Arti Kata "hukum sifat koligatif (colligative property law)" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/hukum-sifat-koligatif-colligative-property-law

Halaman ini menjelaskan Arti Kata hukum sifat koligatif (colligative property law) menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 hukum sifat koligatif (colligative property law) tekanan uap, titik beku, titik didih dan tekanan osmosis suatu larutan berselisih dari besaran yang sama dari pelarut murni sebesar suatu kuantitas yang berbanding lurus dcngan konsentrasi molal zat terlarut.

Lebih lanjut mengenai hukum sifat koligatif (colligative property law)

hukum sifat koligatif (colligative property law) terdiri dari 6 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

osmosis aliran pelarut dari larutan yang rendah konsentrasinya ke larutan yang tinggi konsentrasinya, lewat suatu selaput semipermeabel.
larutan (solution) suatu campuran homogen dari dua zat atau lebih.
larutan asam (acidic solution) suatu larutan dalam mana konsentrasi H + lebih besar daripada konsentrasi OH
larutan buffer (buffered solution) suatu larutan asam lemah dan garam dari asam itu, atau larutan basa lemah dan garam dari basa itu; suatu larutan yang dapat bereaksi de?ngan sedikit atau asam kuat atau basa kuat tanpa pH-nya berubah banyak.
larutan jenuh (saturated solution) suatu larutan yang mengandung zat terlarut sebanyak yang diperlukan untuk mempertahankan kesetimbangan antara zat terlarut dalam larutan dan zat-terlarut yang tak larut.
larutan lewat-jenuh (supersaturated solution) suatu larutan yang lebih pekat daripada larutan jenuh.
osmosis terbalik (reverse osmosis) aliran lewat membran semipermeabel dari suatu pelarut, dari suatu larutan yang lebih pekat, ke larutan yang kurang pekat, akibat menderita tekanan dari luar.
tekanan kritis (critical pressure) tekanan minimum yang diperlukan untuk mencairkan gas pada temperatur kritis.
tekanan osmosis (osmotic pressure) tekanan yang diperlukan untuk mengimbangi/mencegah aliran pelarut (pada 1 atm) ke dalam suatu larutan, lewat suatu selaput semipermeabel; y = nRT/V.
tekanan uap (vapor pressure) tekanan yang dilakukan oleh uap yang berada dalam kese-timbangan dengan fase padat atau fase cairnya (atm).
titik akhir (end point) titik dalam suatu titrasi pada mana suatu indikator berubah warna; terutama untuk indikator asam-basa.
titik beku lihat titik leleh.
titik didih (boiling point) temperatur pada mana tekanan uap cairan sama dengan tekanan luar.
titik didih normal dan titik beku normal (normal boiling point; normal freezing point) titik didih dan titik beku suatu zat pada tekanan satu atm.
titik ekuivalensi (equivalence poiint) titik dalam suatu titrasi pada mana kuantitas yang secara kimiawi ekuivalen, dari kedua pereaksi itu telah dicampurkan.
titik gandatiga (triple point) temperatur dan tekanan pada mana semua (tiga) fase suatu zat berada dalam kesetimbangan.
titik leleh (melting point) temperatur pada mana zat padat dan cair (dari) suatu zat berada dalam kesetimbangan (disebut juga titik beku).
Bragg, persamaan (Bragg equation) persamaan untuk menghitung jarak (spasi) antara bidang bidang sejajar dari atom-atom atu ion-ion dalam sebuah kristal dari data difraksi sinarX
basa, larutan (basic solution) suatu larutan, dalam mana konsentrasi OH-lebih besar daripada konsentrasi H+.
campuran titik-didih-konstan (constant-boiling mixture) campuran cairan yang tak dapat dipisahkan dengan mendidihkan karena komposisi fase uap dari cairan identik.

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z