Kosakata Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berbicara dengan menggunakan bahasa yang formal memang membutuhkan banyak sekali kosakata bahasa Indonesia baru yang perlu dipelajari. Meskipun sulit untuk mempelajari bahasa yang formal, namun hal itu mau tidak mau harus dilakukan, apalagi jika Anda adalah seorang akademisi. Namun tenang saja, jika ada banyak kosakata dalam bahasa Indonesia yang tidak Anda ketahui, ada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)yang bisa menjadi buku saku Anda.

Dengan KBBI, maka Anda bisa memahami berbagai kata yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Apa saja sih kosakata formal yang biasanya banyak digunakan dan seperti apa maknanya? Coba cek beberapa kosakata di bawah ini.

Apa itu Kamus?

Kamus adalah daftar kata atau frasa dan definisinya diatur dalam urutan abjad, dengan informasi penggunaan, definisi, etimologi, fonetik, pengucapan, dan informasi lainnya. Kamus terdiri dari kata-kata dalam satu bahasa dengan padanannya dalam bahasa lain, atau juga dikenal sebagai leksikon.

 Dalam kamus bahasa Inggris Anda akan menemukan kata yang dimulai dengan ‘a’ di depan dan ‘z’ di belakang. Ada banyak kata dalam bahasa Indonesia yang diawali dengan ‘a’, jadi yang penting bukan hanya huruf pertama. Kata-kata disusun menurut abjad menurut huruf-huruf berikut dalam satu kata juga.

Misalnya, ‘angka’ akan muncul setelah ‘angsai’. Dua huruf pertama dari kata-kata ini sama, tetapi huruf ketiga berbeda. Huruf ‘t’ muncul setelah ‘k’ dalam alfabet, jadi Anda menemukan ‘angka’ sebelum ‘angsa’ dalam kamus.

Kamus sangat penting untuk menemukan arti kata, dan juga memiliki kegunaan lain yang bermanfaat.  Kamus adalah sumber untuk menemukan arti kata, jenis kata, asal kata, dan bahkan sinonim dan antonim. Kamustelah berkembang selama bertahun-tahun. Dalam era modern saat ini sudah banyak kamus online, yang terdapat Kamus Bahasa Indonesia dan Kamus Bahasa Inggris.

Kamus dapat dianggap sebagai produk leksikografis yang dicirikan oleh tiga ciri penting:

  1. Telah disiapkan untuk satu atau lebih fungsi
  2. Berisi data yang telah dipilih untuk memenuhi fungsi tersebut
  3. Struktur leksikografinya menghubungkan dan menjalin hubungan antar data sehingga dapat memenuhi kebutuhan pemakai dan memenuhi fungsi kamus.

Jenis-jenis Kamus Bahasa Indonesia

Ada beberapa jenis kamus bahasa Indonesia yang tersedia di pasaran berdasarkan fungsi, di antaranya adalah :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus besar bahasa Indonesia berisikan glosarium kata-kata Bahasa Indonesia dengan definisi kata-kata asing atau tidak umum yang digunakan. Kamus bahasa Indonesia memuat referensi tekstual untuk sebagian besar kata, dan disusun menurut abjad, bukan berdasarkan topik.

2. Kamus Populer

Kamus populer adalah buku referensi yang berisi daftar alfabet bahasa gaul, kosakata bahasa daerah yang umumnya tidak dapat diterima dalam penggunaan formal. Pada umumnya, kamus populer berisi informasi yang diberikan untuk setiap kata, termasuk arti, pengucapan, dan etimologi.

Kamus populer dapat memberikan definisi tentang berbagai bahasa gaul dari istilah yang lebih biasa untuk milenial. Karya kamus populer juga dapat mencakup kata dan frasa yang muncul dari dialek dan argumen berbeda, yang mungkin tidak masuk ke penggunaan yang lebih umum. Kamus populer juga dapat melacak perubahan arti istilah dari waktu ke waktu. Kamus bahasa jenis ini membuat banyak orang, dari sejarawan lisan, ahli etimologi merasa tertarik.

3. Kamus Visual

Kamus visual adalah kamus yang menggunakan gambar untuk mengilustrasikan arti kata. Kamus visual sering kali disusun berdasarkan tema, bukan daftar kata menurut abjad. Untuk setiap tema, gambar diberi label dengan kata yang benar untuk mengidentifikasi setiap komponen item yang dimaksud.

