Kamus Bahasa Manado dan Beberapa Pembahasan Terkait

Kamus Bahasa Manado

Sebagai kota terbesar nomor dua di daerah Sulawesi setelah Makassar, Manado memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dengan wilayah di Indonesia kebanyakan. Termasuk cara pengucapan kosa kata dan bahasanya. Kenali hal tersebut secara mendalam di kamus bahasa Manado.

Sejarah Bahasa Manado

Bahasa Manado sendiri hampir menyerupai dengan bahasa Indonesia pada umumnya, akan tetapi bahasa tersebut memiliki dialek yang sangat khas. Tidak hanya berasal dari bahasa Melayu saja, kabarnya bahasa Manado ini dipengaruhi oleh kolonialisme.

Banyak berbagai sumber yang mengatakan bahwa asal muasal bahasa Manado ini seringkali digunakan oleh pedagang ketika mereka melakukan transaksi di sekitar pelabuhan laut di Manado. Seiring dengan perkembangannya, bahasa Manado kaya akan kata-kata serapan dari bahasa asing.

Seperti halnya berasal dari bahasa Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, Prancis dan masih banyak bahasa asing lainnya. Bahasa Manado juga terdapat campuran dari bahasa daerah Indonesia lainnya. Namun, yang paling banyak diserap ialah bahasa dari Belanda, kemudian Portugis dan Spanyol.

Beberapa Fakta Unik dari Bahasa Manado

Bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Manado, ada baiknya juga harus membaca dan mengetahui sejarahnya secara mendalam. Tidak akan lengkap rasanya jika hanya dapat mengucapkan kosa kata, tanpa tahu apa yang menjadi ciri khas dari bahasa daerah tersebut.

1. Serapan dari Bahasa Portugis

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bahasa Manado ini merupakan salah satu bahasa yang menyerap bahasa asing lain yaitu bahasa Portugis. Jadi, dalam penulisan dan pengucapannya pun juga pasti berbeda dari bahasa daerah kebanyakan.

Serapan bahasa asing ke dalam bahasa Manado ini, salah satunya adalah bahasa Portugis benar-benar sangat mirip. Contohnya saja ketika dalam bahasa Indonesia yang berarti tidur, maka orang Manado akan menyebutkannya dengan “Sono”. Hal tersebut sama seperti bahasa Portugis.

2. Serapan dari Bahasa Spanyol

Selain itu, bahasa Manado juga menyerap bahasa asing lainnya. Seperti pada bahasa Spanyol yang artinya bahkan kosa katanya mirip. Itulah mengapa, sebagai seorang yang ingin mempelajari bahasa ini. Ada baiknya mengetahui apa saja ciri khas dari bahasa Manado sendiri supaya mudah belajarnya.

Salah satunya dengan mengetahui cara pengucapan kosa kata yang terbilang cukup unik. Contohnya saja pada bahasa Indonesia yang berarti pepaya. Maka dalam bahasa Manado, masyarakat di sana akan mengucapkannya dengan “Papaya”. Begitu pula dengan apa yang dikatakan orang Spanyol.

3. Serapan dari Bahasa Belanda

Kata ganti orang Manado sangatlah berbeda dengan bahasa Indonesia pada umumnya, seperti contohnya saja kata ganti orang pertama tunggal. Masyarakat yang ada di sana menyebutnya dengan sebutan “Kita”. Sedangkan orang kedua mereka sebut “Ngana”, kedua jamak “Ngoni”.

Hal ini juga sama seperti bahasa Manado yang menyerap bahasa asing, seperti bahasa Belanda. Setiap kosa katanya sangat mirip, contohnya saja dalam bahasa Indonesia yang berarti garpu. Orang Manado akan menyebutnya “Forok”. Sedangkan bahasa Belanda menyebutkan “Vork”. Mirip bukan?

4. Kata Ganti Orang Bahasa Manado

Berbeda halnya dengan bahasa Indonesia, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa bahasa Manado ini memiliki keunikannya sendiri. Terlebih lagi dalam pemilihan kata ganti orang, tentu saja sangatlah berbeda dengan bahasa daerah kebanyakan. Sebagai orang yang belajar bahasa ini, berhak tahu.

Kenali kata ganti orang dari bahasa Manado ini terlebih dahulu, sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari bahasa daerah ini. Untuk orang pertama, orang Manado menyebutnya “Kita”, kedua tunggal “ Ngana”, ketiga tunggal “Dia”, pertama jamak “Torang”, kedua jamak “Ngoni”, ketiga jamak “Dorang”.

5. Ciri Khas dari Bahasa Manado

Seperti yang sudah ada dalam pembahasan sebelumnya, bahasa Manado memiliki keunikannya sendiri. Hal tersebut memang benar adanya, seperti dengan kata somo, pangba, akang, pang, kase dan juga kase. Semua kata tersebut merupakan kata-kata yang menjadi ciri khas dari Manado.

Somo sendiri merupakan kata yang memiliki gambaran tentang kejadian yang akan dimulai / bakal terjadi. Pang berarti kata dengan perbuatan sifat negatif, Pangba kata yang menjelaskan suatu perilaku yang banyak orang sukai, Pe kata ganti milik. Sedangkan ada dan kase itu kata yang penyebutnya selalu orang singkat.

6. Imbuhan Bahasa Manado

Dalam bahasa Manado, untuk awal ter akau berubah menjadi “ta”. Sedangkan awalan me akan berubah “ma”. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk keunikan yang jarang sekali masyarakat jumpai. Itulah mengapa, Anda harus mempelajari sampai ke akarnya jika ingin ahli bahasa ini.

Imbuhan dalam bahasa Manado ini memang terlihat sedikit rumit, akan tetapi jika Anda berani mencobanya maka mudah saja. Contohnya kata keluar menjadi “Kaluar”, kalapa berubah jadi “Kalapa”. Hanya sebatas itu perubahannya, jadi harus benar-benar teliti.

Aplikasi Belajar Bahasa Manado

Dalam menunjang pembelajaran bahasa daerah, seperti pada bahasa Manado ini contohnya. Setiap pelajar bisa mengunduh kamus secara online di google play store gratis. Dengan begitu, belajar dapat dilakukan di mana saja kapan saja. Bahkan bisa mengulang materi sesuai keinginan sampai bisa.

1. Kamus Bahasa Manado Offline

Salah satu aplikasi belajar yang sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Manado, yaitu Kamus Bahasa Manado Offline. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa pengguna akses secara offline / tanpa adanya data internet. Jadi, belajar menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi Kamus Bahasa Manado Offline ini juga terdapat fitur menarik lainnya yang bisa membantu memudahkan proses belajar setiap pengguna. Fitur tersebut antara lain, penerjemah dari bahasa Manado ke Indonesia / sebaliknya, filter search, copy dan ada bookmark.

2. Kamus Bahasa Manado

Selain itu, masih ada aplikasi bermanfaat lain yang bisa Anda gunakan sebagai ajang belajar bahasa daerah. Salah satunya aplikasi Kamus Bahasa Manado, setiap pengguna bisa mendownloadnya gratis di google play store. Tidak perlu khawatir juga untuk ukuran aplikasinya, karena ukurannya hanya 2.8 MB.

Di dalam aplikasi Kamus Bahasa Manado ini, Anda bisa belajar mengenai bahasa daerah tersebut secara leluasa. Fiturnya sendiri bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke Manado, bahkan ada fitur acak yang bisa pengguna gunakan untuk dapat menghafal setiap kosa kata yang keluar nantinya.

3. Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder

Selanjutnya, ada aplikasi yang bernama sama seperti pembahasan sebelumnya. Namun, dengan developer yang berbeda tentu saja. Anda patut mencoba untuk mengunduh aplikasi Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder ini. Sudah banyak orang menggunakannya dan mengaku puas.

Di dalam aplikasi maknaa Kamus Bahasa Manado by Jojo AppBuilder ini, Anda akan menjumpai banyak kosa kata yang biasanya orang Manado gunakan sebagai percakapan sehari-hari. Bahkan setiap pengguna juga bisa mencari katanya secara pribadi. Sedangkan fiturnya, ada usulkan kata baru dan kontributor.

Dengan penjelasan yang terdapat dalam artikel kamus bahasa Manado di atas. Pada situs ini, terdapat juga kamus bahasa Thailand dan kamus bahasa Karo. Semoga Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi menarik dan menjadi lebih mengerti tentang sejarah sampai dengan pembahasan kosa kata bahasa Manado. Selamat berjuang untuk mempelajari bahasa daerah ini.

1 thought on “Kamus Bahasa Manado dan Beberapa Pembahasan Terkait”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Spanyol dan Sejarah Bahasanya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *