yaitu “nida” (formal), “a/o/yo” (sedikit formal), dan tak ada akhiran (percakapan santai).

  1. Memiliki Dua Sistem Perhitungan

Hal unik yang terdapat pada bahasa Korea lainnya, yaitu dengan adanya dua sistem perhitungan. Hal ini masih ada kaitannya dengan pengaruh budaya dari Tiongkok dalam urusan perbendaharaan. Dari sini Anda bisa mulai belajar cara hitung dengan 2 sistem, misal 1 dibaca il dan juga hana.

Jika Anda bandingkan dengan yang ada di Indonesia, sebenarnya sama saja. Seperti cara hitung pada setiap bahasa daerah, tentu saja akan berbeda. Hal tersebut sama juga dengan di Korea, jadi ketika hendak belajar bahasa Korea. Tak akan lengkap jika hanya mempelajari satu cara saja, harus semuanya.

Apa Itu Kamus Bahasa Korea?

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan bahasa satu ini bukan? Mengingat kini semakin marak drama yang banyak menampilkan pemuda tampan, begitu pula dengan para idol perempuan yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di Indonesia. Terlebih lagi akting dari artis tersebut sangat mendalami.

Tidak dapat dipungkiri juga, bahwa boyband asal Korea juga yang menjadikan banyak masyarakat Indonesia antusias dalam belajar bahasa Korea. Tujuannya sederhana saja, karena ingin mengetahui dan memahami arti dari percakapan yang biasanya katakan di tayangan favorit mereka.

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Korea juga, kini telah banyak tempat kursus atau bahkan jika ingin belajar sendiri di rumah caranya mudah saja. Yaitu hanya dengan mengandalkan aplikasi atau kamus bahasa Korea yang biasanya sudah banyak tersedia dan tersebar di mesin pencari Google.

Materi Dasar di dalam Kamus Bahasa Korea

Berkat drama Korea yang semakin marak, kini masyarakat Indonesia menjadi sangat antusias untuk belajar bahasa tersebut. Pasalnya mereka ingin mempelajari dan memahami apa yang biasanya ucapkan. Jika Anda juga ingin belajar bahasanya, ada baiknya mempelajari materi dasarnya dulu.

Seperti misalnya saja dengan belajar kosakata secara perlahan-lahan, karena jika ingin pintar dalam berbahasa Korea. Harus mengetahui kosakatanya terlebih dahulu, kemudian berlanjut ke tahap percakapan. Dalam tahap ini, Anda harus belajar dengan orang lain atau ada lawan bicaranya.

Dengan begitu, akan semakin mudah dalam melakukan percakapan sesungguhnya. Namun, akan lebih baik lagi jika belajar langsung di tempat kursus. Mengingat di sana akan tersedia banyak materi mulai dari dasarnya. Sehingga akan mudah untuk belajar sampai menjadi ahli bahasa Korea.

Beberapa Contoh Bahasa Korea

Belajar bahasa Korea itu sebenarnya mudah saja, akan tetapi semua itu tergantung dari setiap orang. Jika mengalami kesulitan saat melalui tahapan pemahaman kosa kata, maka mereka seringkali ingin menyerah. Semoga hal tersebut tidak terjadi pada Anda, karena di bawah ada beberapa contohnya.

  1. Contoh Kosakata Bahasa Korea yang Halus

Belajar bahasa Korea itu terkadang sulit dan bisa saja terbilang mudah. Semuanya bergantung pada masing-masing orang. Namun, jika Anda bersikeras untuk mempelajarinya. Ada baiknya mulai dari pemahaman kosakata Korea halus terlebih dahulu supaya pembelajarannya lebih mudah.

Salah satu kosakata yang bisa Anda pelajari, yaitu seperti pengucapan “Kamsahamnida” atau “Komapseumnida” yang artinya terima kasih. Lalu pengucapan “Choesonghamnida” atau “Mianhamnida” artinya maaf. Lalu “Annyeong Haseyo” artinya apa kabar.

  1. Contoh Kosakata Bahasa Korea yang Halus Ya atau Tidak

Pengucapan kosakata bahasa Korea yang halus tidak hanya itu saja, masih ada beberapa jenis yang masih perlu Anda pelajari lagi. Seperti pada pengucapan ya atau tidak, hal ini menyangkut pengucapan kepada yang lebih tua maupun dengan yang sebaya. Jadi, harus beda ucapannya.

Contoh kosakata bahasa Korea dengan pengucapan kata ya atau tidak, bisa Anda ucapkan seperti “Ne” berarti ya / iya. Sedangkan “Aniyo” memiliki arti bukan atau tidak. Bisa Anda bedakan, mana yang seharusnya diucapkan kepada lawan bicara sebaya atau dengan yang lebih tua.

Seperti itulah penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Korea. Beserta dengan pembahasan sejarah, pengertian, materi dasar sampai dengan contoh kosakata bahasa Korea yang seharusnya Anda pelajari. Jika ingin bisa, lakukan dan pahami bahasanya secara rutin supaya cepat hafal. Simak juga Kamus Bahasa Inggris ke Indonesia dan Kamus Bahasa Jepang hanya di situs Maknaa.com.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *