Kamus Bahasa Rusia dengan Pilihan Aplikasi Terbaik

Kamus Bahasa Rusia

Belajar bahasa asing tentu saja memiliki keuntungannya sendiri, seperti salah satunya dapat menambah wawasan menjadi lebih luas tentang bahasa tersebut. Sama halnya saat Anda belajar logat Rusia, akan lebih baik lagi jika menggunakan kamus bahasa Rusia supaya lebih mudah.

Sejarah Bahasa Rusia

Bahasa Rusia merupakan salah satu yang termasuk ke dalam bahasa resmi PBB dengan nomor urut delapan. Bahkan bahasa ini juga paling banyak orang gunakan dari seluruh dunia. Selain itu, bahasa Rusia juga menjadi bahasa resmi di Belarus, Kirgiztan, Kazakhstan dan Tajikistan.

Tidak hanya itu saja, masih ada penduduk lainnya yang menggunakan bahasa Rusia ini sebagai bahasa keduanya. Seperti pada wilayah Asia Tengah, Eropa Timur dan juga Kaukasia. Itulah mengapa bahasa Rusia termasuk ke dalam golongan bahasa resmi dan penting yang ada di dunia.

Menurut informasi, rumpun bahasa Slavia juga seringkali menggunakan bahasa Rusia ini. Rumpun tersebut adalah cabang yang berasal dari keluarga Indonesia Eropa yang sudah ada sejak tahun 500 Masehi. Bahasa Slavia selalu orang sebut dengan sebutan Proto Slavia.

Beberapa Ulasan Tentang Bahasa Rusia

Dalam rangka belajar bahasa Rusia, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui informasinya lebih mendalam lagi. Termasuk sejarah, fakta sampai dengan keunikan yang terdapat pada bahasa asing satu ini. Semuanya akan terkupas secara tuntas pada pembahasan di bawah ini:

1. Bahasa Rusia dan Huruf Kiril

Perlu Anda ketahui, bahwa bahasa Rusia beserta dengan jenis huruf kiril ini telah lama berkembang pada abad ke 18 sampai dengan ke 19. Di tahun 1918, bahasa ini mempunyai sekitar 35 huruf dan ada aturan yang begitu rumit kala itu. Namun, pada tahun 1904 pakar bahasa terbaik membuatnya berubah.

Pakar bahasa tersebut mendorong penyederhanaan bahasa Rusia ini menjadi lebih sederhana lagi, sehingga hasilnya mereka mampu membantu beberapa orang yang buta huruf di negara kala itu. Reformasi ini kemudian mereka sahan dan muncul 33 huruf yang sampai saat ini orang kenal.

2. Menyebarkan Bahasa Rusia ke Negara Komunis

Menurut informasi, di tahun 1956 bahasa Rusia ini mengalami reformasi besar untuk terakhir kalinya. Sebenarnya, di masa itu reformasi sama sekali tidak memiliki pengaruh kepada huruf kiril. Melainkan tujuannya hanya untuk menyelesaikan kasus ortografi saja yang awalnya rumit menjadi mudah.

Kemudian, pada tahun 1955 Pakta Warsawa membuka jalan untuk bahasa Rusia agar diajarkan kepada negara yang sudah tergabung ke dalam suatu organisasi tersebut. Pada umumnya, bahasa ini mulai mengembangkan aksara kiril tepat pada tahun 1956 yang kemudian mereka cetak.

3. Bahasa Rusia Termasuk Bahasa Tersulit

Kabar tentang bahasa Rusia lainnya, banyak orang mengatakan bahwa bahasa ini merupakan yang tersulit dari bahasa lainnya. Bahkan beberapa situs pelajaran menyebutkan bahwa, untuk belajar bahasa ini membutuhkan waktu sekitar 1.000 jam atau terhitung 44 minggu agar bisa menguasai semuanya.

Mengingat seperti apa bentuk dari tulisan bahasa Rusia, hal tersebut memang benar adanya. Terlebih lagi jumlah hurufnya jauh lebih banyak dari Indonesia, yaitu sekitar 33 huruf. Bahkan pengucapannya juga terbilang cukup rumit, terkadang mirip dengan bahasa daerah lain namun juga tidak.

4. Kata Kerja Bahasa Rusia Sulit

Tidak hanya itu saja, bahasa Rusia ini juga terkenal dengan kerumitan kata kerjanya. Namun, dari kesulitan inilah menjadi bahan tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin tetap mempelajarinya. Begitu pula dengan Anda, tidak akan ada yang sulit jika terus mencoba belajar.

