Kamus Bahasa Melayu dan Tips untuk Menguasainya

Kamus Bahasa Melayu

Bahasa Melayu atau seringkali terkenal dengan bahasa Malaysia. Memiliki pelafalan yang serupa dengan bahasa Indonesia. Jika berbeda pun, hanya sedikit saja. Adapun poin yang menjadi keunikan tersendiri yaitu, kosakatanya yang terkadang membuat gagal paham. Untuk itu, pelajari kamus bahasa Melayu.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Belajar Bahasa Melayu

Bahasa Melayu atau seringkali terkenal dengan sebutan bahasa Malaysia ini, mempunyai banyak keunikan tersendiri. Seperti pada pelafalannya yang menyerupai bahasa Indonesia, jika memang ada perbedaan hanyalah sedikit saja. Kosakatanya pun terkadang membuat beberapa orang gagal paham.

Pasalnya, banyak sekali kata serapan yang terdapat di dalam bahasa Melayu tersebut. Tidak heran bila Anda akan menemukan kesulitan saat mempelajari bahasa Melayu ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak terlihat sulit ketika belajar bahasa ini.

Kosakata yang terdapat di bahasa Melayu ini kebanyakan adalah menyerap bahasa Inggris, terutama pada percakapan. Penulisannya pun juga sama saja, kemudian yang kedua kosakata dengan perubahan penulisan seperti colej atau mesej. Lalu ketiga, mempunyai pelafalan dan penulisan sama.

Karena adanya kata serapan yang lumayan banyak, maka salah satu cara untuk mempelajarinya ialah dengan menggunakan kamus bahasa Melayu. Dengan kamus Maknaa, Anda pasti akan dengan mudah mendapatkan kosakata asli Malaysia sebagai pendamping belajar sehari-hari.

Beberapa Tips Mudah Menguasai Bahasa Melayu

Proses menguasai bahasa Melayu itu sebenarnya tidak sesulit yang orang bayangkan, hal tersebut bergantung pada masing-masing orang. Terlebih lagi, kosakata bahasa Malaysia ini memiliki kesamaan dengan bahasa Indonesia. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk bisa mempelajarinya.

  1. Menonton Film Serta Memahami Kosakata Bahasa Melayu

Salah satu cara tercepat agar Anda mudah mempelajari bahasa Melayu, yaitu dengan menonton film berbahasa Melayu. Sebagai permulaannya, mulailah dengan menonton tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Dengarkan percakapan yang ada di dalam film tersebut, maka akan terbiasa.

Bila masih kesulitan, pakai subtitle boleh akan tetapi jangan terlalu sering. Jika Anda menemukan beberapa kosakata yang terbilang susah, catat dan cari artinya nanti setelah film selesai. Anda juga bisa menggunakan kamus khusus bahasa Melayu selama menonton agar lebih mudah cari katanya.

  1. Mempelajari Kata Dasar dari Bahasa Melayu

Sebelum menerapkan bahasa Melayu ke dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya Anda mempelajari beberapa kata dasar dari bahasa tersebut terlebih dahulu. Tujuannya agar lebih mudah untuk merealisasikan menjadi percakapan. Karena segala sesuatu akan mudah terlaksana dari dasar.

Anda dapat mencari kata dasarnya mulai dari subjek seperti aku, dia dan juga kamu. Setelah mengetahui beberapa kosakata tersebut, mulailah sedikit demi sedikit dan perlahan untuk berbicara kalimat itu ke dalam bahasa Melayu di depan cermin. Bila perlu, tulis juga sesuatu agar bisa melatih kemampuan pelafalan serta menulis.

  1. Mengikuti Komunitas Orang Melayu / Malaysia

Selain itu, ada baiknya juga jika Anda mengikuti suatu komunitas orang Melayu atau Malaysia. Misalnya bergabung dengan grup chatting di sosial media tertentu, supaya bisa menemukan orang yang bersangkutan untuk bisa diajak melakukan obrolan. Dengan begitu, akan lebih mudah prakteknya.

Itu karena secara tidak langsung Anda sudah melakukan praktek dengan orang asli asal Melayu / Malaysia. Tidak sulit untuk mengikuti komunitas seperti itu, mengingat dunia di zaman sekarang ini sangatlah canggih. Jadi, semuanya dapat Anda temukan secara mudah di berbagai sosial media.

  1. Bekerja Atau Tinggal di Malaysia

Supaya bisa cepat beradaptasi serta mempraktekkan bahasa Melayu dengan benar dan tepat secara langsung. Ada baiknya Anda bekerja atau bahkan tinggal di Malaysia saja. Hal tersebut merupakan salah satu cara alternatif supaya dapat mudah menguasai bahasa Melayu dengan cepat.

Di sana Anda akan bertemu dengan banyak orang, bahkan berinteraksi dengan mereka secara langsung. Sehingga proses belajar bahasa Melayu akan jauh lebih cepat berhasil, jangan malu juga untuk memulai percakapan dengan orang di sana. Mereka pasti paham dan juga mau membantu.

  1. Mendengarkan Beberapa Lagu Melayu

Di zaman yang semakin canggih seperti ini, Anda akan dengan mudah menemukan dan mendownload berbagai macam genre lagu bahasa Melayu. Hal tersebut tentu saja dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Malaysia, dengan mendengarkan maka otak mudah mengingat.

Terlebih lagi jika lagunya Anda ulang berkali-kali. Saat mendengarkan lagu tersebut, catat juga beberapa lirik yang artinya tidak diketahui. Alhasil, nantinya ketika lagu sudah selesai, bisa mencari artinya di internet atau berbekal kamus kecil khusus untuk dapat mempelajari bahasa Melayu.

  1. Jalan – jalan ke Malaysia

Berbeda dengan bekerja atau tinggal di Malaysia, jika tidak memungkinkan Anda bisa hanya dengan berjalan-jalan ke sana. Sekarang ini telah ada banyak maskapai penerbangan yang seringkali memberikan penawaran diskon besar-besaran. Jadi, tak perlu membayar mahal untuk bisa ke Malaysia.

Anda juga hanya perlu menyiapkan uang jajan lainnya saja, tidak perlu banyak. Karena disana ada tempat penginapan yang memberikan harga yang cukup murah. Selain itu, ada pasar tradisional yang unik juga, di sana akan dengan mudah menjumpai orang dan berinteraksi bersama mereka.

  1. Mencari Keterkaitan Satu Sama Lain

Ketika sedang melalui proses belajar bahasa asing, secara tak sadar Anda sudah mengetahui berbagai macam kata dasar. Seperti misalnya saja dari kata “anak”, “mahal” atau “sakit” di dalam bahasa Indonesia.

Bahkan arti dari kata dasar tersebut memiliki kesamaan dengan bahasa Malaysia serta Tagalog yang seringkali banyak orang gunakan di Filipina. Dengan menemukan banyak keterkaitan bahasa ini, maka semakin ringkas juga metode pembelajaran sehingga akan dengan mudah menguasainya.

  1. Menjaga Kualitas Belajar

Selain itu, dalam proses belajar pasti banyak sekali rintangan yang menghalang. Apalagi aspek bahasa yang begitu banyak dapat menciutkan nyali dari seseorang tersebut. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini pada tahap awal pembelajaran harus mencoba menjaga kualitas belajar.

Bangun fondasi yang kuat untuk bisa terus melakukan proses belajar tanpa terganggu oleh gangguan apapun. Fokus adalah nomor satu dan sangat penting untuk Anda terapkan. Dalam belajar bahasa Melayu, ada baiknya memahami teks / unit bahasanya, belajar sekitar 1 sampai 3 kali sehari secara rutin.

Cara Mempelajari Bahasa Melayu

Dalam proses pembelajaran, Anda harus mampu mengupayakan cara belajar berbahasa Melayu ini. Dengan memaksimalkan usaha, maka hasilnya juga pasti tak akan sia-sia saja. Salah satunya dengan menggunakan kamus, sebagai pendamping belajar saat tidak mengerti kosakata Melayu.

  • Membaca naskah sebuah film terkenal
  • Menonton film dengan bahasa Melayu
  • Memiliki kamus kecil untuk bisa memahami setiap kosakata
  • Melatih ingatan dengan berlatih membaca kosakata harian
  • Atau bisa juga dengan praktek langsung bersama penuturnya

Demikian penjelasan secara mendetail dari kamus bahasa Melayu. Beserta dengan pembahasan yang pastinya akan lebih membantu Anda dalam melaksanakan proses pembelajaran. Supaya mendapatkan hasil maksimal dalam belajar bahasa Malaysia ini. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari kamus bahasa Arab Online dan kamus bahasa Jerman.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *