Kamus Bahasa Yunani dengan Beberapa Ulasan Menarik

Kamus Bahasa Yunani

Sudah banyak bahasa asing yang hingga saat ini memiliki pengaruh terhadap bahasa lainnya di seluruh dunia. Salah satunya adalah Yunani ini, ya tidak heran jika kebanyakan orang ingin mendalami bahasa tersebut. Dalam rangka mempelajarinya, Anda perlu dukungan dari kamus bahasa Yunani.

Sejarah Bahasa Yunani

Bahasa Yunani seringkali terkenal dengan sebutan bahasa Gerika, atau dalam bahasa aslinya adalah Ellinika. Artinya merupakan anak cabang sendiri di dalam rumpun bahasa Indonesia Eropa. Bahkan bahasa tersebut termasuk bagian lain dari Mediterania Timur serta Laut Hitam.

Bahasa Yunani sendiri sudah lama bertahan sekitar lebih dari ribuan tahun yang lalu, serta tertulis dalam jangka waktu kurang lebih 3500 tahun. Tidak hanya itu saja, bahasa tersebut juga terkenal sebagai bahasa tertua yang sampai saat ini bertahan dengan kosa kata berjumlah 600 ribu kata.

Sedangkan untuk saat ini bahasa Yunani sendiri memiliki penutur langsung dari bangsanya, yaitu Yunani serta Siprus. Bahasa tersebut juga banyak orang gunakan dari Semenanjung Balkan sejak abad ke – 3 SM. Bukti ini secara tertulis ini berada pada tablet tanah liat linear B yang ditemukan di Messenia.

Tentang Bahasa Yunani

Menurut informasi, bahasa Yunani ini telah memiliki banyak sekali pengaruh terhadap percakapan asing lain yang ada di dunia. Maka, jangan heran jika masuk ke dalam golongan logat paling penting untuk dipelajari. Di sisi lain, ada banyak pembahasan menarik lainnya seperti:

  1. Acme dan Acropolis

Salah satu kata yang terdapat dalam bahasa Yunani, yaitu Acme. Ini, merupakan kata benda dan memiliki arti dalam bahasa Indonesia “Puncak atau titik tertinggi”. Sedangkan bahasa Inggrisnya yaitu “The top or highest point”. Hal ini memang memiliki keterkaitan dengan bahasa Inggris, karena bahasa tersebut mengambil serapan dari Yunani.

Kemudian, ada lagi kosa kata bahasa Inggris yang diadaptasi dari bahasa Yunani yaitu Acropolis. Kata ini berasal dari Yunani “acropolis”, asal katanya adalah “acro” dan juga “polis”. Secara literal, artinya ialah kota yang tinggi. Akan tetapi, istilahnya selalu berarti dengan makna benteng yang cukup tinggi.

  1. Agora dan Anathema

Selain itu, ada Agora yang terkenal sejak masa Yunani kuno. Ini merupakan arti dari sebuah pasar di mana terdapat beberapa pedagang bergerombol atau bahkan menjadi pusat keramaian. Akan tetapi, untuk saat ini termasuk kata benda (dapat digunakan dalam mengucap tempat berkumpul).

Anathema termasuk ke dalam kata benda, sama seperti Agora. Artinya sendiri ialah laknat, pengharaman atau kutukan. Tidak hanya itu saja, Anathema juga bisa memiliki arti yang lain seperti merujuk kepada sesuatu yang sangat buruk maupun dibenci. Misalnya saja mabuk / minum-minum.

  1. Anemia dan Ethos

Mungkin sebagian besar dari Anda telah mengenal arti dari kata ini, Anemia. Kata tersebut juga berasal dari bahasa Yunani yaitu “animia”. Untuk artinya sendiri ialah keadaan tubuh dengan sel darah merah yang bertugas untuk menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh mulai berkurang.

Sedangkan Ethos juga berasal dari bahasa Yunani. Arti dari kata ini ialah karakteristik dari suatu budaya maupun kelompok yang dapat terlihat dari sikap dan juga mental. Sinonim dari kata Ethos sendiri adalah mentality, values dan juga mindset.

  1. Dogma dan Eureka

Berbeda dengan kata benda lainnya, Dogma yang merupakan bahasa dari Yunani ini memiliki arti yang lebih merujuk kepada keyakinan suatu agama, organisasi maupun ideologi. Dogma ini memiliki sifat yang taklid, sehingga siapa saja akan percaya padanya dan yakin tanpa adanya bukti / kebenaran.

