Kamus Bahasa Thailand dan Hal Menarik di Dalamnya

Kamus Bahasa Thailand

Mempelajari bahasa asing terkadang sangat menyusahkan, terlebih lagi jika kosakata dan tulisannya sangat sulit untuk diingat seperti bahasa Thailand misalnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini telah hadir fasilitas baru kamus bahasa Thailand.

Sejarah Bahasa Thailand

Menurut informasi yang tersebar luas, bahasa Thailand in berasal dari Cina tepatnya di wilayah provinsi Yunnan sepanjang tepi sungai Kuning. Kabarnya, dahulu ada seorang pembicara pertama yang bisa berbahasa Thailand ada di sana bahkan juga lahir kerajaan pertama Thailand di abad ke 7.

Tempat pemukiman tersebut ada sampai dengan abad ke -12, akan tetapi saat Kubilai Khan menyerbu daerah itu penduduk Thailand pindah dari sana atau lebih tepatnya mereka diusir. Setelah kerajaannya runtuh, yang awal pindah ke daerah Selatan kini menetap di wilayah Thailand hingga saat ini.

Sejak sampai saat inilah penduduk Thailand hanya bisa berbicara dalam satu bahasanya saja, yaitu bahasa mereka sendiri Thailand. Bahkan hingga sekarang ada sekitar 60 juta orang yang bisa berbahasa ini, selain itu juga tersebar ke Burma, Laos, Vietnam, dan juga Cina.

Tulisan Dalam Bahasa Thailand

Pasti Anda sudah tahu bukan bagaimana bentukan dari tulisan bahasa Thailand itu? Biasanya banyak orang menyebutnya sebagai tulisan yang paling susah untuk dibaca. Bagaimana tidak, pasalnya tulisan tersebut membentuk keriting atau lebih tepatnya seperti aksara Jawa jaman dulu.

Namun, bedanya aksara Jawa masih bisa dikenali. Beda lagi dengan bahasa Thailand, Anda perlu mempelajarinya lebih banyak terlebih dahulu. Tulisan bahasa Thailand sendiri, termasuk ke dalam jenis aksara abugida. Lebih tepatnya bagian jenis penulisan suku kata serta menjadi penengah antara penulisan suku kata / alfabet.

Sedangkan penulisan di dalam suku kata itu sendiri, memberikan tanda bahwa satu tanda dapat digunakan untuk 1 suku kata saja. Seperti yang Anda ketahui pada tulisan hiragana dan katakana dalam Jepang. Itu menggunakan penulisan suku kata. Seperti itulah maksud dari tulisan Thailand.

Tentang Bahasa Thailand

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa bahasa Thailand atau tulisannya juga merupakan salah satu bukti sejarah yang paling berkesan dalam hidup masyarakat di sana. Mengingat bahasa tersebut berasal dari Cina yang awalnya mereka hidup di sana, lalu pindah.

  1. Berbagai Konsonan Serta Sistem Vokal Bahasa Thailand

Di dalam bahasa Thailand yang begitu unik, terdapat sekitar dua puluh konsonan yang tertulis lagi ke dalam empat puluh tiga karakter serta enam belas vokal dalam tiga puluh dua karakter. Tidak hanya itu saja, bahasa Thailand juga memiliki lima simbol nada dan juga tujuh tanda diakritik.

Dalam rangka mempelajari bahasa Thailand, Anda perlu belajar mengenai hal ini juga. Selain berlatih kosakata, mengetahui berbagai konsonan dan juga sistem vokal sangatlah penting. Pelajari secara perlahan-lahan, karena dengan latihan maka sedikit demi sedikit pasti bisa membaca huruf tersebut.

  1. Karakter Dalam Penulisan Konsonan Bahasa Thailand

Ketika Anda menggunakan kamus bahasa Thailand untuk belajar bahasa asing tersebut, maka pertama-tama akan selalu menemukan karakter dari semua kata yang berawalan konsonan. Kemudian, setelah konsonan akan ada kata baru lagi yang diawali dengan adanya huruf vokal.

Dari semua jenis kata konsonan dan juga vokal pastilah memiliki bunyi yang berbeda-beda, dalam bahasa Thailand ini mungkin agak sedikit berbeda dari bahasa asing lainnya. Jadi, Anda perlu berlatih pelan-pelan untuk mengucapkannya. Lalu setelah belajar pelafalan, selanjutnya menulis huruf.

  1. Proses Penulisan Huruf Vokal Dalam Bahasa Thailand

Ketika Anda memilih untuk mempelajari bahasa Thailand, maka pelajari juga terkait bagaimana cara menulis huruf vokalnya. Bahasa ini memiliki banyak sekali model penulisan untuk huruf vokalnya, bahkan pengucapannya juga bermacam-macam. Mulai dari yang singkat sampai dengan panjang.

