Arti Kata "kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom)" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/kalor-pembentukan-atom-heat-of-formation-of-an-atom

Halaman ini menjelaskan Arti Kata kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom) menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom) banyaknya energi yang diperlukan untuk membentuk 1 mol atom gas dari unsur itu pads keadaan lazim 25?C dan 1 atm (kJ/mol).

Lebih lanjut mengenai kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom)

kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom) terdiri dari 9 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

atom partikel terkecil suatu unsur.
energi atom (atomic energy) lihat energi nuklir.
energi bebas Gibbs (G; Gibbs free energy) energi suatu zat atau sistem yang tersedia untuk melakukan kerja yang bermanfaat (kJ/mol).
energi bebas pembentukan standar (OGf ;standard free energy of formation) perubahan energi bebas Gibbs untuk reaksi dengan mana 1 mol zat terbentuk dari unsur-unsurnya, yang berada dalam keadaan standar (kJ/mol).
energi dalam (internal energy) energi total suatu sistem kimia (kJ/mol).
energi delokalisasi (delocalization energy) lihat energi resonansi.
energi disosiasi ikatan (AHdin bond dissociation energy) banyaknya energi yang diperlukan untuk menguraikan 1 mol ikatan tertentu dalam sebuah molekul atau radikal, dengan pereaksi dan basil berupa gas pada keadaan dasar (J/mol).
energi ikatan binding energy) dalam struktur atom, tarikan oleh atom terhadap salah satu elektronnya (eV); dalam struktur nuklir, energi yang setara dengan susut massa untuk satu nuklide tertentu (MeV).
energi ikatan rata-rata (average bond energy, AHdin ,g) energi rata-rata per ikatan yang diperlukan untuk memecahkan 1 mol molekul poliatom menjadi atom-atom penyusunnya. (kJ/mol).
energi kimia (chemical energy) energi yang dimiliki oleh suatu zat berkat keadaan kimianya (kJ/mol).
energi kinetik (K.E.) energi yang dimiliki oleh suatu benda, berkat gerakannya (J) K.E. =ImV2.
energi kisi lihat energi kristal.
energi kristal (crystal energy) perubahan entalpi bila ion gas yang berjarak besar saling mendekat untuk membentuk zat kristalin (kJ/mol). Juga disebut energi kisi.
energi listrik (electric energy) energi yang dikaitkan dengan mengalirnya arus listrik (J).
energi nuklir (nuclear energy) energi yang dikaitkan dengan reaksi nuklir (Juga disebut energi atom).
energi pengaktifan (Ea) energi berlebih yang hares dimiliki pereaksi-pereaksi untuk membentuk keadaan transisi suatu reaksi (kJ/mol).
energi pengionan (ionization energy) energi yang dibutuhkan untuk mementalkan sebuah elektron dari dalam sebuah atom atau sebuah ion (eV).
energi pengionan pertama (first ionization energy) energi pengionan dari elektron yang paling lemah terikatnya dalam sebuah atom (eV).
energi potensial (potential energy) energi yang dimiliki oleh suatu benda berkat posisinya atau beradanya dalam suatu keadaan yang bukan keadaan normalnya yang berenergi rendah U).
energi radiasi (radiant energy) energi yang dikaitkan dengan bentuk apa saja dari radiasi elektromagnet (J).

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z