Arti Kata "Faraday, hukum (Faraday's law)" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/faraday-hukum-faradays-law

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Faraday, hukum (Faraday's law) menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 Faraday, hukum (Faraday's law) selama elektrolisis, berlakunya 1 faraday lewat rangkaian akan menimbulkan oksidasi 1 ekuivalen satu zat dan reduksi 1 ekuivalen zat yang lain.

Lebih lanjut mengenai Faraday, hukum (Faraday's law)

Faraday, hukum (Faraday's law) terdiri dari 4 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

elektrolisis penggunaan arus listrik untuk menjalankan suatu reaksi redoks.
Faraday, hukum (Faraday's law) selama elektrolisis, berlakunya 1 faraday lewat rangkaian akan menimbulkan oksidasi 1 ekuivalen satu zat dan reduksi 1 ekuivalen zat yang lain.
ekuivalen (equivelent) suatu satuan pengukuran, yang sama dengan satu bobot ekuivalen, untuk banyaknya materi dalam suatu contoh zat.
oksidasi (oxidation) suatu reaksi dalam mana keadaan oksidasi suatu zat ditambah.
oksidasi, bilangan (oxidation number) suatu bilangan kecil yang dihubungkan ke derajat karakter negatif atau positif suatu atom dalam sebuah molekul atau ion poliatom (juga disebut keadaan oksidasi). Bilangan-bilangan ini biasanya bilangan bulat, namun dalam hal yang langka, dapat juga pecahan.
reduksi (reduction) suatu reaksi dalam mana keadaan oksidasi suatu zat dikuraugi.
SI, satuan (SI units) satuan pengukuran Sistem Internasional.
bobot ekuivalen (equivalent weight) dalam suatu reaksi redoks, massa zat yang akan meperoleh atau kehilangan 1 mol elektron (g); dalam reaksi asam-basa, massa zat yang akn membebaskan atau bereaksi dengan 1 mol proton (g).
gerakan Brown (Brownian movement) gerakan acak partikel kolod dalam suatu medium cair.
hidrokarbon tak jenuh (unsaturated hydrocarbon) sebuah hidrokarbon yang mengandung satu ikatan ganda atau lebih.
pereduksi, zat (recuding agent) suatu zat yang menyebabkan tereduksinya suatu zat lain.
potensial reduksi basa standar (standard basic reduction potential) potensial reduksi standar relatif terhadap suatu elektrode hidrogen yang dibenamkan dalam suatu larutan yangmengandung ion OH-lm (V).
potensial reduksi standar (standard reduction potential) potensial elektrode untuk suatu setengah-reaksi reduksi yang berlangsung pada suatu elektrode standar yang digabung dengan suatu elektrode hidrogen standar untuk menghasilkan suatu sel elektrokimia (V).
sel satuan (unit cell) satuan pembentuk yang dibayangkan, yang paling kecil dalam suatu kisi kristal.
titik ekuivalensi (equivalence poiint) titik dalam suatu titrasi pada mana kuantitas yang secara kimiawi ekuivalen, dari kedua pereaksi itu telah dicampurkan.
tolakan pasangan elektron kulit valensi, teori (valance shell electron pair repulsion, VSEPR, theory) suatu model teoretis yang menerangkan geometri banyak molekul sederhana, dengan pengandaian bahwa pasangan-pasangan (dari) elektron kulit valensi cenderung sejauh mungkin satu dari yang lain.
hidrokarbon jenuh (saturated hydrocarbon) suatu hidrokarbon yang mengandung hanya ikatan-ikatan tunggal.
kertakan (cracking) penguraian katalitik ataupun termal hidrokarbon bertitik-didih tinggi menjadi hidrokarbon bertitik-didih rendah.
larutan jenuh (saturated solution) suatu larutan yang mengandung zat terlarut sebanyak yang diperlukan untuk mempertahankan kesetimbangan antara zat terlarut dalam larutan dan zat-terlarut yang tak larut.
larutan lewat-jenuh (supersaturated solution) suatu larutan yang lebih pekat daripada larutan jenuh.

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z