Bahkan huruf vokal tersebut bisa diucapkan dengan kombinasi antara singkat dan panjang. Namun, bagi Anda yang masih dalam tahap belajar bahasa Thailand, ada baiknya menghafal huruf-hurufnya terlebih dahulu. Setelah itu baru mencoba mengucapkannya, akan lebih baik jika ada guru yang mendampingi.

  1. Proses Belajar Menulis Abjad Bahasa Thailand

Bagi Anda yang sedang dalam tahap pembelajaran bahasa Thailand, ada baiknya tidak belajar menggunakan komputer, namun akan lebih baik memakai cara tradisional saja. Tujuannya agar proses penulisan abjad seperti ini akan lebih mudah dimengerti dan cepat bisa.

Pertama-tama, coba menghafal abjad bahasa Thailand-nya terlebih dahulu lalu mempraktekkannya dengan cara menulisnya ke kertas menggunakan pensil saja. Langkah awal, semua tandanya Anda tulis dalam 1 garis, untuk karakter biasanya bisa ditulis dari dalam, jika tak bisa mulai dari sisi kiri.

  1. Penulisan Suku Kata Bahasa Thailand

Inilah yang menjadi keunikan belajar bahasa Thailand, mengingat proses menulis bahkan mengucapkan kosa katanya saja sudah memiliki ciri khasnya tersendiri. Sama halnya pada penulisan suku kata yang terdiri dari berbagai macam jenis. Terkadang ada dua bahkan tiga suku kata.

Kemudian, suku kata tersebut membentuk menjadi satu kata. Suku kata tunggal yang ada dalam bahasa Thailand ini, memiliki karakter huruf dan konsonannya sendiri-sendiri. Lalu akan bertambah lagi menjadi suatu karakter untuk huruf vokalnya.

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Thailand

Sebagai penunjang belajar bahasa asing, di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini telah ada yang namanya kamus elektronik. Jadi, setiap pelajar yang ingin belajar berbahasa asing tidak perlu bersusah payah membeli buku asli. Itu karena mereka bisa mengakses melalui aplikasi kamus Maknaa.com.

  1. Belajar Bahasa – LinGo Play

Salah satu aplikasi belajar bahasa Thailand paling banyak orang gunakan, yaitu Belajar Bahasa – LinGo Play. Anda bisa mengakses aplikasi satu ini secara gratis, materi yang terdapat di dalamnya juga sangat beragam. Mulai dari kosa kata seperti kata benda, kerja sampai dengan kata ganti / frase.

Tidak sampai di situ saja, kelebihan dari aplikasi ini juga berlanjut. Seperti dapat mengajarkan pengguna untuk bisa berkenalan menggunakan bahasa Thailand dengan baik, yaitu memakai cara mudah serta detail. Materinya dibuat seinteraktif mungkin, supaya setiap pelajar tak bosan.

  1. Learn Thai – Phrasebook

Aplikasi selanjutnya datang dari Learn Thai – Phrasebook, merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda akses secara gratis melalui Play Store. Materi yang ada di dalam aplikasi ini cukup beragam juga, ada kosa kata yang begitu melimpah beserta dengan tema yang berbeda-beda tiap tingkatan.

Uniknya lagi, aplikasi Learn Thai – Phrasebook ini bisa mengupas secara tuntas terkait ungkapan dalam bahasa Thailand. Jadi, setiap pengguna akan mengetahui artinya setiap kalimat. Bahkan ada audio penunjangnya juga, sehingga Anda bisa tahu bagaimana cara mengucapkan kosa katanya.

  1. Belajar Bahasa Thai – Buku Ungkapan / Penerjemah

Di dalam aplikasi Belajar Bahasa Thai – Buku Ungkapan / Penerjemah ini setiap penggunanya dapat bertemu dengan native asli dari negeri Thailand. Tujuannya simpel, supaya mereka akan lebih mudah belajar terkait materi mendengarkan atau berbicara.

Terkadang setiap pelajar yang ingin mempelajari suatu bahasa asing, akan lebih cepat untuk bosan karena cara pembelajarannya memang monoton / membosankan. Namun, dengan aplikasi ini mereka akan belajar dengan senang, Anda juga bisa menerjemahkan bahasa lain ke Thailand di sini.

Seperti itulah penjelasan secara mendalam terkait kamus bahasa Thailand. Selain kamus bahasa thailand, pada website ini juga terdapat kamus bahasa Daerah dan kamus bahasa Karo. Beserta dengan pembahasan mengenai cara untuk belajar bahasa tersebut dengan baik dan mudah, hanya dengan bermodalkan kamus. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

1 thought on “Kamus Bahasa Thailand dan Hal Menarik di Dalamnya”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Manado dan Beberapa Pembahasan Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *