Arti Kata "As-received basis" menurut Kamus Pertambangan

Pranala (link): https://www.maknaa.com/pertambangan/as-received-basis

Halaman ini menjelaskan Arti Kata As-received basis menurut Kamus Pertambangan.

No Kata Arti
1 As-received basis disingkat ARB atau arb, yang berarti contoh yang dianalisa sesuai keadaan pada waktu diterima dilaboratorium.

Lebih lanjut mengenai As-received basis

As-received basis terdiri dari 3 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

Contoh batubara dibersihkan contoh batubara yang diambil dari batu bara yang telah dibersihkan dengan prosedur yang baku.
Contoh inti contoh batubara yang diperoleh pada pemboran dalam dan diangkat kepermukaan dengan tabung contoh (core barrel).
Contoh penggerus contoh pecahan atau contoh dari hasil penggerusan yang biasanya diambil sebelum batubara dicuci (breaker sample/crusher sample).
Contoh meruah sama dengan bulk sample (lihat bulk sample).
Ketepatan percontohan ukuran ketepatan sebuah contoh yang mewakili suatu badan (unit) batubara (sampling accacy).
Air dried disingkat AD atau ad, berarti contoh batubara dikeringkan secara alami atau dalam alat pengering pada suhu ruang sebelum dianalisis.
Air-dried basis disingkat ADB atau adb, berarti analisis contoh batubara dalam keadaan kadar kelembaban yang hampir sama dengan kelembaban udara sekitarnya.
As-received basis disingkat ARB atau arb, yang berarti contoh yang dianalisa sesuai keadaan pada waktu diterima dilaboratorium.
As-sampled disingkat AS atau as, sama dengan as-rerceived. Hasil analisa contoh ketika diambil dilapangan termasuk kadar kelembaban total (total moisture content).
Bed sample Contoh dari lapisan batubara yang diambil dengan contoh parit (channel sample) tegak lurus arah perlapisan batubara
Blend pile sample contoh yang diambil ditempat penumpukan pemakai batubara (seperti PLTU dan pabtik baja).
Bulk sample contoh meruah, yakni contoh dalam jumlah besar yang diambil secara sistematik dalam interval tertentu. Untuk batubara, bulk sample pada awalnya adalah contoh sebanyak satu lori (gerobak) pada interval tertentu sepanjang lapisan batubara untuk analisa ukuran dan kotoran (abu). Tetapi pengertian ini s...
Carbon-enrriched solid padatan diperkaya karbon yakni hasil pemanasan batubara sampai beberapa ratus derajat celcius biasanya antara 300? - 900? C. (proses karbonasi) dalam bejana bebas oksigen. Kokas dan char termasuk padatan tersebut.
Channel sample contoh yang diambil dari lapisan batubara dengan membuat torehan memanjang menurut ketebalan batubara atau endapan bahan galian lainnya. Contoh ini biasanya diambil sekitar singkapan. Sebelum melakukan pencontoan sumuran atau parit memanjang dibuat untuk membuka satu sisi batubara yang segar.
Chip sample contoh kepingan, yakni contoh-contoh batubara yang diambil secara teratur dengan memahat atau memalu kepingan batubara atau kepingan batubara atau batuan ataupun bahan galian lainnya. Pengambilan contoh dapat mengikuti pelapisan batubara atau pada titik-titik dengan jarak yang sama.
Cutting sample contoh hancuran hasil pemboran terangkat keatas akibat tekanan udara atau aliran air kepermukaan dari lubang bor.
Down line waktu terbuang untuk alat-alat berat (waktu tidak produktif), karena terpakai untuk perbaikan, perpindahan alat dari satu lokasi kerja ke lokasi lain, perjalanan alat dari lokasi kerja kebengkel dan sebaliknya.
Drill core contoh inti pemboran untuk analisa secara teknik dan kimia. Inti pemboran ini masuk kedalam tabung contoh (core barrel) dan ditarik kepermukaan pada saat-saat tertentu (setelah diperkirakan inti telah memenuhi tabung) dan disusun dalam kotak/peti contoh dengan urutan rekontrusksi sesuai posisinya da...
Drive sample contoh tekan, yakni contoh batuan lunak seperti lempung, tanah, pasir gembur, batu lumpur lunak, endapan pasir besi dan sebagainya yang diperoleh dengan menggunakan tabung pendek ditekan dengan tenaga hidrolik atau dengan penekan tiang pancang ataupun dengan tenaga manisia tanpa putaran.
Gilir waktu kerja tambang baku yang umumnya antara 6 jam รข 8 jam dalam sehari semalam. Gilir dapat dibagi atas gilir 1 dan 2, gilir 1,2, dan 3, atau gilir 1, 2, 3 dan 4 ataupun gilir pagi, sore atau malam (gilir sama dengan shift).

Indeks Kamus Pertambangan

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z