Arti Kata "kalor penguapan molar (molar heat of vaporization)" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/kalor-penguapan-molar-molar-heat-of-vaporization

Halaman ini menjelaskan Arti Kata kalor penguapan molar (molar heat of vaporization) menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 kalor penguapan molar (molar heat of vaporization) banyaknya kalor yang diperlukan untuk menguapkan 1 mol cairan pada temperatur tertentu (biasanya titik didih normalnya) (kJ/mol).

Lebih lanjut mengenai kalor penguapan molar (molar heat of vaporization)

kalor penguapan molar (molar heat of vaporization) terdiri dari 7 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

temperatur sifat suatu benda yang menetapkan arah aliran serta merta.
cairan tak dapat campur (immiscible liquids) cairan yang tak larut satu dalam yang lam.
kalor jenis (specific heat) banyaknya kalor (energi panas) yang diperlukan untuk mengubah temperatur 1 g zat sebagai 1?C atau 1 K [j/(g. K)].
kalor pelelehan molar (molar heat of fusion) banyaknya kalor yang diperlukan untuk melelehkan 1 mol zat padat pada titik lelehnya (kJ/mol).
kalor pembekuan molar (molar heat of solidification) banyaknya kalor yang dilepaskan bila 1 mol cairan membeku (kJ/mol).
kalor pembentukan atom (heat of formation of an atom) banyaknya energi yang diperlukan untuk membentuk 1 mol atom gas dari unsur itu pads keadaan lazim 25?C dan 1 atm (kJ/mol).
kalor pengembunan molar (molar heat of condensation) banyaknya kalor yang dibebaskan bila 1 mol uap mengembun pada suatu temperatur (biasanya titik didih normal cairan) (kJ/mol).
kalor penguapan molar (molar heat of vaporization) banyaknya kalor yang diperlukan untuk menguapkan 1 mol cairan pada temperatur tertentu (biasanya titik didih normalnya) (kJ/mol).
kalorimeter (calorimeter) sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur perubahan kalor yang menyertai suatu reaksi kimia.
temperatur kritis (critical temperature) temperatur di atas mana suatu gas tak dapat dicairkan, berapapun besarnya tekanan.
temperatur transisi (transition temperature) temperatur pads mana satu bentuk fisika (dari) suatu zat berubah ke bentuk yang lain.
titik akhir (end point) titik dalam suatu titrasi pada mana suatu indikator berubah warna; terutama untuk indikator asam-basa.
titik beku lihat titik leleh.
titik didih (boiling point) temperatur pada mana tekanan uap cairan sama dengan tekanan luar.
titik didih normal dan titik beku normal (normal boiling point; normal freezing point) titik didih dan titik beku suatu zat pada tekanan satu atm.
titik ekuivalensi (equivalence poiint) titik dalam suatu titrasi pada mana kuantitas yang secara kimiawi ekuivalen, dari kedua pereaksi itu telah dicampurkan.
titik gandatiga (triple point) temperatur dan tekanan pada mana semua (tiga) fase suatu zat berada dalam kesetimbangan.
titik leleh (melting point) temperatur pada mana zat padat dan cair (dari) suatu zat berada dalam kesetimbangan (disebut juga titik beku).
kalor (heat) energi yang dikaitkan dengan getaran dan gerakan lain yang bersifat acak, dari partikel-partikel kecil yang menyusun materi.
temperatur dan tekanan standar (standard temperature and pressure, STP) 00 dan 1 atm.

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z