Kamus Pertambangan

Pranala (link): https://www.maknaa.com/pertambangan

Kamus Pertambangan ini memuat 1.189 Kata.

Kamus Kamus Pertambangan ini merupakan online. Jika anda mencari terjemah atau arti kata menurut kamus Kamus Pertambangan, anda bisa mencari disini. Kamus bisa ditelaah menggunakan abjad atau formulir pencarian.

Indeks Kamus Pertambangan

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Tabel Kamus Pertambangan

No Kata Arti
1 Particle-size reduction prises untuk memperkecil ukuran batubara atau bahan padat lainnya dengan penggerusan.
2 Pemboran formasi pemboran dengan tujuan penentuan struktur petroogi dan pencirian geologi untuk batuan penutup dan lapisan-lapisan batuan dibawah lapisan batubara atau bahan galian lainnya.
3 Piezometer alat untuk mengukur tekanan air pada lubang bor atau menentukan tinggi permukaan air tanah.
4 Produksi permulaan produksi awal atau produsi percobaan yang sering disebut contoh meruah (lihat contoh meruah). Produksi batubara yang dihasilkan tidak dimasukkan sebagai hasil kegiatan tahap produksi (tahap eksploitasi) sehingga bebas dari kewajiban penyerahan bagian pemerintah 13.5%.
5 AQ simbol ukuran garis tengah (diameter) contoh inti pemboran dan juga ukuran lubang bor yaitu 27.0 mm dan 48.0.
6 ARB singkatan dari as- received basis (lihat as- received basis)
7 ASTM singkatan dari American Society for Testing and Materials, suatu lembaga di Amerika Serikat yang menguji contoh bahan dan hasilnya secara luas diakui sebagai hasil analisis yang baku
8 Abu Sisa pembakaran dari mineral-mineral yang tidak hangus dalam batubara seperti lempung, kuarsa, pasir, lanau dan belerang bila batubara dibakar. Mineral-mineral tersebut secra kimia dan fisika sama dengan lempung, kuarsa, pasir, lanau, dan belerang yang terdapat di alam
9 Acril Singkatan dari australian coal industriy research laboratory.Laboratorium dan pusat penelitian/pengkajian batubara serta analisa teknologi,kimia dan praktis, baik untuk maksud ilmia maupun untuk industri secara luasdi Australia.
10 Adb Singkatan dari air dried basis (lihat dried basis)
11 Air asam penirisan Air bersifat asam yang ditiriskan dari tambang batubara dalam atau tambang batubara terbuka yang dihasilkan oleh reaksi organik atau inorganik bahan-bahan mengandung pirit (besi sulfida) dengan air dan oksigen sehingga air ini mengandung asam belerang dan besi.
12 Air dried disingkat AD atau ad, berarti contoh batubara dikeringkan secara alami atau dalam alat pengering pada suhu ruang sebelum dianalisis.
13 Air-dried basis disingkat ADB atau adb, berarti analisis contoh batubara dalam keadaan kadar kelembaban yang hampir sama dengan kelembaban udara sekitarnya.
14 Analisis batubara analisis senyawa-senyawa pembentuk batubara dan jumlah yang terkandung dalam batubara dengan metoda kimia.
15 Analisis proksimat penentuan pesentase dari kadar kelembaban, zat terbang, karbon tertambat (karbon tetap) dan abu dengan cara tertentu di laboratorium umumnya untuk batubara dan kokas. Walaupun tidak tepat analisa proksimat lebih sering mencantumkan nilai kalor batubara, analisa dilakukan pada basis contoh sebagai di...
16 Analisis ultimat analisa laboratorium untuk menentukan kandungan abu, karbon, hidrogen, ogsigen dan belerangdalam batubara dengan metoda tertentu. Kandungan itu dinyatakan dalam persen pada basis contoh dikeringkan pada suhu 105?C dalam keadan bebas kelembaban dan abu.
17 Antiklin lapisan yang membentuk dua sisi kemiringan berlawanan arah(seakan-akan mempunyai kemiringan yang berlawanan) sama seperti atap rumah.
18 Antrasit batubara keras dengan peringkat tertinggi, berwarna hitam dengan kilap tinggi, mengandung persentasi tinggi karbon tertambat (karbon tetap) biasanya antara 92% - 98% (dalam basis kering, bebas bahan mineral/DMMF). Antrasit sukar terbakar dan bila terbakar menimbulkan nyala pendek berwarna biru tanpa...
19 As-received basis disingkat ARB atau arb, yang berarti contoh yang dianalisa sesuai keadaan pada waktu diterima dilaboratorium.
20 As-sampled disingkat AS atau as, sama dengan as-rerceived. Hasil analisa contoh ketika diambil dilapangan termasuk kadar kelembaban total (total moisture content).