Sedangkan Eureka seringkali banyak orang gunakan sebagai tanda seru. Seperti “Eureka!” kata serapan satu ini banyak digunakan dengan tujuan mengekspresikan diri ketika menemukan ide baru. Dalam bahasa Inggris biasanya menjadi “Aha, I have found!”, bahasa Indonesianya “Aha, ketemu!”.

  1. Genesis dan Phobia

Selanjutnya, ada kata benda lain dari bahasa Yunani yaitu Genesis. Kata ini memiliki artinya sendiri, ialah kelahiran maupun permulaan. Genesis juga terdapat sinonim yang cukup banyak, misalnya beginning, start, spring, commencement, onset, dawn dan lain – lain.

Mungkin sebagian besar dari Anda mengira bahwa kata Phobia ini hanyalah sekedar rasa takut yang tak begitu besar, alias biasa saja. Padahal, sebenarnya kata ini memiliki arti dari rasa takut akan banyak hal. Terlebih lagi Phobia ini rasa takut yang sangat irasional, bisa saja benda, situasi, orang dan lain-lain.

  1. Kudos

Kemudian, ada kata terakhir yang hampir memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris yaitu Kudos. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti ucapan selamat maupun pujian atas keberhasilan seseorang, prestasi yang sudah diraih dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan dalam bahasa Yunani maupun Inggris, Kudos ini merupakan kata benda tunggal (singular noun). Kata ini biasanya banyak orang gunakan sebagai bentuk plural, seperti misalnya dalam bahasa Indonesia “Ia pantas mendapatkan banyak pujian karena prestasinya”.

  1. Abjad Bahasa Yunani

Perlu Anda ketahui sebelum mempelajari bahasa Yunani, yaitu orang Yunani tidak menciptakan abjad atau alfabet. Meskipun kata alfabet sendiri mereka ambil dari huruf pertama di aksara Yunani “alpha” dan juga “beta”. Berbicara mengenai alfabet sendiri, sudah tercipta sejak abad ke 17 dan 15 SM.

Sedangkan yang orang Yunani ciptakan itu bukan alfabet, akan tetapi kumpulan karakter dari huruf khas mereka. Tidak hanya itu saja, orang Yunani juga memberikan tambahan huruf vokal ke alfabetnya yang pada versi sebelumnya hanya berisikan konsonan saja.

  1. Mempelajari Alfabet Bahasa Yunani

Sebelum mempelajari bahasa Yunani, Anda harus melalui tahap awalnya terlebih dahulu. Seperti dengan mencoba belajar dan mempraktekkan alfabet Yunani. Biasanya di zaman yang seperti sekarang ini, berkat teknologi canggih setiap pelajar bisa belajar bahasa asing dengan mudah.

Salah satunya belajar bahasa Yunani ini, seperti menggunakan kamus maknaa khusus atau bahkan mencari kosakata dari internet. Anda tak perlu khawatir, bahasa Yunani ini masih cukup mudah untuk dipelajari, mengingat kata-katanya sendiri hampir menyerupai seperti bahasa Inggris pada umumnya.

Contoh Kata-kata dalam Kamus Bahasa Yunani

Dengan memiliki sejarah yang sangat berkesan, bahasa Yunani merupakan salah satu yang sangat mudah mempengaruhi dunia barat. Bahkan sudah banyak orang yang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kata-kata manis yang bisa membuat Anda menyukai bahasa ini.

Salah satunya bahasa Yunani dari ελπίδα atau bisa Anda baca dengan “el-pee-da”. Kata tersebut memiliki artinya sendiri, yaitu harapan. Sedangkan dalam mitologi Yunani berarti personifikasi harapan. Biasanya kata ini akan selalu menggambarkan wanita muda. Oleh karena itu, Elpida ini sama seperti kata “hope” dan nama umum untuk semua wanita.

Masih ada beberapa kata-kata bahasa Yunani lainnya yang perlu Anda pelajari sebelum melangkah lebih jauh mengenai bahasa penting di dunia ini. Setiap bahasa asing pastilah memiliki kata dasar yang unik atau bahkan menyerupai bahasa asing lainnya.

Seperti itulah penjelasan secara mendalam dari kamus bahasa Yunani. Beserta pembahasannya mengenai sejarah sampai dengan materi tentang bahasa Yunani yang unik dan menarik untuk Anda pelajari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi informasi terlengkap. Selain itu, pada situs ini juga terdapat kamus bahasa Rusia dan kamus bahasa Spanyol.

2 thoughts on “Kamus Bahasa Yunani dengan Beberapa Ulasan Menarik”

  1. Pingback: Kamus Bahasa Prancis dan Beberapa Kosakatanya

  2. Pingback: Kamus Bahasa Jawa Kromo untuk Pemula

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *