Arti Kata "Boyle, hukum (Boyle's law)" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/boyle-hukum-boyles-law

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Boyle, hukum (Boyle's law) menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 Boyle, hukum (Boyle's law) pada temperatur konstan, volume gas dengan massa tertentu berubah-ubah menurut perbandingan terbalik dengan tekanan PV = tetapan.

Lebih lanjut mengenai Boyle, hukum (Boyle's law)

Boyle, hukum (Boyle's law) terdiri dari 4 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

temperatur sifat suatu benda yang menetapkan arah aliran serta merta.
tekanan kritis (critical pressure) tekanan minimum yang diperlukan untuk mencairkan gas pada temperatur kritis.
tekanan osmosis (osmotic pressure) tekanan yang diperlukan untuk mengimbangi/mencegah aliran pelarut (pada 1 atm) ke dalam suatu larutan, lewat suatu selaput semipermeabel; y = nRT/V.
tekanan uap (vapor pressure) tekanan yang dilakukan oleh uap yang berada dalam kese-timbangan dengan fase padat atau fase cairnya (atm).
temperatur kritis (critical temperature) temperatur di atas mana suatu gas tak dapat dicairkan, berapapun besarnya tekanan.
temperatur transisi (transition temperature) temperatur pads mana satu bentuk fisika (dari) suatu zat berubah ke bentuk yang lain.
volume gas- molar volume 1 mol gas apa saja pada temperatur dan tekanan standar (idealnya 22,414 L/mol).
massa (mass) suatu sifat yang mencerminkan banyaknya materi dalam suatu benda (g).
temperatur dan tekanan standar (standard temperature and pressure, STP) 00 dan 1 atm.
Avogadro, volume (Avogadro's volume) lihat volume gas molar.
Gay Lussac, hulmm mengenai volume yang bersenyawa (G.L.'s law of combining volumes) pads temperatur dan tekanan yang sama, gas-gas bereaksi satu sama lain dalam angkabanding volume yang merupakan perbandingan bilangan bulat yang sederhana.
analisis volumetri (volumetric analysis) metode analitis apa saja yang didasarkan pada pengukuran volume dari zat-zat yang bereaksi.
campuran titik-didih-konstan (constant-boiling mixture) campuran cairan yang tak dapat dipisahkan dengan mendidihkan karena komposisi fase uap dari cairan identik.
kesertaan massa dan energi, hukum (law of the equivalence of mass and energy) massa dan energi itu adalah bentuk yang setara dan dapat saling diubah, yang dihubungkan oleh rumus E = mc2.
komposisi tertentu, hukum (law of definite composition) suatu senyawa murni selalu terdiri dari unsur-unsur tertentu, yang bersenyawa dengan proporsi bobot yang tertentu.
osmosis terbalik (reverse osmosis) aliran lewat membran semipermeabel dari suatu pelarut, dari suatu larutan yang lebih pekat, ke larutan yang kurang pekat, akibat menderita tekanan dari luar.
perubahan entalpi I (OH; enthalpy change) perubahan kalor untuk suatu proses yang dilakukan pada tekanan konstan (kJ/mol).
perubahan fisika (physical change) suatu proses dalam mana bentuk ataupun sifat-sifat tertentu suatu zat berubah, namun identitas kimianya tidak.
perubahan kimia (chemical change) proses apa saja dalam mana zat-zat diubah menjadi zat lain.
spektrograf massa (mass spectrograph) suatu alat yang digunakan untuk mengukur massa atom dan molekul.

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z