Sebelum mempelajari lebih jauh, Anda perlu mengetahui beberapa kata kerja yang terdapat pada aturan bahasa Rusia terlebih dahulu. Tepat setelah mengetahui kosa katanya, itu karena kata kerjanya sendiri memiliki variasi yang begitu banyak. Seperti misalnya saja kata kerja gerak.

5. Sisi Baik Bahasa Rusia

Bagi Anda yang antusias dalam mempelajari bahasa Rusia, kini ada kabar baiknya. Menurut informasi, ada guru yang mengajar bahasa tersebut mengatakan bahwa bahasa Rusia tidak memiliki artikula ataupun kata sandang. Biasanya seringkali ada di bahasa Inggris, seperti the.

Tidak hanya itu saja, bahasa Rusia juga hanya mempunyai sekitar tiga jenis kala atau tense. Seperti misalnya, kala kini, akan datang dan juga lampau. Dalam hal ini, jauh lebih sedikit daripada bahasa Eropa yang justru memiliki 12 tense.

6. Cara Belajar Bahasa Rusia

Setelah mengetahui beberapa hal terkait bahasa Rusia beserta dengan pembahasan kosa katanya. Kini saatnya Anda harus tahu juga bagaimana cara untuk bisa mempraktekkan dari apa yang sudah dipelajari sebelumnya. Namun, ada salah satu langkah belajar yang bisa Anda lakukan.

Seperti dengan menonton acara TV Rusia, perhatikan bagaimana presenter membawakan acara (jika menonton berita) atau melihat tayangan hiburan. Paling tidak Anda tahu cara orang di sana berbicara. Baik itu logat, dialek sampai dengan ekspresinya juga sangat penting sebagai bahan belajar.

Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Dalam rangka belajar bahasa Rusia, sudah pasti Anda harus membutuhkan panduan supaya proses belajar menjadi lebih mudah dan lancar. Kini telah ada aplikasi kamus khusus untuk bahasa asing maknaa.com, bahkan cara mengaksesnya juga simpel. Setiap pengguna bisa belajar kapan pun di mana pun.

1. Busuu

Salah satu aplikasi yang patut untuk Anda unduh, yaitu Busuu. Aplikasi ini teruntuk bagi pemula maupun menengah yang ingin belajar bahasa Rusia dengan mudah. Pelajaran yang tersedia di dalamnya juga sangat bermanfaat, antara lain kosa kata, kuis, praktik percakapan, dan dialog.

Kelebihan yang terdapat pada aplikasi Busuu ini ialah dapat Anda akses secara offline. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mempunyai sekitar 150 unit lebih pelajaran yang akan memungkinkan setiap pengguna untuk terus bisa terhubung dengan pengguna lainnya. Bahkan ada saran dari penutur asllinya.

2. Clozemaster

Selanjutnya, ada aplikasi lain yang bisa Anda coba sebagai bahan panduan belajar bahasa Rusia yaitu Clozemaster. Mungkin tidak selengkap aplikasi sebelumnya, akan tetapi aplikasi ini memiliki kelebihannya tersendiri. Salah satunya bisa pengguna gunakan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Clozemaster akan mengusahakan semaksimal mungkin agar setiap pengguna bisa belajar bahasa Rusia melalui kosa kata khusus dalam konteks serta juga menyediakan tes cloze. Dalam aplikasi ini Anda akan belajar sambil bermain, seperti dapat mengasah tata bahasa (kata benda, sifat dan lain-lain).

3. HelloTalk

Berbeda dengan aplikasi kebanyakan, HelloTalk akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam melakukan percakapan dengan orang asing aslinya. Termasuk pada orang Rusia asli, jadi di sini setiap penggunanya bisa bercakap-cakap secara langsung dengan para pengguna dari negeri luar.

HelloTalk merupakan suatu platform gratis yang bertujuan untuk memudahkan setiap pengguna dalam melakukan pertukaran bahasa serta budaya secara global dengan penutur aslinya. Belajar bahasa Rusia itu tidak cukup hanya memahami kosa katanya saja, Anda perlu bercakap dengan orang sana.

Seperti itulah beberapa penjelasan terkait kamus bahasa Rusia. Beserta dengan pembahasan mengenai sejarah sampai dengan mengupas tuntas tentang bahasa tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda menjadi lebih banyak belajar dan terinspirasi dari informasi tersebut di atas. Dalam situs ini juga terdapat kamus bahasa Spanyol dan kamus bahasa Manado. 

1 thought on “Kamus Bahasa Rusia dengan Pilihan Aplikasi Terbaik”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Yunani dengan Beberapa Ulasan Menarik

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *