Kamus Bahasa Mandarin: Mulai dari Sejarah dan Manfaatnya

Kamus Bahasa Mandarin

Belajar bahasa Mandarin juga sama saja dengan saat Anda mempelajari bahasa daerah. Semua itu tentu saja harus memiliki dasarnya terlebih dahulu, supaya bisa melanjutkan proses belajar selanjutnya yaitu bercakap / praktek dengan orang aslinya. Oleh karena itu, ketahui juga kamus bahasa Mandarin.

Sejarah dari Bahasa Mandarin

Berbicara mengenai sejarah bahasa Mandarin ini, sebenarnya melewati beberapa tingkatan periode. Pertama periode Tionghoa kuno, Tionghoa pertengah, Mandarin kuno dan pertengahan. Kemudian, yang terakhir adalah Mandarin Modern. Pada masa Tionghoa kuno, tulisan Cina sekitar tahun 1250.

Aksara tersebut tertulis di cangkang penyu serta tulang hewan. Kabarnya, banyak orang mengatakan bahwa gunanya adalah untuk peramalan. Di Tionghoa Pertengahan ini, merupakan induknya dari beberapa macam variasi bahasa Mandarin. Sedangkan Mandarin kuno berasal dari tahun 1250 M.

Tulisannya sama-sama ditemukan di cangkang penyu serta tulang hewan. Untuk Mandarin pertengahan, seringkali orang katakan sebagai nenek moyang dari varietas Cina modern. Hal ini sama seperti pada sejarah yang ada pada masa Mandarin modern.

Beberapa Kegunaan dari Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, ternyata bahasa Mandarin juga termasuk ke dalam bahasa internasional. Bahasa satu ini tidak hanya bisa Anda gunakan ketika sedang bepergian ke Tiongkok saja, akan tetapi dapat digunakan dalam urusan bisnis dan masih banyak kepentingan lainnya.

  1. Dapat Bepergian ke Tiongkok

Salah satu kegunaan bahasa Mandarin yang bisa Anda dapatkan, yaitu sangat bermanfaat ketika bepergian ke Tiongkok. Tidak semua masyarakat di sana bisa berbahasa Inggris, jadi sebagai pengunjung / tamu harus menggunakan bahasa asli dari sana.

Jika Anda bepergian ke Tiongkok dengan kemampuan bahasa Mandarin yang bisa terbilang minim, justru akan menyusahkan saat berada di sana. Maka, ini akan menjadi asal memilih rumah makan atau bahkan salah pilih restoran yang tidak halal. Mengingat makanan di sana tidak seperti di Indonesia.

  1. Jumlah Penutur Bahasa Paling Luas

Tahukah Anda bahwa bahasa Mandarin ini tidak hanya orang gunakan di Tiongkok saja, akan tetapi masih banyak masyarakat lain yang menggunakannya. Seperti contohnya saja di Taiwan serta Singapura. Bahkan hal ini memungkinkan di Amerika Serikat banyak orang yang pakai bahasa ini.

Mengingat persebaran masyarakat Tionghoa juga hidup secara berkelompok di beberapa negara besar, seperti Amerika Serikat contohnya. Bahkan di Inggris puns, hampir 19,8% mahasiswa asingnya menempuh pendidikan di sana dan berasal dari Tiongkok. Inilah bukti bahwa bahasa Mandarin banyak digunakan di hampir seluruh penjuru dunia.

  1. Memahami Berbagai Budaya Serta Sejarah dari Tiongkok

Kalau Anda ingin dapat memahami berbagai budaya beserta dengan sejarah dari Tiongkok, tentu saja harus mengerti bahasa Mandarin dulu. Perlu diketahui, bahwa mengenal budaya tersebut merupakan salah satu hal yang dapat menjadikan setiap orang senang. Mengapa begitu?

Itu karena Anda bisa mendapatkan banyak fakta yang cukup menarik mengenai Tiongkok. Dengan mengetahui berbagai macam sejarah dan juga budayanya, tidak cukup melalui buku Konfusius atau bahkan buku yang memiliki kaitan erat dengan sejarahnya. Namun, ada fakta yang tak akan bisa orang terjemahkan ke bahasa lain.

  1. Banyak Alat yang Dapat Membantu Seseorang Belajar Bahasa Mandarin

Di era yang semakin modern seperti sekarang ini, telah semakin banyak marak alat yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan atau aktivitas apapun. Termasuk dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin ini. Anda dapat membaca buku, bahkan video yang ada di internet.

Tentu saja yang memiliki keterkaitan erat dengan bahasa Mandarin, Anda juga bisa membaca melalui blog seseorang. Hal tersebut seakan-akan merasa seperti memiliki guru pribadi di rumah tanpa harus mengikuti kursus bahasa Mandarin. Hanya dengan mengandalkan fitur internet semuanya beres.

  1. Mandarin Telah Menjadi Salah Satunya Bahasa Bisnis dan Wisata

Tahukah Anda bahwa kini semakin banyak orang di luar Tiongkok yang tertarik untuk menjalin kerja sama dalam urusan bisnis? Hal tersebut terbukti ketika pihak yang bersangkutan datang ke Tiongkok serta mencari sebuah peluang usaha yang mereka kira akan menguntungkan.

Selain dalam urusan bisnis, masyarakat di Tiongkok juga sangat gemar melakukan pariwisata ke luar negeri. Seperti misalnya saja ke Jepang, Amerika Serikat, Australia, dan juga Thailand. Bila Anda memiliki keinginan bekerja dalam bidang tourism, maka akan semakin besar peluang bisa bahasa ini.

  1. Melatih Otak

Menurut penelitian, ada sebuah penjelasan yang menyatakan bahwa dengan belajar bahasa Mandarin. Maka satu dari bagian otak akan bekerja secara aktif. Lebih uniknya lagi, otak Anda tak akan mungkin bisa bekerja bila belajar bahasa yang lain. Yang jelas selain bahasa Mandarin ini.

Hal tersebut terbukti dari bahasa Mandarin yang memiliki banyak keunikan, seperti halnya ton serta karakter yang membuat otak Anda bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Bahkan belajar menulis Mandarin juga bisa merangsang otak, tujuannya agar seseorang memiliki daya ingat yang baik.

  1. Memiliki Peluang Pekerjaan yang Besar

Di zaman yang semakin berkembang secara modern ini, tak dapat Anda pungkiri jika banyak perusahaan atau lapangan pekerjaan yang lain membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan dalam berbahasa Mandarin.

Tiongkok sendiri telah menjadi suatu peranan yang sangat penting dalam sektor ekonomi. Inilah yang menjadi keuntungannya, karena hampir dari keseluruhan sektor kehidupan berkaitan erat dengan ekonomi. Oleh karena itu, jika Anda bisa bahasa Mandarin maka peluang dapat kerja bagus lebih besar.

Rekomendasi Kamus Bahasa Mandarin Terbaik

Bahasa Mandarin terkadang banyak orang beranggapan merupakan bahasa yang lumayan sulit. Dalam hal ini tentu saja tidak boleh berhenti di tengah jalan, jika Anda memang antusias untuk belajar. Maka ada jalan pintas lain untuk bisa belajar, yaitu dengan menggunakan aplikasi.

  1. Learn Chinese & Learn Mandarin Free

Dengan kecanggihan teknologi di zaman sekarang, semuanya bisa Anda dapatkan secara mudah. Termasuk dalam belajar bahasa Mandarin, kini telah hadir aplikasi unggulan bernama Learn Chinese & Learn Mandarin Free. Di dalamnya setiap orang akan bisa belajar bahasa Mandarin gratis.

Itu karena aplikasinya gratis untuk bisa Anda unduh. Di dalam aplikasinya sangat cocok bagi orang yang ingin mempelajari bahasa Mandarin, asah kemampuan percakapan pada aplikasi satu ini. Konsepnya sendiri menyerupai media sosial yang bisa berkenalan langsung dengan orang asing.

  1. Chinese Fun Easy Learn

Kemudian, ada aplikasi lain yang tak kalah bagusnya yaitu Chinese Fun Easy Learn. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk bisa menghafal serta mempelajari berbagai macam kosakata bahasa Mandarin dengan mudah.

Kelebihan yang terdapat di dalam aplikasi ini, yaitu telah menyediakan tiga level seperti beginner, intermediate beserta dengan advance. Jadi, para penggunanya dapat secara mudah mengukur kemampuannya sendiri dalam bahasa Mandarin, seberapa tingkatan levelnya.

  1. Speak Chinese

Selain kosakata dan hurufnya, belajar bahasa Mandarin tak cukup dengan hal tersebut saja. Itu karena proses pembelajaran bahasa asing juga memerlukan praktek. Tujuannya supaya bisa dengan mudah merealisasikan apa yang telah Anda pelajari sebelumnya.

Nah, praktekkan pelafalan bahasa Mandarinnya dengan menggunakan aplikasi Speak Chinese. Mengingat pengucapan bahasa tersebut sangat sulit, jadi harus mencoba mengucapkannya juga. Aplikasi ini akan membantu Anda berucap Mandarin seperti orang asing.

Demikian penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Mandarin maknaa. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah, kegunaan sampai dengan rekomendasi beberapa macam kamus bahasa Mandarin, kamus bahasa Batak dan kamus bahasa Melayu yang patut Anda coba.

1 thought on “Kamus Bahasa Mandarin: Mulai dari Sejarah dan Manfaatnya”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Belanda Lengkap dengan Tips untuk Menguasainya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *