Arti Kata "ASTM" menurut Kamus Pertambangan

Pranala (link): https://www.maknaa.com/pertambangan/astm

Halaman ini menjelaskan Arti Kata ASTM menurut Kamus Pertambangan.

No Kata Arti
1 ASTM singkatan dari American Society for Testing and Materials, suatu lembaga di Amerika Serikat yang menguji contoh bahan dan hasilnya secara luas diakui sebagai hasil analisis yang baku

Lebih lanjut mengenai ASTM

ASTM terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 20 kata terkait yakni sebagai berikut:

Contoh batubara dibersihkan contoh batubara yang diambil dari batu bara yang telah dibersihkan dengan prosedur yang baku.
Contoh inti contoh batubara yang diperoleh pada pemboran dalam dan diangkat kepermukaan dengan tabung contoh (core barrel).
Contoh penggerus contoh pecahan atau contoh dari hasil penggerusan yang biasanya diambil sebelum batubara dicuci (breaker sample/crusher sample).
Contoh meruah sama dengan bulk sample (lihat bulk sample).
Residual geologic materials bahan-bahan residu geologi, yaitu lapisan batuan alas dari lapisan batubara atau lapisan bahan galian galian lainnya yang masih berada di tempat semula (tempat terbentuk) dan tidak diangkut oleh air atau angin ataupun akibat gayanya.
Ketepatan percontohan ukuran ketepatan sebuah contoh yang mewakili suatu badan (unit) batubara (sampling accacy).
Rasio bahan bakar nisbah bahan bakar yang berarti perbandingan antara kandungan kandungan karbon tetap dengan zat terbang. Kadang-kadang rasio bahan bakar ini digunakan sebagai faktor analisa dan klasifikasi batubara.
ARB singkatan dari as- received basis (lihat as- received basis)
ASTM singkatan dari American Society for Testing and Materials, suatu lembaga di Amerika Serikat yang menguji contoh bahan dan hasilnya secara luas diakui sebagai hasil analisis yang baku
Acril Singkatan dari australian coal industriy research laboratory.Laboratorium dan pusat penelitian/pengkajian batubara serta analisa teknologi,kimia dan praktis, baik untuk maksud ilmia maupun untuk industri secara luasdi Australia.
Adb Singkatan dari air dried basis (lihat dried basis)
BCM singkatan dari Bank Cubik Metre; meter kubik ditempat meter kubik padat. Besaran yang paling sering digunakan untuk isi batuan/tanah penutup batubara baik sebelum digali maupun yang telah digali.
BCURA formula singkatan dari British Coal Utilization Research Association formula yaitu rumus untuk menghitung bahan mineral dalam batubara: MM (mineral matter,%) = 1.1A (Ash) + 0.053S (sulfur) + 0.74 CO2 ? 0.36.
BENDS singkatan dari both ends, yaitu istilah perkapalan dimana cara dan alat pemuatan serta pembongkaran muatan kapal sama, terdapat dibagian depan dan belakang tempat kargo kapal.
BTX singkatan dari benzene, toluene and xilene yakni tiga jenis distilataromatik hasil proses pirolisis batubara dalam tekanan hidrogen tinggi.
Bed sample Contoh dari lapisan batubara yang diambil dengan contoh parit (channel sample) tegak lurus arah perlapisan batubara
Blend pile sample contoh yang diambil ditempat penumpukan pemakai batubara (seperti PLTU dan pabtik baja).
Bola belerang bahan pengotor bersifat pirit dalam batubara dalam bentuk boal-bola atau berbentuk tidak beraturan. Bahan pirit ini dijumpai dalam ukuran kecil tetapi ada kalanya berukuran sangat besar atau berupa pelapisan dalam batubara.
Bulk sample contoh meruah, yakni contoh dalam jumlah besar yang diambil secara sistematik dalam interval tertentu. Untuk batubara, bulk sample pada awalnya adalah contoh sebanyak satu lori (gerobak) pada interval tertentu sepanjang lapisan batubara untuk analisa ukuran dan kotoran (abu). Tetapi pengertian ini s...
CBM singkatan dari coal-bed methane yaitu gas metan yang terbentuk dan terperangkap dalam lapisan batubara. Gas ini dapat disedot dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar. CBM biasanya ditemukan didalam lapisan-lapisan batubara yang sangat dalam tetapi gas yang terdapat pada kedalaman kurang dari sekitar 76...

Indeks Kamus Pertambangan

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z