Kamus visual bisa dalam satu bahasa atau multibahasa. Indeks dari semua kata yang ditentukan biasanya disertakan untuk membantu menemukan ilustrasi yang tepat yang mendefinisikan kata tersebut. Kamus bahasa Indonesia jenis ini cocok sekali diberikan kepada anak-anak yang baru belajar kosakata Indonesia.

4. Kamus Berima

Kamus berima adalah kamus khusus yang dirancang untuk digunakan dalam menulis puisi dan lirik. Dalam kamus berima, kata-kata dikategorikan ke dalam kelas-kelas persamaan yang terdiri dari kata-kata yang berima satu sama lain. Kamus berima juga mendukung beberapa jenis sajak, dan mungkin juga aliterasi. Nah, karena kamus berima didasarkan pada pengucapan, maka buku ini sulit untuk disusun.

Kata-kata dan pola rima mengubah pengucapannya seiring waktu dan di antara dialek. Kamus berima antara satu masa ke masa lain  biasanya memiliki konten yang sangat berbeda. Hal ini dikarenakan kamus berima mengatur seluruh bahasa menurut penghentian kata, sehingga kamus ini juga dapat berguna dalam memecahkan teka-teki silang.

Kosakata Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sudah tahu apa arti kamus dan beberapa jenisnya yang ada di dunia bukan? Saatnya, Anda harus ketahui beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang tidak umum beserta pengertiannya di bawah ini :

Nomor Kata Arti
 1. Abrasi Tempat atau area yang mengikis
 2. Adagio Dalam musik, istilah adagio berarti dimainkan secara perlahan. Jika sebuah simfoni memiliki gerakan adagio, maka simfoni adalah bagian yang dimainkan dengan tempo lambat.
 3. Ajektif Kata sifat yang menjelaskan lebih banyak tentang kata benda, “menjelaskan” atau “memodifikasi” sebuah kata benda (Anjing besar itu lapar).
 4. Binatu Mengacu  pada pakaian yang dapat dicuci di mesin cuci.
 5. Bonafid Frasa Latin yang berarti itikad baik, digunakan untuk menggambarkan apa pun yang asli atau jujur.
 6. Braille Sistem membaca dan menulis untuk orang buta atau tunanetra.
 7. Bungalow Rumah yang biasanya hanya memiliki satu lantai, kadang-kadang dengan satu set lantai atas yang lebih kecil di atap dan jendela yang keluar dari atap.
 8. Cafetaria Restoran di mana customer dilayani hanya di bagian konter pembayaran dan customer membawa makanan mereka di atas nampan ke meja.
9. Cumulus Awan menggembung yang terkadang terlihat seperti potongan kapas yang mengambang.
 10. Debitur Orang yang berhutang uang kepada kreditur
 11. Defiasi Apa pun yang berbeda dari norma atau standar yang diterima.
 12. Degresi Tindakan atau contoh menyimpang dari subjek utama dalam pidato atau tulisan.
 13. Dekrit Keputusan adalah aturan hukum yang biasanya dikeluarkan oleh kepala negara, menurut prosedur tertentu dan memiliki kekuatan hukum.
 14. Distilasi Metode pemurnian cairan, dan dapat memisahkan komponen campuran jika memiliki titik didih yang sangat berbeda.
 15. Eksebisi istilah  umum yang digunakan untuk mengumpulkan barang-barang pilihan dan memajangnya di depan umum.
 16. Ekuivalen Dua  nilai, bilangan atau besaran yang sama.
 17. Frekuensi Mengukur  berapa kali sesuatu terjadi dalam jangka waktu tertentu
 18. Frigit Kurang hasrat seksual atau tidak mau melakukan aktivitas seksual.
 19. Galaktosa Salah satu dari tiga monosakarida dalam kandungan gula yang paling umum; dua lainnya adalah glukosa dan fruktosa
 20. Hipotesa Pernyataan tentatif tentang hubungan antara dua variabel atau lebih.

Dari 20 kata yang ada di atas, manakah yang paling umum Anda dengar atau familliar? Jika tidak banyak yang familliar menurut Anda, yuk selalu siapkan kamus besar bahasa Indonesia untuk pahami kosakata yang tidak diketahui.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *