Arti Kata "van der Waals, jari-jari" menurut Kamus Kimia

Pranala (link): https://www.maknaa.com/kimia/van-der-waals-jari-jari

Halaman ini menjelaskan Arti Kata van der Waals, jari-jari menurut Kamus Kimia.

No Kata Arti
1 van der Waals, jari-jari bagian dari jarak tanpa-ikatan antara dua atom yang bersentuhan dalam molekul-molekul yang berdampingan, yang merupakan jatah bagi atom tersebut (A).

Lebih lanjut mengenai van der Waals, jari-jari

van der Waals, jari-jari terdiri dari 5 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

atom partikel terkecil suatu unsur.
molekul partikel terkecil suatu zat yang masih mempunyai karakteristik zat itu.
ikatan hidrogen (hydrogen bonding) gaya tarik intramolekul atau antar-molekul yang relatif kuat, yang disebabkan oleh menariknya dua atom yang sangat elektronegatif pada sebuah atom H yang terikat secara kovalen pads salah satu atom tersebut.
ikatan kimia (chemical bond) gaya tarik kuat yang mengikat atom-atom bersama-sama dalam senyawa maupun unsur poliatom.
ikatan kovalen (covalent bond) ikatan yang dihasilkan dengan dipersekutukannya satu, dua atau tiga pasang elektron valensi oleh dan antara dua atom.
ikatan kovalen koordinat (coordinate covalent bond) sebuah ikatan kovalen dalam mana kedua elektron itu disumbangkan oleh satu atom.
ikatan kovalen polar (polar covalent bond) suatu ikatan kovalen antara dua atom yang tak sama, dengan elektron-elektron sekutu lebih tertarik ke salah satu atom.
ikatan rangkap (double bond) ikatan kovalen yang terdiri dari dua pasang elektron.
ikatan tunggal (single bond) suatu ikatan kovalen yang terdiri dari sepasang elektron.
ikatan valensi, teori (valence bond, VB. theory) salah satu dari dua teori utama mengenai ikatan kimia, dalam mana ikatan timbul dari tumpang-tindm tersetempatkan (dari) orbital-orbital atom dari atom-atom tersebut.
ikatan ion (ionic bond) gaya elektrostatik yang mengikat ion yang muatannya berla?wanan satu dengan yang lain.
ikatan logam (metallic bond) gaya elektrostatik yang mengikat ion-ion positif (dari) kiri logam dengan pertolongan pertolongan 'lautan' elektron valensi.
bobot atom relatif (relative atomic weight) bobot rata-rata atom-atom suatu unsur relatif terhadap suatu standar sebarang (s.m.a.)
Dalton, teori atom (Dalton's atomic theory) teori modern pertama mengenai atom dan molekul sebagai partikel mendasar (dari) semua zat.
asimetris, atom karbon (asymmetric carbon atom) lihat kiral, atom karbon.
bobot molekul (molecular weight) jumlah bobot-bobot atom dari atom-atom yangmenyusun suatu molekul itu atau satuan terkecil senyawa itu.
dekstrorotatori, molekul (dextrorotatory molecule) putar kanan; suatu molekul aktif optis yang memutar bidang polarisasi dari cahaya terpolarisasi-bidang, ke kanan.
energi disosiasi ikatan (AHdin bond dissociation energy) banyaknya energi yang diperlukan untuk menguraikan 1 mol ikatan tertentu dalam sebuah molekul atau radikal, dengan pereaksi dan basil berupa gas pada keadaan dasar (J/mol).
energi ikatan binding energy) dalam struktur atom, tarikan oleh atom terhadap salah satu elektronnya (eV); dalam struktur nuklir, energi yang setara dengan susut massa untuk satu nuklide tertentu (MeV).
energi ikatan rata-rata (average bond energy, AHdin ,g) energi rata-rata per ikatan yang diperlukan untuk memecahkan 1 mol molekul poliatom menjadi atom-atom penyusunnya. (kJ/mol).

Indeks Kamus Kimia

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z